OUR NETWORK

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?

Pengumuman nominasi Piala Academy Awards 2018 atau yang biasa disebut dengan Piala Oscar baru saja diumumkan. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini ada sembilan film terbaik yang masuk ke dalam nominasi paling bergengsi tersebut. Untuk bersiap menyambut Piala Oscar yang akan diselenggarakan pada 4 Maret 2018 mendatang, yuk kenali sembilan film terbaik nominasi Best Picture Academy Awards 2018 ini.

1. Call Me by Your Name

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: clovertheater.com

Film drama romantic arahan sutradara Luca Guagdanino ini menceritakan pergolakan batin seorang remaja Italia setelah bertemu dengan mahasiswa asal Amerika Serikat. Film ini diadaptasi dari novel berjudul serupa karya André Aciman yang terbit tahun 2007 silam. Luca Guagdanino mengembangkan film ini menjadi amat detil, dengan dialog yang asik, dan pace yang lambat. Jika Ladies cepat bosan, mungkin Ladies tidak akan begitu menikmati film ini. Selain itu, film ini membutuhkan keterbukaan pikiran dari penontonnya karena mengangkat tema yang cukup kontroversial, yaitu homoseksualitas. Beberapa orang menjagokan film ini karena memiliki tema yang sama dengan film pemenang Oscar tahun lalu, yaitu Moonlight. Berkat film ini pula, aktor muda Timothée Chalamet mendapatkan nominasi untuk Aktor Terbaik tahun ini.

2. Darkest Hour

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: vox.com

Film ini mengangkat masa yang disebut-sebut sebagai masa tergelap Inggris. Film sejarah perang ini dimulai dengan cerita pengunduran diri Perdana Menteri Neville Chamberlein yang dianggap tidak mampu melindungi keamanan nasional Britania Raya. Winston Churchill pun dipilih karena dipercaya dapat meraih semua dukungan Parlemen. Dari sinilah sepak terjang Winston Churchill sebagai Perdana Menteri Inggris dimulai.

Banyak pihak yang menganggap bahwa secara fisik, Gary Oldman melakukan kecurangan karena manggunakan makeup untuk membuat penampilannya seperti Winston Churchill. Ini bukan pertama kalinya Winston Churcill diangkat ke layar bioskop maupun televisi dan biasanya aktor pemerannya selalu memiliki fisik yang mirip dengan sang Perdana Menteri tersebut. Namun, kritik tersebut terhapuskan oleh penampilan gemilang pemeran Sirius Black tersebut.

3. Dunkirk

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: pieuvre.ca

Dari nama sutradaranya saja Ladies pasti sudah menduga bahwa film ini akan menjadi film yang seru dan mendebarkan. Yup, Christopher Nolan memang sudah menjadi jaminan mutu yang menggiring banyak penikmat film bersedia menonton filmnya, bahkan tanpa membaca sinopsisnya. Film pertama (dan hampir membuat kapok) Harry Styles ini mengambil latar Perang Dunia II dan mengisahkan aksi penyelamatan 330 ribu tentara dari Inggris, Perancis, Belgia, dan Belanda yang terdampar di kawasan Dunkirk, Perancis. Uniknya, Nolan mengambil tiga suduh pandang yang berbeda, yaitu the mole (tanggul), the sea (laut), dan the air (udara). Seperti biasa, film ini akan memiliki alur maju-mundur membingungkan ciri khas Nolan, tetapi tentu saja semuanya akan menjadi utuh di bagian akhir. Dalam film ini, Ladies akan merasakan totalitas Nolan, music epik Hans Zimmer dan Richard King, serta visual yang jempolan.

4. Get Out

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: dreadcentral.com

Film horor sangat jarang mampu menembus nominasi Piala Oscar, namun Get Out berhasil menyabet nominasi Aktor Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Terbaik, dan Skenario Film Terbaik. Wow, pasti film ini luar biasa banget ya. Kisah film ini dimulai dari seorang pemuda kulit hitam bernama Chris yang menjalin asmara dengan gadis kulit putih bernama Rose. Walaupun hubungan mereka baru menginjak usia lima bulan, tetapi Rose sudah berani mengajak Chris bertemu orang tuanya. Masalahnya, orang tua Rose belum tahu bahwa putrinya ini menjalin hubungan dengan seorang kulit hitam. Namun ternyata orang tua Rose menyambut Chris dengan sangat baik, terlalu baik malah. Di sinilah terungkap bahwa keluarga Rose memiliki hubungan yang mengerikan dengan orang-orang kulit hitam.

Jika membaca sinopsisnya, pasti Ladies tidak akan menyangka bahwa film ini memuat nilai rasisme yang kuat dari sudut pandang yang sangat unik. Get Out bukanlah tipikal film horor di pasaran yang mengandalkan dentuman musik keras dan kemunculan hantu yang tiba-tiba. Film ini jauh lebih dalam, mendebarkan, dan mengejutkan daripada itu. Penasaran? ?

5. Lady Bird

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: whbpac.com

Tidak kuat menonton film perang ataupun film horor? Yuk menonton film drama keluarga yang realistis tetapi manis ini. Tidak seperti film remaja kebanyakan yang banyak unsur kebetulan ataupun keajaibannya, Lady Bird berhasil mengemas drama anak perempuan puber dengan amat realistis dan cantik ini. Film ini akan membuat Ladies mengenang masa-masa remaja Ladies yang seenaknya, penuh pemberontakan dan perdebatan dengan sosok ibu. Kekuatan film ini ada pada alur, karakter, dan dialognya. Bintang muda Saoirse Ronan bermain dengan cemerlang dalam film ini. Tidak heran kalau tahun ini ia meraih nominasi Aktris Terbaik ketiga kalinya di usianya yang baru 23 tahun! Film pertama Greta Gerwig sebagai sutradara ini pun berhasil mengantarkannya ke nominasi Sutradara Terbaik. Menjadikannya perempuan satu-satunya di kategori Sutradara Terbaik tahun ini. Wow! Akhirnya! FYI, Greta bahkan tidak mendapatkan nominasi Golden Globes dan banyak yang memprotes keputusan itu.

