OUR NETWORK

4 Tips Beberes Rumah yang Tidak Perlu Dilakukan Menurut Para Pakar

4 Tips Beberes Rumah yang Tidak Perlu Dilakukan Menurut Para Pakar
Foto: pexels.com

Banyak yang menggunakan momen tahun baru sebagai momen untuk beberes kamar atau rumah setahun sekali. Kamu pun mencari tips and trik beberes rumah paling efektif di internet dan menemukan berbagai macam list yang membahas hal tersebut. 

Namun ada beberapa tips dan solusi beberes yang sebenarnya nggak perlu kamu ikuti menurut ahli organizer Tidy Nest, Shannon Krause. Penasaran apa aja sih tips yang nggak perlu kamu lakukan tersebut? Cek listnya di bawah ini ya!

1. Membeli berbagai lemari baru

Krause mengatakan bahwa salah satu kesalahan terbesar dalam mengorganisir barang yaitu dengan membeli berbagai lemari, laci, keranjang atau wadah-wadah lainnya untuk menyimpan barang. Dirinya mengatakan bahwa hal ini justru dapat berakibat kebalikannya, bukannya makin rapi, rumah kamu bisa jadi lebih berantakan karena ketambahan wadah-wadah tersebut.

4 Tips Beberes Rumah yang Tidak Perlu Dilakukan Menurut Para Pakar
Foto: pexels.com

Oleh karena itu Krause mengatakan bahwa langkah pertama dalam merapikan rumah yakni dengan memilah barang-barang yang kamu miliki dulu. Setelah kamu pilah, kamu pun sudah tau barang mana yang disimpan dan yang tidak. Nah jika kamu sudah tau barang mana yang kamu simpan, kamu bisa membeli deh ukuran tempat yang pas sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Dijamin nggak akan ada lemari atau laci yang terbengkalai dan jadi tumpukan nantinya hehe…

2. Aturan “buang satu, ambil satu”

Pasti kamu pernah mendengar aturan ini, kan? Nyatanya, aturan ini kurang efektif, Ladies. Alasannya karena barang yang kamu punya pada akhirnya tetap segitu-gitu aja, tidak ada perubahan. 

Sebaiknya kamu coba aturan “buang dua, ambil satu.” Menurut Krause aturan ini lebih efektif dan banyak kliennya yang justru membuang lebih dari dua barang dan benar-benar hanya menyimpan yang mereka perlukan saja. Lebih efektif, kan?

Baca juga: Trik Sederhana Menata Isi Lemari Pakaian

3. Menaruh kotak donasi di dalam lemari

4 Tips Beberes Rumah yang Tidak Perlu Dilakukan Menurut Para Pakar
Foto: pexels.com

Krause mengatakan, ide mendonasikan barang yang tidak kamu pakai sangat bagus dilakukan. Namun, permasalahannya adalah letak kotak donasi tersebut. Menaruh kotak donasi di tempat yang mudah terlihat mungkin akan meningkatkan keinginan kamu untuk mengisi kotak tersebut.

Namun, Krause mengatakan banyak kliennya yang justru mengambil kembali barang yang sudah mereka taruh di kotak donasi tersebut. Tentu saja ini tidak efisien, Ladies. Jika kamu ingin mendonasikan barang, bulatkan tekadmu untuk mendonasikan barang tersebut dan segera kirim kotak donasi tadi. Idealnya, kotak donasi tidak boleh disimpan terlalu lama di rumah.

4. Mengganti seluruh peralatan dan bahan di dapur

Jangan impulsif dan langsung mengganti semua benda di dapur kamu. Pilah baik-baik karena waktu kadaluarsa tiap bahan dan alat berbeda-beda. Hanya ganti yang menurut kamu sudah darurat untuk diganti aja. Krause menyarankan dalam hal mengorganisir dapur, sebaiknya dilakukan beberapa kali selama setahun dibandingkan setahun sekali.

Semoga kegiatan mengorganisir rumah kamu makin efektif ya karena ulasan tadi. Happy organizing!

 

 

Sumber: Apartment Therapy

Comments

Loading...