OUR NETWORK

Sarapan Telur Bisa Tingkatkan Kinerja Otak, Lho!

Sarapan Telur Bisa Tingkatkan Kinerja Otak, Lho!

Ladies, siapa yang sering lupa sarapan? Sarapan pagi itu penting, lho. Karena tubuh kita memerlukan banyak energi untuk menjalankan seluruh aktivitas dalam sehari penuh. Tanpa sarapan, tubuh akan terasa lemas dan lesu, bahkan bisa memicu munculnya penyakit di dalam tubuh, lho Ladies. Menu dan porsi makanan untuk sarapan juga perlu diperhatikan. Pasalnya, porsi dan menu yang tepat dapat membantu tubuh menjaga dan meningkatkan kinerja otak kita. Dari berbagai menu makanan, ternyata telur merupakan salah satu menu yang tepat, lho!

Baca juga: Makanan Ini Bikin Rambut Kuat dan Cepat Panjang

Makanan Ini Bikin Rambut Kuat dan Cepat Panjang

Sarapan Telur Bisa Tingkatkan Kinerja Otak, Lho!
Foto: pexels.com

Hal ini dibuktikan oleh para ahli dari Finlandia yang melakukan analisis terhadap 2.497 pria berusia antara 42 hingga 60 tahun.

Salah satu peneliti dari University of Eastern Finland dalam studi ini, Profesor Jyrki Virtanen, menyatakan meski telur sering dikaitkan dengan risiko demensia atau penyakit Alzheimer, berdasarkan penelitian terhadap 2.497 pria yang dilakukannya justru menunjukkan, konsumsi telur tidak meningkatkan risiko gangguan memori bahkan membuat kinerja yang lebih baik pada tes neuropsikologis.

Dalam sebuah telur besar terdapat kandungan enam gram protein dan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam kuning telur, serta vitamin E, D, dan A. Seperti yang kita ketahui Ladies, vitamin E dapat mengurangi risiko serangan jantung dan lutein yang dapat membantu melindungi tubuh dari risiko penyumbatan arteri.

Foto: bonappetit.com

Selain menyehatkan otak, sarapan dengan telur juga dapat membantu menurunkan berat badan, lho. Berdasarkan studi yang dipublikasikan American Society for Nutrition’s Experimental Biology beberapa waktu lalu, sarapan dengan menu tinggi protein, termasuk telur, dapat membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga, nafsu makan saat siang hari pun dapat lebih terkendali.

Baca juga: 5 Tips Mengolah Kentang Praktis dan Mudah Diterapkan

5 Tips Mengolah Kentang Praktis dan Mudah Diterapkan

Meski begitu, tidak berarti menu sarapan telur harus setiap hari, ya Ladies. Cukup dengan intensitas sarapan menu telur yang cukup, diselingi olahraga yang teratur, kinerja otak kamu pasti akan meningkat. Selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: health.detik.com, Foto Cover: pexels.com

Comments

Loading...