OUR NETWORK

Drama Fantasi ‘The Shape of Water’ Menjadi Best Picture 2018

Drama Fantasi 'The Shape of Water' Menjadi Best Picture 2018

Perhelatan Academy Awards alias Oscar selalu menyajikan kejutan. Kejutan ini sendiri bisa terasa menyenangkan atau mencengangkan. Kali ini, ada sedikit kejutan di kategori Best Picture yang akhirnya dimenangkan oleh The Shape of Water yang disutradari oleh sutradara asal Meksiko, Guillermo del Toro.

Presenter Jimmy Kimmel didaulat untuk menjadi host Oscar ke-90 tahun ini. Seperti biasa, acara berlangsung pada Minggu malam (4/3) waktu setempat di Dolby Theatre, Los Angeles, atau Senin pagi waktu Indonesia. Dalam monolog pembukanya, Kimmel tidak melewatkan kesempatan untuk ‘menyentil’ isu seputar Harvey Weinstein, representasi wanita dan warga non-kulit putih di industri perfilman, serta gun control.

The Fantastic Four

Drama Fantasi 'The Shape of Water' Menjadi Best Picture 2018
Foto via La Razón

Beberapa aktor dan film yang berhasil memboyong piala tahun ini sudah diprediksi sebelumnya. Para aktor yang memenangkan kategori Aktor dan Aktris Terbaik, baik dalam peran utama atau peran pendukung, sebelumnya sudah mendapat berbagai penghargaan. Sebelum, Gary Oldman (Darkest Hour), Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), dan Allison Janney (I, Tonya), Sam Rockwell (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri) sudah sama-sama menyapu bersih piala Golen Globe, Critics’ Choice, SAG, dan juga BAFTA. Kompak banget! Jadi, nggak heran kalau mereka juga berhasil memboyong trofi emas Oscar tahun ini. I mean, with that kind of performance, they all truly deserved it.

Terima kasih kepada penonton

Di tengah acara, Jimmy Kimmel mengajak beberapa aktor (beberapa lagi ikut dengan sukarela) untuk pergi ke bioskop di seberang jalan. Tujuannya? Untuk berterima kasih kepada para penonton yang saat itu sedang menonton film A Wrinkle of Time. Sekadar berterima kasih karena sudah menonton film di bioskop, karena tanpa penonton, apalah arti sebuah film. Hehe… Nggak lupa, Jimmy dan rombongan para aktor seperti Ansel Elgort, Mark Hamill, Gal Gadot, Armie Hammer, dan lainnya membawakan snack untuk para penonton beruntung itu.

Variasi

Perjalan Oscar dan Hollywood menuju industri perfilman yang lebih inklusif memang masih panjang. Namun, setidaknya perubahan mulai semakin terlihat. Ada satu wanita di kategori Best Director dan Best Cinematography. Walaupun keduanya, Greta Gerwig dan Rachel Morrison, tidak berhasil menang, keduanya sudah mengukir sejarah di dunia perfilman dan membuka jalan untuk sineas wanita lainnya.

Drama Fantasi 'The Shape of Water' Menjadi Best Picture 2018
Foto via Vanity Fair

Begitu pun Jordan Peele yang menjadi penulis kulit hitam pertama yang mendapat penghargaan Best Original Screenplay untuk film Get Out yang ditulis dan disutradarainya.

Fantasi yang berkaca pada isu nyata

Dari 9 film yang mendapat nominasi Best Picture, kemenangan The Shape of Water dirasa masuk akal. Kemenangan del Toro di kategori Best Director juga seakan menjadi petunjuk kalau The Shape of Water akan membawa pulang penghargaan tertinggi tersebut.

Selain cerita, performa, dan sinematografinya, ada isu tentang ketakutan akan hal asing yang diangkat dalam film ini. Guillermo del Toro berharap filmnya ini bisa menjadi contoh untuk pembuat film lainnya, untuk membuktikan bahwa film fantasi pun bisa jadi medium untuk mengangkat isu dan kontroversi di dunia nyata. “This is a door. Kick it open and come in,” begitu tandasnya dalam pidato kemenangannya.

Lucunya, Warren Beatty dan Faye Dunaway yang tahun lalu salah membacakan pemenang Best Picture kembali didaulat untuk mengumumkan kategori yang sama. Nggak mungkin salah lagi sih, karena mungkin layout di kartu pengumuman udah dibenerin supaya nggak salah baca lagi ya, Ladies… Hehehe. Congratulations for all the winners! Lanjut movie marathon lagi aaah…

Foto cover: The Sun

Comments

Loading...