OUR NETWORK
11 Alasan Mengapa Percekcokan Dapat Memperkuat Sebuah Hubungan
percekcokan memperkuat sebuah hubungan

Sebagian besar dari Ladies pasti akan menghindari pertengkaran dengan pasangannya. Namun sayangnya, hal tersebut kurang tepat loh Ladies. Meskipun terkesan akan meninggalkan bekas luka, namun pertengkaran yang sehat ternyata bisa memperkuat hubungan. Salah satu bentuk pertengkaran yang sehat adalah percekcokan. Saat cekcok, biasanya Ladies dan pasangan akan sebatas beradu argumen sambil berusaha untuk menahan emosi sehingga cenderung bebas dari teriakan, hinaan, makian, atau bahkan kekerasan.

Nah apa saja sih manfaat dari percekcokan bagi sebuah hubungan? Simak saja ulasannya di bawah ini, Ladies! ?

1. Ladies akan mengetahui apa yang sebenarnya dipikirkan oleh pasangan

Ladies pasti tidak ingin kan bila pasangan menyembunyikan sesuatu dari Ladies? Nah, setelah saling berargumen, Ladies akan mengetahui sudut pandang pasangan yang mungkin selama ini ia sembunyikan atau Ladies abaikan. Dengan mengutarakan pikiran yang sesungguhnya secara baik-baik dan tanpa kekerasan, hubungan akan menjadi lebih transparan.

2. Percekcokan dapat membersihkan ganjalan dalam hati

Bila Ladies perhatikan, langit sebelum hujan besar seringkali mendung dengan awan yang bergumpal. Selain itu, hawa udara pun akan menjadi panas, berat, dan kurang membuat nyaman. Setelah hujan selesai, barulah udara menjadi lebih segar dan bersih. Percekcokan pun kira-kira seperti itu. Percekcokan akan membantu Ladies dan pasangan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang mungkin selama ini dipendam.

3. Standar pertengkaran akan terbentuk

Setiap pasangan memiliki cara bertengkar yang berbeda-beda. Ada yang saling berargumen, berteriak, memaki, mendumal, atau ada yang saling diam. Gaya pertengkaran yang terakhir disebutkan sebaiknya Ladies hindari ya karena membuat hubungan menjadi renggang. Sepakatilah standar pertengkaran, seperti batasan mengekspresikan kekesalan, apa yang boleh, apa yang tidak boleh, dan waktu lamanya pertengkaran. Apabila sudah saling sepakat, maka Ladies dan pasangan tidak akan saling menyakiti dan tersakiti.

4. Ladies akan merasa yakin dengan pasangan

Memang aneh sih, tetapi percekcokan adalah bukti bahwa Ladies dan pasangan memiliki komitmen besar terhadap satu sama lain. Di sisi lain, pasangan yang tampak acuh tak acuh dalam menghadapi percekcokan menunjukkan bahwa ia sama sekali tidak layak untuk dipertahankan.

5. Ladies akan lebih dihargai dan menghargai pasangan

Percekcokan yang dipenuhi dengan rasa hormat dan saling menghargai akan membuat Ladies dan pasangan akan mengetahui sudut padangan dan pemikiran satu sama lain dengan jelas. Hal ini akan membuat Ladies dan pasangan akan jauh lebih menghargai satu sama lain lagi. Namun, apabila Ladies berargumen tanpa rasa hormat (misal, dengan tidak mendengarkan sudut pandang pasangan dan hanya ingin didengar), percekcokan 90% akan membawa hubungan ke ujung tanduk. Jadi, semuanya ada pada dirimu, Ladies.

6. Ladies akan belajar untuk menerima sudut pandang orang lain

Pelajaran mengenai kehidupan memang seringkali datang dalam bentuk yang menyakitkan. Namun, manfaatnya sangat besar: membuat Ladies lebih dewasa. Percekcokan akan membuat Ladies mempelajari sudut pandang orang lain dan paham bahwa Ladies tidak selalu benar. Ingat ya Ladies, jangan pernah menghitung skor saat percekcokan karena benar dan salah, dalam percekcokan, tidak menunjukkan apa-apa.

7. Percekcokan sangat bisa membangun dan memperbaiki sebuah hubungan

Banyak yang mengira bahwa percekcokan adalah pelampiasan marah, diwarnai kekerasan, dan merusak hubungan. Percekcokan adalah jalur cepat untuk perpisahan. Namun suvery di India menunjukkan bahwa 44% pasangan yang diwawancara setuju bahwa percekcokan membantu mereka untuk lepas dari hubungan yang stressful. Tentu saja hal tersebut sangat membantu hubungan untuk lebih langgeng.

Comments

Loading...