OUR NETWORK

Jessica Chastain Bantu Octavia Spencer Perjuangkan Gajinya

Jessica Chastain Bantu Octavia Spencer Perjuangkan Gajinya

Perlahan tapi pasti, suara perempuan mulai didengar di Hollywood. Gelombang pengungkapan kasus pelecehan seksual Hollywood tahun lalu ternyata bukan hanya memengaruhi penghargaan aktris perempuan secara perilaku, tetapi juga dalam gaji. Sebetulnya, permasalahan terkait honor aktris yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan honor aktor sudah diangkat ke permukaan sejak bertahun-tahun silam. Aktris besar seperti Meryl Streep dan Jennifer Lawrence adalah dua aktris yang cukup vokal membicarakan masalah ini di media. Namun, sebelumnya para aktris sedikit ragu untuk bertindak karena posisi perempuan yang sangat lemah di industri perfilman tersebut. Akan tetapi setelah kasus Harvey Weinsten, perempuan mulai berani beraksi.

Dalam acara panel Sundance Film Festival 2018 lalu, aktris kulit hitam Octavia Spencer mengungkapkan bahwa rekan aktrisnya, Jessica Chastain, membantunya untuk mendapatkan gaji sebanyak lima kali lipat dari yang ia pinta. Menurut keterangan Octavia, ia dan Jessica telah merencanakan membintangi film komedi bersama. Bulan Maret lalu, Jessica kemudian menawarkan film yang diproduserinya kepada Octavia. Saat mereka berdua mulai mendisukikan honor film, Jessica berkata “Ini waktunya bagi aktris perempuan untuk mendapatkan gaji setara dengan laki-laki!”  

Octavia kemudian menceritakan perjuangannya sebagai perempuan kulit hitam di Hollywood.

Hollywood ternyata tidak seglamor kelihatannya. Octavia mengungkapkan pada Jessica bahwa perempuan nonkulit putih bahkan mendapatkan gaji yang jauh lebih rendah dari perempuan kulit putih. Jessica tentu saja sedih mendengar hal tersebut dan berjanji untuk memperjuangkan gaji mereka agar memiliki nilai yang sama. Beberapa hari yang lalu, Octavia pun mendapatkan kabar bahwa mereka mendapatkan gaji lima kali lebih banyak dari yang diminta. Luar biasa!

Octavia dan Jessica kemudian membahas hal ini di Twitter. So sweet!

Ternyata praktik rasisme dan seksisme masih terus terjadi di Hollywood ya Ladies. Namun untung saja gerakan Time’s Up mulai berjuang melawan itu semua, termasuk kekerasan seksual dan perbedaan gaji antara laki-laki dan perempuan.

Jessica Chastain Bantu Octavia Spencer Perjuangkan Gajinya
Wait… WHAT? Foto: bbook.com

Beberapa waktu lalu terungkap bahwa aktor Mark Wahlberg mendapatkan $1,5 juta untuk shooting ulang film All the Money in the World sementara co-star-nya, Michelle Williams hanya mendapatkan $1.000. Perbedaannya lebih dari 1000 kali lipat! Mark Wahlberg kemudian mendonasikan honor shooting ulangnya tersebut pada Time’s Up dengan nama Michelle Williams. It’s still a long way to go, Ladies.

Sumber: Variety, Foto cover: bbc.co.uk

Comments

Loading...