OUR NETWORK

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Dijauhi dalam Hubungan

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Dijauhi dalam Hubungan

Setiap orang pasti punya kekurangannya masing-masing. Bahkan orang paling tenang sekali pun bisa marah dan berlaku tidak menyenangkan. Setiap pasangan juga pasti mengalami pertengkaran dan masa-masa jengah dengan satu sama lain. Sebenarnya itu hal yang lumrah ya, Ladies. Tapi perilaku apa aja sih yang membuat kita dijauhi pasangan? Yuk, kita simak ulasannya.

Baca juga: 4 Hal Penyebab Berakhirnya Suatu Hubungan

1. Menghindar

Menghindar mungkin terlihat sebagai solusi yang baik dan damai, tapi nyatanya kalian mengingkari diri kalian sendiri dan kehilangan kesempatan untuk bertindak. Jangan memendam sesuatu karena lebih baik dikeluarkan dan diutarakan. Ibaratnya memendam uneg-uneg sama seperti menyimpan lava panas di dalam perut. Menyakitkan ya? Maka dari itu, daripada menghindar, lebih baik Ladies utarakan apa yang ingin disampaikan ke pasangan.

2. Respon Berlebihan

Sama seperti dengan sikap menghindar, sikap terlalu berlebihan juga akan berpengaruh buruk pada hubungan kalian. Seseorang yang terkesan marah sepanjang waktu dan terlalu jujur menyampaikan perasaannya tanpa disaring dahulu dapat menyakiti orang lain. Kalau kamu merasa melakukan ini, ada baiknya kamu berhenti sejenak dan mengatur napas serta pikiran kalian Ladies. Pahami bahwa setiap orang mempunyai latar yang berbeda-beda, jadi kamu bisa mengatur seperti apa cara memberi respon yang baik ke pasangan kamu.

3. Menyalahkan atas asumsi sendiri

Ladies, jangan suka main hakim sendiri ya. Hindari menyalahkan pasangan atas asumsi- asumsi yang ada di pikiran kamu saja. Sekali kamu mulai berasumsi sendiri, hubungan kamu akan terlihat buruk-buruknya saja lho, padahal belum tentu demikian. Lebih baik kamu tanyakan baik-baik ke pasangan kamu dan berdiskusi akan asumsi-asumsi tersebut.

4. Sindrom ingin selalu diperhatikan

Kalau kamu sering banget bertanya “Ini masuk akal, kan? Kamu ngerti yang aku omongin, kan?” atau “Aku gak aneh kan? Aku keliatan ok, kan?” sebaiknya mulai ganti deh Ladies. Pertanyaan seperti tadi adalah tanda kamu ingin diperhatikan. Sesekali mungkin tak apa, tapi kalau kamu melakukannya setiap hari, pasangan kamu bisa lelah dan bahkan jengkel lho. Terus menerus bertanya seperti itu membuat kamu seolah tidak percaya dengan respon dari dirinya. Jika Ladies merasa seperti ini, ada baiknya kamu lebih percaya diri lagi dengan keputusan yang sudah kamu ambil. Dan tentunya tetap jujur dengan diri sendiri.

5. Terlalu menjaga jarak

Mungkin kamu tidak ingin mengganggu pasangan kamu. Kalian berdua sibuk dan punya kehidupan masing-masing. Ketika ada masalah, kamu pura-pura terlihat baik-baik saja agar pasangan kamu tidak khawatir dan menambah beban pikirannya. Namun hal ini justru kurang tepat, Ladies. Jika kamu memang perlu bicara, atau bertemu dengan pasangan kamu, lebih baik utarakan saja. Hal ini jauh lebih baik dan akan mempererat hubungan kalian ketimbang menjaga jarak dari pasangan. Kalaupun kamu merasa lebih nyaman bercerita ke orang lain, seperti sahabatmu, beritahu juga pasanganmu agar dia tidak mencemaskanmu. Menjaga jarak memang perlu, tapi jangan sampai terlalu ‘jauh’, Ladies.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Harus Ada Jarak di Dalam Sebuah Hubungan

Memang sih, siapa tahu sifat-sifat ini nggak jadi masalah untuk pasangan kamu. Tapi, ini bisa jadi bahan introspeksi dan diskusi kamu dan pasangan ya, Ladies.

 

Sumber: The Zoe Report, Foto cover: gratisography

Comments

Loading...