OUR NETWORK

Cara Pembuatan Kopi dengan Teknik Manual Brewing

teknik manual brewing kopi

Kamu yang pecinta kopi pasti pernah dengar dong ya teknik pembuatan kopi dengan manual brewing? Jangan hanya mendengar saja, tapi kamu juga harus tahu teknik-teknik dari manual brewing, Ladies. Penasaran seperti apa manual brewing kopi itu? Simak penjelasan selengkapnya, yuk!

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Kopi?

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Kopi?

1. French Press

Teknik manual brewing yang satu ini disebut juga dengan coffee press. Cara pembuatan dengan teknik ini biasanya menggunakan gelas khusus. Nah, kalau kamu pernah melihat bentuk gelas dengan alat penekan di bagian tutup gelas, alat yang kamu lihat itulah yang disebut dengan french press. Cara menyeduh kopi dengan teknik ialah membiarkan kopi selama 4 menit dengan takaran 1 liter air dan tekan bagian atas secara perlahan hingga ampas kopi tertekan ke dasar. Setelah itu, tuang kopi ke dalam cangkir.

2. Pour Over

Kalau kamu ingin merasakan kopi yang lebih lembut, kamu bisa menggunakan teknik yang satu ini, Ladies. Teknik pembuatan kopi ini menggunakan alat corong gelas dengan kemiringan 60 derajat dengan guratan di dalam corongnya. Dalam penyajiannya, seorang barista akan meletakkan wadah V60 di atas cangkir, taruh kopi pada wadah V60 yang sudah dilapisi penyaring dan tuang air panas dari ketel dengan gerakan memutar agar kopi teraduk sempurna.

3. Aeropress

Teknik yang ditemukan tahun 2005 ini bisa dibilang modern. Teknik ini menggunakan tekanan udara dalam pembuatan kopi. Dengan alat khusus seperti suntikan, barista akan menekan kopi yang sudah diberi air panas  sehingga tersaring ke dalam cangkir.

4. Cold Brew

Cold brew nggak hanya kopi hitam yang ditambah dengan es atau kopi hitam yang didinginkan. Cara membuat cold brew ini membutuhkan waktu yang lama dan dibuat dalam keadaan yang telah tersedia bukan dibuat berdasarkan pemesanan. Untuk membuatnya, barista membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam lamanya dengan alat khusus. Kopi bubuk ditetesi air es sehingga air kopi akan masuk ke gelas penampung untuk mengurangi tingkat keasaman kopi.

5. Tubruk

Teknik pembuatan kopi yang satu ini mungkin nggak asing lagi ya Ladies di telinga kita? Untuk membuat kopi tubruk ini, tuang kopi dalam cangkir dan seduh dengan air panas, lalu aduk. Setelah itu, tunggu beberapa waktu sampai bubuk kopi mengendap ke bagian bawah. Saat diseduh, beberapa orang ada yang mengambil bubuk kopi yang mengambang dengan menggunakan sendok kecil.

Baca juga: Carrot-Cino, Penyajian Kopi Unik dengan Cangkir Wortel

Carrot-Cino, Penyajian Kopi Unik dengan Cangkir Wortel

Selain kelima teknik di atas, masih ada manual brewing lainnya lho, Ladies. Setelah tahu, kamu jadi tertarik mencoba membuat kopi layaknya barista nggak, nih?

 

Sumber: CookingLight, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...