OUR NETWORK

6 Alasan Mengapa Harus Ada Jarak di Dalam Sebuah Hubungan

Saat baru memulai sebuah hubungan, mungkin Ladies dan pasangan inginnya teruuuuussss saja bersama. Ke mall bareng, cari makan bareng, nongkrong bareng… Pokoknya nempel berdua terus layaknya pemain sepak bola sedang berebut bola. Di awal-awal hubungan sih memang wajar saja, tetapi bila sudah memasuki empat hingga lima bulan masa pacarana, ada baiknya Ladies mulai memiliki personal space.

Personal space, waktu sendirian, me time… apapun sebutan Ladies, tetapi esensinya tetap sama kok. Waktu untuk menjadi diri sendiri. Personal space is a necessity, not a luxury.

Jika Ladies enggan memiliki personal space karena takut akan kehilangan momen bersama pasangan, duh… pikirkan lagi deh. Sebagai bahan pertimbangan, MeraMuda akan memberikan 6 alasan mengapa personal space sangatlah penting meskipun Ladies memiliki pasangan.

1. Individualitas sangatlah penting untuk mendapatkan kebahagiaan

Foto: huffingtonpost.com

Semirip apapun Ladies dengan ayah, ibu, kakak, adik, atau sepupu, Ladies tetaplah seorang individu yang memiliki kepentingannya sendiri. Sesekali, Ladies harus mengesampingkan kepentingan-kepentingan orang lain dan lakukanlah keinginan Ladies. Jika Ladies terus melakukan sesuatu demi orang lain, perlahan-lahan kebahagiaan Ladies akan tergantung pada orang lain.

2. Selalu bersama dapat membuatmu terasa terkekang dan tercekik

Foto: huffingtonpost.com

Setiap orang membutuhkan waktu sendiri dan menjadi diri mereka sendiri. Disadari atau tidak, ketika bersama dengan orang lain, terlebih lagi pasangan, akan ada beberapa hal dari diri Ladies yang ditahan. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Sepertinya memang sangat menyenangkan dapat menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersama pasangan, namun, berhati-hatilah, ketiadaan jarak dapat membuat percikan cinta cepat padam. Lambat-laun, pasangan akan menjadi beban, bukan lagi kebahagiaan.

3. Memiliki banyak waktu untuk mengembangkan diri

Foto: huffingtonpost.com

Dengan memiliki personal space, Ladies akan bisa mengembangkan diri. Misalnya, dengan menekuni hobi atau kegiatan yang akan bermanfaat untuk masa depan. Selain itu, pengembangan diri merupakan cara agar Ladies tidak kehilangan jati diri meskipun memiliki hubungan istimewa dengan seorang pria. Pasangan yang baik akan selalu mendukung kegiatan positif pasangannya, dan di sinilah benih-benih kepercayaan tumbuh.

4. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik

Foto: blockmy.info

Kalimat di atas mungkin sudah sering Ladies dengar, dan ternyata memang benar adanya. Coba Ladies ingat-ingat, kapan saja sih jadwal bertemu dengan pasangan? Jika hampir setiap hari, dan dengan waktu yang cukup lama, mungkin sudah saatnya Ladies mengurangi intensitas pertemuan tersebut. Ciri lain bahwa Ladies sudah terlalu banyak meluangkan waktu bersama pasangan adalah, Ladies tidak dapat memercayai pasangan meskipun ia hanya tidak ada kabar selama satu jam! Wah, jika demikian, hubungan Ladies dengan pasangan berarti sudah ada dalam tahap saling “meracuni” satu sama lain. Tinggal tunggu saja ada masalah besar, maka semua masalah kecil akan segera diungkit. Cobalah kurangi intensitas pertemuan dengan pasangan. Namun aturan ini tidak berlaku bagi yang sudah menikah ya hihihi. ?

5. Jagalah jarak agar jarak menjaga kita

Foto: lifehack.com

Sebelum menjadi pasangan dari seseorang, Ladies adalah seorang individu yang mandiri dan memiliki keinginan serta cita-cita. Tak peduli seberapa besar rasa cinta Ladies pada pasangan, jangan sampai Ladies melupakan diri Ladies sendiri. Salah satu kesalahan terburuk dalam sebuah hubungan adalah dengan terlalu mengabdi dalam hubungan sehingga lupa dengan diri sendiri. Sebelum mencintai orang lain, Ladies harus terlebih dahulu mencintai diri sendiri. Jagalah jarak dengan pasangan agar Ladies tetap ingat diri Ladies sebelum bersamanya.

6. Dengan memiliki personal space, hubungan dengan pasangan pun akan semakin kuat

Foto: pulse.ng

Seperti yang sudah Ladies pahami, komunikasi adalah kunci penting dari sebuah hubungan. Dibutuhkan banyak waktu dan bahan obrolan agar sebuah hubungan dapat memiliki usia panjang. Jika Ladies menghabiskan waktu berdua terus-menerus, kemungkinan besar Ladies akan segera kehabisan bahan cerita. Masa sih Ladies mau menggunakan teknik “Eh inget nggak dulu itu…”, sekali-kali sih okay aja, tapi kalau tiap hari… pasti bosan.

Oleh sebab itu, ambilah waktu untuk menjalankan kegiatan masing-masing, jadi ketika bertemu, Ladies dan pasangan memiliki banyak bahan pembicaraan.

Saat Ladies dan pasangan memutuskan untuk memiliki personal space, mungkin awalnya akan terasa kurang nyaman. Namun, Ladies dan pasangan bisa mendiskusikannya kok. Misalnya, pasangan Ladies keberatan jika Ladies meluangkan waktu untuk ikut kursus memasak. Obrolkan saja, lalu rekomendasikan untuk melakukan kegiatan lain sehingga Ladies dan pasangan sama-sama sibuk.

Ingat ya Ladies, memiliki personal space sangatlah penting agar hubungan tetap berjalan, atau bahkan memberikan efek positif bagi kedua belah pihak. Bisa saja, personal space merupakan hadiah besar Ladies kepada pasangan, begitu pun sebaliknya.

Sumber: Lifehack, Foto cover: huffingtonpost.com

Comments

Loading...