OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama

Mengecat rambut sangatlah menyenangkan! Setiap warna rambut seakan akan memberimu energi baru dan tentu saja mengubah penampilan tanpa perlu memotong rambut! Namun ada satu masalah dalam pewarnaan rambut ini: warnanya cepat pudar. Sayang banget kan kalau kamu sudah jatuh cinta pada warnanya, eh keesokan harinya warnanya sudah luntur. Nah, agar investasi cat rambutmu semakin maksimal dan optimal, simak tips agar rambut berwarnamu lebih awet dan tahan lama di bawah ini! 

1. Jangan terlalu sering mencuci rambut

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama
Foto: clevelandclinic

Penyebab paling umum dari memudarnya warna adalah terlalu sering mencuci rambut. Latih rambutmu untuk membiasakan dirinya dicuci lebih jarang, seperti dua kali seminggu. Sebagai gantinya Ladies bisa gunakan dry shampoo agar rambutmu tidak berminyak. 

2. Gunakan produk rambut yang tepat

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama
Foto: self

Jadikan sampo dan kondisioner yang memiliki khasiat mempertahankan warna rambutmu sebagai BFF-mu, Ladies. Produk ini diciptakan khusus untuk rambut berwarna jadi sudah pasti akan lebih ramah pada cat rambutmu. Pastikan dua produk ini tidak mengandung sulfat, alkohol, atau bahan apa pun yang akan menghilangkan warna rambutmu atau membuatnya lebih kering.

3. Katakan tidak pada air panas

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama
Foto: tomlinsonplumbing

Mencuci rambutmu dengan air panas ternyata menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaat. Kok bisa? Rupanya air panas dapat membuat rambutmu jadi lebih kering, Ladies, jadi sebaiknya hindari mencuci rambut dengan air panas sering-sering. Untuk rambut mendapatkan treatment dengan bahan kimia, cucilah dengan air hangat atau dingin untuk menjaga batang rambut tetap tertutup dan mencegah warna memudar.

4. Jauhi penataan rambut dengan alat panas

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama
Foto: reviewed

Ladies mungkin tergoda untuk mengambil curling iron untuk mengeriting rambut, tetapi lebih baik segera tahan dirimu, Ladies. Heating tools akan membuat rambut menjadi lebih kering, rapuh, dan tentu memudarkan warna rambut. Jika Ladies perlu menggunakannya, turunkan suhu atau Ladies bisa menggunakan berbagai curling hack yang berseliweran di internet! 

Baca juga: Cara-Cara Mudah Memperbaiki Berbagai Masalah Rambut yang Diwarnai

5. Berinvestasi dalam masker rambut

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama
Foto: healthline

Rambut yang diwarnai bisa rapuh dan biasanya membutuhkan lebih banyak perhatian, cinta, dan kasih sayang yang lembut. Untuk mengembalikan kelembapan rambutmu, berinvestasilah dalam perawatan pengkondisian rambut, seperti masker rambut dan minyak rambut. Bahkan warna rambut yang paling indah pun bisa tampak suram jika Ladies tidak mengkondisikan rambut berwarnamu secara teratur.

6. Batasi paparan sinar matahari

6 Tips Rambut Berwarnamu Tahan Lebih Lama
Foto: hindustantimes

Penting untuk diingat bahwa sinar matahari dapat menyebabkan pemudaran dan lunturnya warna rambut. Untuk mengatasinya, gunakan leave-in conditioner yang mengandung SPF, serta kenakan topi tau syal saat Ladies keluar umah. Hal tersebut merupakan cara untuk melindungi rambut dari sinar UV yang berbahaya dari matahari dan menghindari kerusakan warna.

 

Sumber: hindustantimes.com

Must Read

Related Articles