OUR NETWORK

11 Langkah Menghentikan Kebiasaan Menunda

11 Langkah Menghentikan Kebiasaan Menunda

Deadline sudah didepan mata. Seharusnya kamu mengerjakan tugas sekarang. Nyatanya Ladies, kamu malah membuka social media, baca artikel MeraMuda (eh kalau ini nggak apa-apa sih ehehehe), YouTube-an, browsing internet dan blog, main sama kucingmu… Serta berbagai hal lainnya selain mengerjakan tugasmu. Kita tahu tugas tersebut harus diselesaikan, tapi kita tidak punya keinginan untuk memulai mengerjakannya.

Baca juga: Aplikasi untuk Kamu yang Sering Menunda Pekerjaan

Nah Ladies, momen seperti ini yang disebut sebagai procrastinating (noun-nya procrastination, FYI) atau menunda. Jangan sampai sifat suka menunda ini menjadi kebiasaan ya, Ladies. Berikut MeraMuda rangkum langkah-langkah mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

1. Pecah pekerjaanmu menjadi bagian-bagian kecil

Salah satu alasan kita menunda adalah karena pekerjaan itu terasa terlalu berat dan rumit untuk dikerjakan. Sampai-sampai kamu bingung harus memulai dari mana. Pecah pekerjaanmu menjadi bagian-bagian kecil yang sederhana, sehingga saat melihatnya kamu akan berpikir “Wah kalau kayak gini simpel banget, mending aku kerjain sekarang aja.” Kamu bisa memulai dari pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan kreativitas tingkat tinggi terlebih dulu, Ladies.

2. Ubah lingkunganmu

Coba lihat lingkungan kerjamu ladies, apakah sudah membuatmu terinspirasi untuk bekerja atau malah membuatmu mengantuk dan tambah malas? Jika jawabannya yang terakhir, maka kamu perlu mendekor ulang tempat kerjamu. Mengatur ulang lingkungan kerja secara rutin akan meningkatkan produktivitas serta kreativitas. Jadi mulai jadwalkan hal ini ya, Ladies. Kamu bisa menambah tanaman kecil di meja kerjamu atau board berisi gambar atau quotes yang bisa memberimu inspirasi.

3. Buat jadwal mendetail dengan deadline spesifik

Jika kamu hanya memiliki satu deadline, keinginan untuk menunda pasti sangat besar. Lakukan langkah pertama dan buat deadline spesifik untuk setiap bagian-bagian kecil tersebut. Langkah ini membuatmu tahu bagian mana yang perlu diselesaikan duluan dan perasaan mendesak bila deadline tersebut tidak diselesaikan karena akan menghancurkan timeline dari deadline lain.

4. Hilangkan hal-hal yang mempermudah kamu menunda

Hilangkan segala hal yang membuatmu menunda. Tutup bookmark, social media, dan hal-hal lain yang membuatmu tergoda untuk menunda. Tapi tidak perlu ekstrem sampai menghapus akun sosial mediamu ya, Ladies. Well, unless you really wanted to.

5. Berkumpul dengan orang yang menginspirasi untuk mengerjakan tugas

Yup, berkumpul dengan orang yang membuatmu terinspirasi dan ingin menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan mulai bergaul bersama mereka, kamu akan tertular semangat serta motivasi bekerja mereka.

6. Cari partner

Kalian tidak perlu mencari seseorang dengan tujuan yang sama dengan kalian. Cukup seorang teman untuk berbagi dan saling mempertanyakan kemajuan usaha kalian untuk mencapai tujuan kalian. Dengan begitu kalian bisa saling tahu sejauh apa kalian dengan tujuan kalian.

7. Ceritakan tentang cita-citamu pada orang lain

Fungsinya sama dengan langkah nomor 6. Ketika kamu memberitahukan tujuan dan proyek milikmu dengan teman atau kolega, mereka akan menanyakannya progress proyekmu sehingga kamu tahu sudah sampai mana perkembangannya. Kamu juga akan merasa lebih bertanggung jawab untuk segera menyelesaikannya.

8. Cari panutan yang sudah mencapai tujuannya

Melihat seseorang yang sudah mencapai tujuannya akan memberi semangat dan motivasi bahwa kamu juga bisa seperti dia.

9. Ingat kembali apa tujuanmu

Lihat apakah yang kamu kerjakan mendekatkan dirimu dengan tujuanmu atau malah sebaliknya? Mungkin ini waktunya kamu mengingat kembali dan menentukan langkah sesuai dengan tujuanmu.

10. Berhenti memperumit segala hal

Apakah kamu menunggu waktu yang tepat karena berbagai alasan? Tidak ada waktu yang tepat, Ladies. Waktu yang tepat adalah sekarang! Hilangkan segala alasan dan sifat overthinking-mu, menunggu tidak akan menghasilkan apapun ladies.

11. Just Do It! Ambil tindakanmu sekarang

Yang terakhir, adalah agar kamu mengambil tindakan sekarang. Kamu bisa melakukan berbagai perencanaan, tapi itu semua tidak berguna jika kamu tidak benar-benar bertindak. Just do it, Ladies! Kegiatan lainnya masih bisa menunggu! Masih ada hari esok untuk browsing Instagram dan melanjutkan nonton serial Korea. Lakukan apa yang jadi prioritasmu sekarang juga!

Bagaimana, sudah lebih termotivasi?

 

Sumber: Lifehack, Foto cover: Unsplash.com

Comments

Loading...