test
OUR NETWORK

2 Tips Minum Kopi Untuk Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lebih Banyak Lemak

Kopi, salah satu minuman yang paling disukai di dunia, telah menjadi bagian integral dari rutinitas sehari-hari banyak orang. Selain aromanya yang menyegarkan dan kaya rasa, kopi menawarkan serangkaian manfaat kesehatan potensial, termasuk kemampuan untuk meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak. 

Namun ada cara tertentu yang harus dilakukan untuk dapat membuatmu merasakan manfaat metaboliknya, Ladies. Ini adalah tips dari Mary Sabat, MS, RDN, LD, mengenai dua cara untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak dengan kopi. Simak selengkapnya di bawah ini, Ladies!

1. Minum kopi hitam

2 Tips Minum Kopi Untuk Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lebih Banyak Lemak
Foto: freepik

Kopi hitam, tanpa tambahan gula, susu, atau krim, telah muncul sebagai pilihan tepat bagi individu yang ingin meningkatkan metabolisme dan meningkatkan upaya pembakaran lemak. Kandungan kafeinnya merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan pelepasan adrenalin, yang dapat menyebabkan peningkatan sementara laju metabolisme. Selain itu, kopi hitam mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang mungkin berperan dalam metabolisme lemak.

“Kafein dalam kopi hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda untuk sementara dan dapat meningkatkan oksidasi lemak, menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk menurunkan berat badan dibandingkan minuman kopi yang kaya kalori,” kata Sabat. 

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan sebagai bagian dari pola makan seimbang serta gaya hidup aktif, kopi hitam dapat menjadi alat yang berharga dalam mendukung pengelolaan berat badan dan meningkatkan metabolisme yang lebih sehat.

2. Mengatur waktu asupan kopi

2 Tips Minum Kopi Untuk Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lebih Banyak Lemak
Foto: freepik

Waktu konsumsi kopi dapat mempengaruhi dampaknya secara signifikan terhadap metabolisme dan pembakaran lemak. Mengonsumsi kopi di pagi hari, terutama sebelum berolahraga, bisa sangat bermanfaat. 

Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan tingkat energi, sehingga berpotensi meningkatkan kinerja olahraga. Selain itu, dorongan pagi ini dapat merangsang metabolisme sehingga menghasilkan pembakaran kalori yang lebih efisien sepanjang hari.

“Salah satu pendekatannya adalah dengan meminum secangkir kopi hitam sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum berolahraga. Kafein dapat meningkatkan tingkat energi dan kinerja fisik, sehingga berpotensi menghasilkan pembakaran kalori yang lebih efektif selama berolahraga,” kata Sabat.

Namun, penting untuk menghindari kopi sore atau malam hari karena dapat mengganggu pola tidur, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada metabolisme dan upaya penurunan lemak. Jadi, mengatur waktu minum kopi dengan bijak, terutama di pagi hari, bisa menjadi langkah strategis bagi mereka yang ingin mengoptimalkan metabolisme dan potensi pembakaran lemak.

Siap untuk merasakan dua manfaat ini dari kopi, Ladies?

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles