OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Fine Hair Vs Thin Hair, Ini Dia Perbedaannya Menurut Para Ahli!

Buat kamu yang sering bingung-bingung dengan perbedaan fine hair dan thin hair, Ladies? Jangan risau dulu nih. Yuk, simak ulasannya langsung dari para expert di bidang kesehatan rambut berikut ini. Scroll ke bawah ya!

Apa itu fine hair?

Fine hair merujuk pada ketebalan setiap batang rambut. Mereka yang berambut tipe fine hair memiliki diameter batang rambut yang lebih kecil dan lebih lama menyimpan kelembapan. Tekstur yang mereka miliki yakni halus seperti sutra, namun tidak bervolume dan tidak elastis. Fine hair dapat dimiliki semua tipe rambut yakni baik itu lurus, berombak, ataupun keriting.

Apa itu thin hair?

Menurut Dr. Rebecca Marcus, dermatologist dan pendiri Maei MD, Thin hair merujuk pada densitas atau jumlah helai rambut di kepala kamu. Karena itu jika kamu kehilangan lebih banyak helai rambut dibanding biasanya, proses ini dinamakan thinning atau penipisan. Setiap jenis rambut dapat mengalami thinning dan berbeda-beda di setiap orangnya. Faktornya juga bermacam-macam, Ladies. Bisa karena stres, hormon, penyakit, vitamin, atau kekurangan nutrisi tertentu. 

Baca juga: Tips Untuk Ladies yang Memiliki Rambut Tipis

Perbedaan fine hair dan thin hair

Fine Hair Vs Thin Hair, Ini Dia Perbedaannya Menurut Para Ahli!
Foto: pexels.com

Seperti yang sudah dibahas nih, Ladies, kunci perbedaan keduanya terdapat di kata tekstur dan densitas. Dr. Rae Lynne Kinler, ahli bedah transplantasi rambut di Ziering Medical mengatakan bahwa fine hair berhubungan dengan ketebalan sedangkan thin hair berhubungan dengan densitas. Jadi seseorang dengan fine hair dapat mengalami thinning atau penipisan rambut. Dr. Seamus McKernan, spesialis pewarnaan rambut di Nioxin juga mengatakan bahwa hal yang wajar untuk mengalami kombinasi dari keduanya. 

Cara mengetahui kamu memiliki fine hair atau thin hair

Hal pertama yang paling dapat dilihat pada thin hair yakni kulit kelapa yang terlihat. Apakah kamu melihat jarak antar rambut di kulit kepala kamu semakin longgar, berarti kemungkinan kamu mengalami thinning. Gejala lainnya yakni warna rambut memudar, helai rambut rapuh atau gampang rontok, dan susah diikat menjadi ponytail.

Fine Hair Vs Thin Hair, Ini Dia Perbedaannya Menurut Para Ahli!
Foto: pexels.com

Bagaimana dengan fine hair? Pertama ambil satu helai rambut kamu lalu gunakan jarimu untuk merasakan teksturnya. Fine hair cenderung lebih lembut, halus, dan kecil dibanding rambut pada umumnya. Cara lainnya yakni dengan membandingkan rambut kamu dengan benang. Jika kamu punya rambut lebih kecil diameternya dibanding benang, kemungkinan besar kamu punya fine hair, Ladies.

Kalau dari deskripsi tadi, kamu termasuk fine hair atau thin hair nih, Ladies? Atau gabungan keduanya?

 

Sumber: PureWow

Must Read

Related Articles