OUR NETWORK

5 Sumber Makanan Terbaik Dikonsumsi Saat Berusia 20-an

5 Sumber Makanan Terbaik Dikonsumsi Saat Berusia 20-an
Foto: delish.com

Seiring bertambahnya umur, makanan yang mampu dikonsumsi tubuh pun berganti. Makanan siap saji yang tidak banyak berdampak pada tubuh saat remaja, akan berbeda jika banyak dikonsumsi saat umur 20-an. Well, jika kamu sekarang tengah berusia 20-an, kamu tentunya sudah menyadari bahwa kamu tidak lagi bisa sembarangan memasukkan makanan ke dalam tubuhmu seperti saat remaja. Untuk mempertahankan kesehatan dan bentuk tubuh, kamu perlu benar-benar memerhatikan makanan apa yang sehat untuk mendukung hal itu. Nah, dilansir dari All Women’s Talk, berikut ini direkomendasikan beberapa makanan yang tak hanya mudah, melainkan bekerja secara efektif pada tubuh 20-anmu, Ladies. Apa saja, ya itu? Yuk, kita simak!

1. Kacang-kacangan

Kacang dari segala jenis, seperti buncis, kacang merah, kacang pinto, kedelai, dan lainnya kaya akan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini akan membantu untuk menurunkan risiko penyakit jantung di masa depan. Kacang yang juga kaya akan serat pun dapat membantu memperlancar program dietmu, loh! Libatkan ia dalam sajian saladmu dan nikmati manfaatnya.

2. Salmon

5 Sumber Makanan Terbaik Dikonsumsi Saat Berusia 20-an
Foto: thespruceeats.com

Tidak banyak remaja yang dapat menyantap salmon, mengingat harga dan akses untuk mendapatkannya yang tidak sembarangan. Hal ini berbeda ketika kamu sudah menginjak umur 20-an, di mana, kamu memiliki pendapatan sendiri dan mengetahui tempat untuk mendapatkannya. Selain harga dan akses, salmon yang kaya akan asam lemak Omega-3 merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk mencegah atau mengobati depresi. Pasalnya, dengan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh ia dapat menstabilkan suasana hatimu. Santap salmon dalam berbagai hidangan, tak terkecuali salad favoritmu.

3. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak dikenal kaya akan protein dan zat besi. Mengingat perempuan berusia 20-an sering kali kekurangan zat besi, asupan sumber makanan yang satu ini dapat membantu memenuhinya. Kekurangan zat besi dapat membuat tubuh lemah, mudah lelah, dan daya konsentrasi berkurang. Dengan memakan daging sapi tanpa lemak, kamu dapat mempertahankan energimu tanpa lemak yang berlebihan. Tentunya ini tepat disantap untuk kamu yang tengah menjalani diet sehat, Ladies.

4. Greek Yoghurt

Menurut para ahli, memperoleh asupan vitamin D dan kalsium yang sempurna sebelum usia 30-an sangat penting untuk membantu memperkuat tulang di masa depan. Mengingat, setelah menginjak usia 30-an, kamu akan mulai kehilangan massa tulang. So, Greek yoghurt dapat membantumu memenuhi kebutuhan itu.

Baca juga: Apa Bedanya Greek Yoghurt dengan Yoghurt Biasa?

5. Quinoa

5 Sumber Makanan Terbaik Dikonsumsi Saat Berusia 20-an
Foto: medicalnews.com

Alihkan pilihanmu dari roti putih atau pasta ke sajian quinoa. Quinoa ialah biji-bijian utuh yang kaya akan serat dibandingkan jenis biji-bijian lainnya, juga mengandung zat besi, serta beragam nutrisi. Super food ini juga mengandung sejumlah protein, karbohidrat yang rendah, dan kaya akan magnesium. Makanan ini sangat bermanfaat untuk kamu di usia 20-an, masa di mana kamu perlu mendetoksifikasi, memproduksi energi, dan membentuk tulang serta gigi yang sehat.

Baca juga: Jajaran Biji-bijian Sehat yang Bisa Dijadikan Konsumsi Harian

Terapkan kelima makanan ini dalam rutinitas dietmu setiap harinya untuk membantu tubuh tetap bugar, mempertahankan dan membantu berat badan ideal, serta mencegah penyakit di masa yang akan datang. Selain memperhatikan asupan utama, kamu juga perlu memperhatikan cemilan apa saja yang masuk dalam tubuhmu. Pilihlah cemilan sehat yang memiliki nutrisi yang tubuhmu butuhkan, agar kesehatan fisik dan mentalmu tetap terjaga. Salam sehat, Ladies!

 

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...