OUR NETWORK

Stephen Hillenburg, Kreator SpongeBob Meninggal Dunia

Stephen Hillenburg, Kreator SpongeBob Meninggal Dunia
Foto: polygon.com

Siapa yang nggak kenal dengan karakter spons yang hidup di dasar lautan ini? Nggak hanya disukai anak-anak, orang-orang dewasa juga merasa karakter-karakter di kartun ini yang relatable. Karenanya para penggemar SpongeBob pun berduka mendengar kabar mengenai kepergian Hillenburg.

Stephen Hillenburg, sang kreator, meninggal dunia pada Senin, 26 November 2018 lalu di California.

Nickelodeon pun mengeluarkan pernyataan belasungkawa mengenai kepergian Hillenburg. “Karakter original ciptaannya dan dunia Bikin Bottom akan menjadi pengingat mengenai nilai-nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tidak terbatas.”

Selama karirnya, Stephen Hillenburg dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan tidak suka membicarakan kehidupan pribadinya. Namun, pada Maret 2017, Hillenburg memberitahu majalah Variety bahwa ia baru saja didiagnosa menderita ALS (amyotrophic lateral sclerosis). Mengutip dari Hello Sehat, ALS terjadi ketika sistem saraf di mana sel-sel tertentu (neuron) di dalam otak dan sumsum tulang mati secara perlahan. ALS sering juga disebut sebagai Lou Gehrig’s disease karena Lou Gehrig, pemain baseball legendaris Amerika Serikat, meninggal di usia 37 tahun karena penyakit ini. Penyakit yang sama juga diderita fisikawan Stephen Hawking, yang meninggal di usia 76 tahun pada Maret lalu, padahal sempat diprediksi hanya akan hidup beberapa tahun saja setelah diagnosisnya.

Selain sebagai animator dan kartunis, Stephen yang akrab disapa Steve oleh kerabat dan fansnya ini juga seorang ahli biologi kelautan (marine biologist).

Ketika bekerja di Orange County Marine Institute, Stephen menulis The Intertidal Zone, sebuah komik. Komik ini bercerita tentang hewan-hewan yang hidup di tide-pool (semacam kolam kecil di dekat laut) dan digunakan Stephen untuk mengajari para siswanya. Pada tahun 1994, Stephen mengembangkan karakter dan konsep dari The Intertidal Zone, yang nantinya menjadi SpongeBob SquarePants.

Kartun SpongeBob Squarepants pun tayang pertama kali pada 1999 sampai sekarang. Makanya SpongeBob udah menjadi salah satu acara TV Amerika yang paling lama tayang. Stephen sempat ingin mengakhiri SpogeBob dengan cerita di SpongeBob SquarePants Movie (2004). Namun, Nickelodeon masih ingin memproduseri acara ini. Jadi, Stephen pun mundur sebagai showrunner. Dia akhirnya kembali ke franchise SpongeBob setelah ikutan menulis film The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water. Setelah memberi tahu diagnosis ALS-nya pun, Stephen mengatakan dia akan tetap mengerjakan show SpogeBob selama yang dia bisa. Sayangnya Stephen meninggal dunia sekitar satu setengah tahun setelah diagnosisnya. Rest in peace, Steve…

 

Sumber: Variety

Comments