OUR NETWORK

Muesli Sehat Dikonsumsi Saat Sarapan, Benarkah?

muesli sehat dikonsumsi saat sarapan

Kamu pernah mendengar muesli, Ladies? Muesli sering dikatakan sebagai salah satu menu sarapan yang sehat, nih. Namun, buat kamu yang nggak pernah tahu sebelumnya tentang muesli, tentunya mempertanyakan muesli sehat nggak ya? Benarkah kalau muesli sehat dikonsumsi saat sarapan? Muesli itu sebenarnya apa sih? Daripada kamu penasaran Ladies, mending langsung simak penjelasannya, yuk!

Baca juga: Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan

Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan

Saat pertama kali dicetuskan, muesli awalnya merupakan sereal kering yang terbuat dari oat, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan serpihan gandum. Namun, buat kamu yang sudah tahu muesli, sekarang ini muesli itu sudah punya beragam pilihan nih, Ladies. Muesli hadir mulai dari yang bebas dari gluten, muesli segar, muesli panggang ataupun muesli yang tidak dimasak atau sejenis dengannya seperti granola.

Namun, karena telah muncul dalam berbagai varian itulah, banyak yang mempertanyakan apakah muesli sehat dikonsumsi apalagi untuk sarapan atau mengawali hari? Tergantung berdasarkan proses pembuatan dari muesli,  muesli memang lebih alami dan mengandung sedikit kalori dan gula dibandingkan dengan granola. Namun, jika muesli disajikan dengan sirup manis, tentu saja kandungan gula pada muesli jadi lebih tinggi.

Muesli pada dasarnya lebih sedikit memiliki kandungan gula dan kalori dibandingkan kebanyakan menu sarapan yang biasa dijual di pasaran seperti sereal, misalnya.

Muesli sebenarnya kaya akan serat dan biji-bijian yang baik untuk sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja Ladies, muesli juga cocok dikonsumsi saat sarapan untuk mengisi perutmu yang kosong dan tetap menjaga berat badanmu. FYI, muesli ini merupakan salah satu sumber antioksidan  yang baik lho, Ladies.

Lalu, apa sih yang membuat muesli menjadi nggak sehat? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kamu menambahkan terlalu banyak sirup ataupun makanan manis pendamping lainnya tentu muesli yang kamu konsumsi jadi lebih mengandung banyak kalori dan mengurangi khasiatnya.

Agar muesli sehat dikonsumsi saat sarapan, coba deh menambahkan dengan makanan yang memiliki protein dan omega 3 yang tinggi serta rendah lemak. Dengan begitu, kamu pun bisa merasakan manfaat baik dari muesli, Ladies.

Baca juga: 10 Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Mental

10 Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Mental

So, siap menyantap muesli untuk sarapan nanti setelah lebaran, Ladies? Jangan lupa untuk nggak menambahkan bahan makanan lain yang dapat mengurangi khasiatnya ya, Ladies!

 

Sumber: mindbodygreen, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...