OUR NETWORK

Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan

Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan

Makanan benar-benar mempengaruhi kesehatan. Bagaimana tidak, makanan yang kita konsumsi setiap hari sangat berperan penting untuk memengaruhi kesehatan. Nutrisi di dalamnya yang membangun tubuh untuk menjadi lebih sehat atau malah sebaliknya. Nah, berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai jenis makanan sehat yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Bisa meredakan nyeri, menyeimbangkan antioksidan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Makanan ‘Sehat’ Ini Ternyata Tidak Menyehatkan. Apa Saja?

3 Makanan ‘Sehat’ Ini Ternyata Tidak Menyehatkan. Apa Saja?

Makanan yang Menangkal Peradangan

Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan
Foto: thepaleomom.com

Memastikan usus dalam kondisi yang sehat merupakan langkah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Karena bisa dibilang ketidakseimbangan bakteri di dalam usus bisa berkontribusi pada peradangan tubuh. Dalam hal ini, makanan yang difermentasi sangatlah bermanfaat. Selain pilihan makanan yang difermentasi, juga dengan memperbanyak makanan berserat, termasuk sayuran, buah-buahan dan karbohidrat yang rendah kalori.

Untuk menangkal peradangan, flaxseed atau biji rami merupakan sumber serat yang sangat bagus. Selain itu tambahkan juga makanan yang memiliki lemak sehat, protein, dan yang mengandung omega-3 sama bermanfaatnya melawan perdangan. Sementara itu untuk jangka panjang, perlu untuk menambahkan bumbu seperti hanya jahe dan juga kunyit. Kandungan baik yang terdapat di jahe dan kunyit yang sangat bagus adalah kurkumin yang merupakan anti-inflamasi.

Makanan yang Seimbangkan Gula Darah

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis sangat tidak baik untuk tubuh. Dan bisa menyebabkan potensi terkena diabetes tipe 2. Maka dari itulah kamu sangat perlu untuk memperbanyak konsumsi makanan yang menjaga kadar gula darah. Makanan-makanan yang rendah kadar glikemiknya merupakan pilihan yang sangat tepat. Makanan dengan indeks glikemik (IG) yang rendah sangat bagus untuk tangkal diabetes. Sebut saja makanan seperti halnya biji-bijian, sayuran, buah-buahan, adalah opsi yang bagus untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Makanan yang Menyeimbangkan Hormon

Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan
Foto: gimmesomeoven.com

Brokoli, kubis, bayam, dan juga beberapa jenis sayuran lainnya memiliki senyawa sulforaphane dan juga indole-3 carbinol yang mendukung metabolisme hormone estrogen. Hormon ini memiliki fungsi yang sangat bagus dalam meningkatkan kolagen. Saat usia makin bertambah, produksi estrogen makin berkurang, kulit kehilangan kelenturan atau elastisitasnya. Maka dari itulah, Diana Bitner, MD mengatakan jika selain memperbanyak makanan yang bisa meningkatkan kolagen, kamu juga perlu tidur 30 persen lebih banyak dari biasanya.

Makanan yang Berperan Seperti Obat

Tidak ada makanan yang berperan sebagai obat ajaib. Namun, ada beberapa jenis yang bisa menunjang kesehatan tubuh seperti obat. Misalnya saja adalah bubuk jahe. Bubuk jahe sudah terbukti dalam penelitian bisa membantu kram. Ulasan penelitian lainnya menemukan jika peppermint oil juga bisa menjadi obat untuk para penderita iritasi usus. Satu lagi, bawang putih merupakan antivirus, anti jamur, dan anti bakteri yang telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan Ayurvedic untuk mengobati flu, batuk dan juga masalah sirkulasi.

Baca juga: 10 Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Mental

10 Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Mental

Makanan Bagus untuk Serap Nutrisi Lebih Banyak

Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan
Foto: popsugar.com

Beberapa makanan yang kamu konsumsi juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Tidak hanya makanan, metode yang digunakan untuk mengolahnya juga memiliki peran penting dalam memberikan nutrisi ke dalam tubuh. Misalnya saja, jika selama ini kamu sering mengolah makanan dengan cara digoreng, ganti dengan dikukus. Selain itu, masak bahan-bahan dalam kondisi utuh. Menurut US Agriculture Research Service, merebus seluruh makan secara utuh merupakan kunci untuk menjaga nutrisi yang sangat baik. Para ilmuwan menemukan jika kentang mempertahankan 75 persen lebih banyak potassium saat dimasak utuh.

Sementara itu untuk jenis makanan, kamu bisa memilih memasukkan lebih banyak lada hitam yang mengandung piperine yang meningkatkan kemampuan pencernaan. Ataupun juga buah-buahan yang lebih kecil seperti stroberi dan juga. Satu hal lagi, bawang putih juga merupakan asupan yang sangat bagus untuk meningkatkan zat besi ataupun juga anulin.

Makanan yang Meningkatkan Antioksidan

Tidak kalah penting dari yang sebelum-sebelumnya, kamu juga perlu untuk mengudap makanan yang bagus untuk meningkatkan antioksidan. Bumbu dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh bisa untuk dimasukkan sebagai tambahan ke dalam makanan. Untuk buah-buahan, ada dark chocolate, goji berry, kacang merah, blackberry, dan lain-lain yang bisa dijadikan kudapan sehat.

Selain memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga perlu untuk rutin berolahraga ya, Ladies. Tambah satu hal lagi, memperbanyak asupan air putih dibandingkan minuman yang memiliki rasa lainnya.

 

Sumber: Byrdie, Foto cover: huffingtonpost.com

Comments

Loading...