OUR NETWORK

Jadikan Tas Kulit Lamamu Tampak Baru, dengan Tips Perawatan Tas Ini

Jadikan Tas Kulit Lamamu Tampak Baru, dengan Tips Perawatan Tas Ini
Foto: marieclaire.co.uk

Ketika membeli suatu produk fashion, seperti tas atau dompet, tentunya didasarkan atas kesukaanmu, bukan? Terbuat dari bahan apapun, kalau udah naksir, pasti ingin memilikinya. Namun, produk-produk tersebut memiliki ketahanannya masing-masing, apalagi jika tidak dirawat, ia akan lebih mudah dan cepat rusak tanpa kamu bisa menikmati keindahannya yang menyempurnakan penampilanmu dalam jangka waktu lama. Membeli tas dengan harga yang tidak murah, tentunya tidak kamu harapkan untuk cepat rusak, bukan? Nah, untuk itu kamu perlu mempelajari cara merawatnya, Ladies. Sebagaimana kulit, tas juga perlu perawatan, loh! Apalagi jika itu adalah tas berbahan kulit, kamu perlu memberikan perhatian ekstra untuk merawatnya. Tapi tidak sulit kok, Ladies. Cukup dengan melakukan beberapa tips yang dilansir dari DIY Network ini, tas lamamu akan kembali tampak sempurna seperti sedia kala.

Baca juga: Tips Merawat Sepatu Kulit

Bila kamu memiliki tas kesayangan berbahan kulit, hal terpenting yang perlu kamu ketahui ialah jangan membersihkannya dengan bahan berbasis ammonia atau pemutih. Pasalnya, mereka dapat merusak permukaan tas. Perhatikan juga dengan air yang digunakan karena dapat menodai kulit.

Sebelum membersihkan tas, jangan lupa untuk mengosongkan seluruh isi kantungnya terlebih dahulu. Lalu goyangkan tas secara terbalik untuk menghilangkan debu dan kotoran. Balikkan lapisan dalam dan bersihkan dengan menggunakan rol serat. Jika tidak dapat ditarik, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debunya.

Jadikan Tas Kulit Lamamu Tampak Baru, dengan Tips Perawatan Tas Ini
Foto: vanish.co.in

Untuk membersihkan kulitnya, campurkan larutan air hangat dan sabun cuci piring, celupkan kain lembut ke dalamnya, peras dan bersihkan permukaan luar dompet. Gunakan kain bersih kedua yang basah untuk membersihkan sabun. Keringkan dengan handuk. Air hangat yang bersabun juga akan menghilangkan noda air.

Akan tetapi, jika tas atau dompetmu memiliki noda yang membandel, maka, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan lain untuk mulai membersihkannya.

Di antaranya sebagai nail polish remover atau alcohol, baking soda atau cornstarch, atau jus lemon dan krim tartar. Setiap bahan pun memiliki cara membersihkan dan mengatasi noda yang berbeda.

Jika tas atau dompetmu memiliki noda tinta, siapkan kapas, dan nail polish remover atau alkohol. Celupkan kapas yang telah kamu ambil ke dalam nail polish remover atau alkohol, dan aplikasikan pada noda tinta yang dimaksud. Ingat Ladies, jangan digosok karena bisa membuat tinta menyebar. Cukup tekan dengan lembut hingga noda menghilang. Setelah itu lap dengan kain bersih, lembap, dan keringkan dengan handuk.

Jadikan Tas Kulit Lamamu Tampak Baru, dengan Tips Perawatan Tas Ini
Foto: tractionbeauty.com

Selanjutnya, untuk menghilangkan noda minyak, kamu membutuhkan baking soda sebagai bahan utamanya. Caranya ialah dengan menaburkan baking soda atau cornstarch pada area yang diperlukan. Gosok dengan lembut dengan kain lembap. Diamkan selama beberapa jam hingga semalaman. Soda atau starch akan menyerap minyak. Setelah itu, bersihkan bubuk dengan kain lembut.

Di sisi lain, kamu juga dapat menggunakan jus lemon dan krim tartar untuk membersihkan noda. Caranya, campurkan keduanya dengan kadar yang sama, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke area yang bernoda, kemudian diamkan selama 30 menit. Gunakan kain lembab untuk menghilangkan pasta. Akan tetapi, karena jus lemon dan krim tartar memiliki efek pemutih ringan, maka, bahan ini hanya bisa digunakan pada tas atau dompet kulit berwarna terang.

Baca juga: Sering Membawa Tas Berat? Hati-Hati Dampaknya Ya, Ladies!

Setelah membersihkan tas atau dompet kulitmu dengan pilihan cara di atas, kamu perlu segera mengoleskan kondisioner pada kulit tas dan dompetmu itu. Hal ini penting dilakukan agar bahan kulit pada barang kesayanganmu tersebut tidak mongering dan pecah, juga membuatnya tahan lama terhadap noda ke depannya.

Kondisionernya pun bukan kondisioner yang khusus, cukup gunakan kondisioner yang kamu punya. Ambil sedikit kondisioner, lalu campurkan dengan cuka sebanyak 1 bagian dan 2 bagian minyak biji rami. Oleskan pada kulit, diamkan selama sekitar 15 menit dan gosok dengan kain lembut hingga kulit menjadi bersinar. Dengan begini, tas dan dompetmu tidak hanya tampak sempurna lagi, tetapi juga akan tahan lama terhadap noda yang membandel di masa depan, Ladies. Selamat mencoba!

 

Sumber: Diy Network

Comments

Loading...