6. Phantom Thread

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: pastemagazine.com

Di dunia perfilman, nama aktor Daniel Day-Lewis adalah jaminan mutu film. Jika film yang dibintangi Daniel Day-Lewis dirilis ke pasaran, sudah hampir dipastikan bahwa namanya akan tercantum manis dalam nominasi Best Actor berbagai penghargaan. Setelah membintangi Lincoln dan meraih gelar Best Actor dalam penghargaan Academy Award, BAFTA, dan Golden Globe, Daniel Day-Lewis mengumumkan akan segera pensiun dari dunia aktor. Keputusan tersebut tentu saja disayangkan banyak pihak. Namun hal tersebut juga yang membuat Phanton Thread menjadi sangat dinantikan.

Dalam film yang disutradarai sutradara kenamaan Paul Thomas Anderson, Daniel Day-Lewis akan memerankan Reynolds Woodcock, penjahit langganan kalangan bangsawan dan elit London di tahun 1950-an. Dedikasinya di dunia fashion Inggris tersebut membuatnya menua tanpa memedulikan kehidupan pribadinya. Reynolds Woodcock kemudian memutuskan untuk membujang seumur hidupnya. Namun perempuan muda bernama Alma membuatnya meragukan keputusannya tersebut. Selain akting dan alur cerita yang memukai, Ladies akan dimanjakan oleh pakaian-pakaian indah serta komposisi warna yang luar biasa.

7. The Post

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: criticalhit.com

Saat nama Steven Spielberg, Meryl Streep, dan Tom Hanks disatukan, maka seharusnya, sudah dapat dipastikan bahwa film tersebut akan menjadi sangat luar biasa. Steven Spielberg dikenal sebagai sutradara yang kerap mengangkat tema nasionalisme Amerika Serikat. Dalam film yang diangkat dari kisah nyata ini, diperlihatkan dua tindakan nasionalisme yang bertolak belakang, yang dihadirkan oleh pemerintah dan surat kabar. The Post berfokus pada idealisme jurnalis The Washington Post yang berniat untuk memublikasikan berkas rahasia Pentagon di balik perang Vietnam. Meskipun harus mempertaruhkan karier dan keselamatannya, para jurnalis tidak gentar melawan ancaman pemerintah. Film dengan tema kontroversial ini pun mendulang berbagai kritik, salah satunya adalah performa Meryl Streep dan Tom Hanks yang dirasa kurang. Film ini pun bernasib seperti Wonder Woman yang dilarang tayang di Lebanon karena keterkaitan Steven Spielberg dengan Israel. Kalau Ladies tertarik dengan film yang mengangkat kisah seputar jurnalis, Mera Muda sarankan untuk menonton Spotlight (2015) dan All the President’s Men (1976).

8. The Shape of Water

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: comingsoon.net

Nama Guillermo del Toro di kursi sutradara akan membuat Ladies menantikan monster-monster dan hantu, seperti dalam Hellboy, Pan’s Labyrinth, maupun Crimson Peak. Tentu saja Ladies tidak keliru. The Shape of Water adalah kisah drama romantis antara manusia dengan alien. Namun jangan bayangkan kisah romantis ala-ala alien ganteng Do Min Joon dengan aktris jelita Choi Song Yi dalam drama My Love from The Stars. Film ini berpusat pada kisah Elisa, gadis bisu penyendiri dengan alien amfibi yang disebut sebagai Asset. Elise kemudian dapat berkomunikasi dan bahkan bersahabat dengan monster tersebut. Konflik dimulai saat seorang agen federal berniat untuk membunuh monster tersebut. Elisa bersama Giles dan Zelda pun berusaha keras untuk menyelamtkan monster tersebut. FYI, film ini meraih nominasi terbanyak di Academy Award 2018 ini dengan 13 nominasi loh. Wow!

9. Thee Billboard Outside Ebbing, Missouri

Sudah Menonton 9 Film Nominasi Best Picture Academy Awards 2018 Ini?
Foto: burgkino.at

Jangan sepelekan the power of emak-emak, kalau sudah bicara, satu kota pun bisa bergejolak. Mungkin itulah satu dari sekian banyak pesan yang dimuat dalam film arahan Martin McDonagh ini. Cerita berfokus pada Mildred Hayes yang masih berduka cita atas pemerkosaan dan pembunuhan putrinya yang masih remaja. Kasus tersebut tidak ada perkembangan dan pelakunya masih belum ditangkap. Disulut oleh kemarahan tersebut, Mildred menyewa tiga papan reklame usang di dekat rumahnya untuk menuliskan “RAPED WHILE DYING”, “AND STILL NO ARRESTS”, “HOW COME, CHIEF WILLOUGHBY”. Papan reklame ini menimbulkan reaksi beragam, ada yang terganggu, ada yang mendukung Mildred, ada yang mencemooh Mildred karena Chief Willoughby sendiri sedang berjuang melawan kanker pankreas stadium akhir. Ada banyak konflik yang harus dilalui Mildred demi mendapatkan jawaban atas kemarahannya. Seperti judulnya yang tidak biasa, film ini memiliki banyak hal yang akan mengganggu, mengusik, menampar, sekaligus menggelitik penonton.

Maraton film-film ini saat akhir pekan kayaknya seru nih, Ladies. Biar bisa tebak-tebakan seru waktu nonton Oscar nanti… hehehe

Foto cover: avclub.com

Comments

Loading...