OUR NETWORK

Aplikasi untuk Kamu yang Sering Menunda Pekerjaan

Aplikasi untuk Kamu yang Ingin Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah tindakan yang sebetulnya tidak direkomendasikan oleh siapapun. Ladies pun pasti menyadari bahwa menunda pekerjaan hingga ke batas tenggat waktu hanya akan membuat Ladies menjadi stress dan kerepotan. Namun bagaimana jika Ladies memiliki begitu banyak pekerjaan sehingga kesulitan mengatur waktu? Bagaimana jika semua pekerjaan terlihat begitu penting sehingga Ladies kebingungan mengatur prioritas? Kalau sudah begini, bisa-bisa semua pekerjaan menjadi tidak tergarap karena Ladies sibuk kebingungan hihihi.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Edit Foto Travelingmu Makin Kece Badai

5 Aplikasi untuk Edit Foto Travelingmu Makin Kece Badai

Nah, untuk membantumu lebih produktif, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut. Dengan begitu Ladies dapat mengatur teknik produktivitas sehingga semua pekerjaan Ladies dapat terselesaikan pada waktunya. Setidaknya, ada lima aplikasi penunda pekerjaan yang dapat Ladies coba. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini! 😉

1. Timebound (Andoird, iOS): The Deadline-First Tasks App

Bagi Ladies yang terbiasa menunda pekerjaan pasti paham deh betapa beratnya bagi tubuh untuk bergerak apabila deadline belum dekat. Nah, aplikasi Timebound ini diatur agar Ladies mengerjakan tugas dengan deadline paling dekat. Jadi, Ladies tidak akan bisa memasukkan sebuah pekerjaan tanpa keterangan deadline. Saat tugas-tugas dan pekerjaan-pekerjaan dimasukkan, aplikasi akan mengatur tugas sesuai dengan jadwal tenggat. Aplikasi selanjutnya akan memberikan notifikasi bagi setiap tugas atau pekerjaan beserta sisa waktu yang Ladies miliki untuk menyelesaikannya. Jika tidak selesai sesuai tenggat waktu, tugas tersebut akan masuk ke dalam tab “Missed”.

2. My Progress (Web): To-Do App Sederhana di Browser

Aplikasi untuk Kamu yang Ingin Menunda Pekerjaan
Foto: makeuseof

Tidak semua orang memerlukan aplikasi to-do yang rumit dengan fitur deadline, reminder, sub-folder, dan lain sebagainya. Jika Ladies termasuk ke dalam golongan orang tersebut, My Progress mungkin cocok bagi Ladies.Bahkan, saking sederhananya, Ladies tidak perlu sign up untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi My Progress ini sebetulnya seperti catatan perkembangan tugas tetapi di dalam komputer. Ladies hanya perlu memasukkan tugas, kemudian menceklisnya setelah tugas selesai. Saat tugas diceklis, tugas akan dicoret sekaligus berubah warna dan berpindah ke bagian bawah daftar tugas. Terdapat pula progress bar yang memperlihatkan berapa banyak tugas yang sudah selesai, bar lain yang menunjukkan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan tugas, dan fitur notifikasi yang memperlihatkan tugas yang belum selesai.

3. Tet (Android): 24-Hour To-Do List

Aplikasi untuk Kamu yang Ingin Menunda Pekerjaan
Foto: makeuseof.com

Satu hari, satu tugas. Prinsip tersebut adalah goal bagi siapapun yang ingin menjadi lebih produktif. Untuk mempermudah pelaksanaan prinsip tersebut, Ladies bisa banget nih meminta bantuan Tet, sebuah aplikasi yang memaksa Ladies untuk menyelesaikan tugas dalam waktu satu hari saja. Finish it or forget it, begitu kira-kira cara aplikasi ini bekerja.

Aplikasi ini akan bekerja sesuai dengan sistem jam Andorid. Pada tengah malam, seluruh tugas dalam waktu satu hari akan dihapus dan Ladies harus membuat daftar tugas baru. Cara ini dianggap efektif untuk memaksa penggunanya menyelesaikan tugasnya sebelum terkena penyakit lupa. Kesederhanaan aplikasi ini sangat cocok bagi Ladies yang ingin menyelesaikan tugas harian dengan cepat dan tepat.

4. Check (iOS)

Aplikasi untuk Kamu yang Ingin Menunda Pekerjaan
Foto: makeuseof.com

Ladies tertarik untuk menggunakan Tet tetapi tidak memiliki ponsel Andorid? No problem! Bagi pengguna iPhone, tersedia aplikasi bernama Check yang kurang lebih mirip dengan Tet. Perbedaannya adalah, Check tidak membatasi deadline dalam waktu 24 jam, tetapi prinsipnya tetap sama, tugas akan menghilang apabila melewati batas tenggat waktu. Tidak seperti Tet, tugas-tugas tersebut tidak hilang selamanya melainkan berpindah ke folder Missed Tasks yang dapat dibuka setiap waktu sehingga Ladies dapat mengatur ulang tugas-tugas yang harus dikerjakan.

Fleksibilitas tinggi dari Check membuatnya kurang pas bagi para penunda waktu. Seperti yang Ladies sadari, penunda waktu membutuhkan rasa panik sebagai motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Aplikasi Check sayangnya tidak memfasilitasi penggunanya untuk mendapatkan rasa panik tersebut. Hasilnya, kemungkinan besar, para penggunanya akan semakin leluasa untuk menunda pekerjaannya.

5. Lanes (Web, Android): Weekly Planner with Podomoro

Empat aplikasi di atas sepertinya kurang cocok bagi Ladies yang jarang memiliki tenggat waktu harian. Untuk Ladies yang biasa menyelesaikan tugas dalam waktu mingguan, aplikasi Lanes yang menyediakan fitur Podomoro timer ini mungkin lebih bisa membantu.

Baca juga: Sering MErasa Kehabisan Waktu? Atur Waktu dengan Teknik Pomodoro!

Sering Merasa Kehabisan Waktu? Atur Waktu dengan Teknik Pomodoro!

Lanes menawarkan tiga view, yaitu daily list, weekly planner, dan kalender. Dari ketiga fitur tersebut, Weekly Planner adalah cara yang fantastis untuk menyelesaikan tugas-tugas untuk hari-hari ke depan. Saat memasukkan jenis tugas, Ladies dapat mengaturnya untuk diulang setiap hari selama satu minggu. Tugas-tugas bahkan bisa diberi label untuk dimasukkan ke dalam berbagai kategori. Super efektif!

Here’s to more productive days ahead!

 

Sumber: Make Use of, Foto cover: theverge.com

Comments

Loading...