OUR NETWORK

Ujung Rambut Kering dan Bercabang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

Ujung Rambut Kering dan Bercabang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

Selain ketombe, ujung rambut kering dan bercabang adalah salah satu masalah rambut yang paling universal. Seringkali, Ladies bahkan tidak perlu mengecat rambut atau menggunakan heating tools pada rambut untuk mendapatkan masalah rambut yang satu ini. Duh… hidup nggak adil banget ya Ladies ckckck.

Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara yang dapat Ladies lakukan adalah memotong ujung rambut yang bermasalah alias trimming rambut. Usut punya usut, ternyata trimming rambut yang dilakukan secara rutin dapat membantu meminimalkan tampilan ujung rambut kering dan bercabang loh, Ladies. Hal tersebut diungkapkan oleh David Felstead, penata rambut sekaligus direktur Daniel Galvin Hair & Scalp Clinic.

Baca juga: Jaga Kelembapan Rambut Saat Beraktivitas di Pantai dengan Trik Berikut!

Jaga Kelembapan Rambut Saat Beraktivitas di Pantai dengan Trik Berikut!

David yang sudah berkecimpung di dunia bisnis rambut selama lebih dari 35 tahun mengungkapkan berbagai cara yang dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang, antara lain menyikat dan menyisir rambut yang terlalu keras dan agresif. Yup, kegiatan menyisir dan menyikat rambut ternyata dapat menyakiti rambut loh Ladies, terutama apabila Ladies memiliki rambut yang panjang. Selain itu, menyisir rambut yang masih basah pun sangat tidak direkomendasikan. Saat rambut basah, rambut kehilangan elistisitasnya sehingga mudah patah saat diberi gerakan ke bawah. Apabila Ladies terpaksa harus menyisir rambut yang masih basah, gunakan sisir seperti Tangle Teezer atau Wet Brush.

Tangle Teezer

Ujung Rambut Kering dan Bercabang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!
Foto: bestbeautybuy.co.za

Wet Brush

Ujung Rambut Kering dan Bercabang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!
Foto: mygoods.co

David pun menyarankan untuk menyisir bagian bawah rambut terlebih dahulu, kemudian secara bertahan barulah sisir bagian tengah dan atas rambut untuk menghindari rambut kusut. Pastikan Ladies menyisirnya dengan amat sangat lembut sekali dan jangan tergoda untuk menyisir sambil menarik rambut.

Pewarnaan rambut atau pelibatan proses kimia terhadap rambut, panas dari alat styling rambut, dan bahkan faktor faktor lingkungan seperti sinar UV adalah beberapa hal yang sangat mungkin membuat rambut menjadi lemah dan rentan rusak. Kelemahan dan kerentanan rambut tersebutlah yang menyebabkan ujung rambut menjadi kehilangan elistisitasnya dan mudah terbelah. Lalu, apakah Ladies harus menghindari pewarnaan rambut, penggunaan heating tools, dan sinar matahari agar rambut tetap sehat paripurna? Tentu tidak dong. Justru, David menyarankan para Ladies untuk mencari produk dan teknik yang membantu mengatasi masalah tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Ladies untuk menemukan salon yang memiliki staf profesional yang dapat membantu memberi saran pada Ladies.

Apabila Ladies tidak bisa mendapatkan bantuan dari profesional saat ini, David membantu membocorkan beberapa tahapan yang dapat Ladies lakukan untuk mengatasi rambut bercabang dan kering.

  1. Tidak ada produk yang dapat mengatasi atau mengobati rambut bercabang. Produk hanya mampu mencegah rambut bercabang tersebut terjadi. Yup, mencegah lebih baik daripada mengobati Ladies.
  2. Selalu gunakan kondisioner dan masker rambut agar rambut tetap terjaga kelembapannya.
  3. Jika Ladies terpaksa harus mewarnai rambut, investasikan dana dan usaha ekstra untuk perawatan rambut berwarna. Memang sih lebih mahal daripada produk rambut biasa, tetapi demi kesehatan rambut, Ladies harus siap berkorban.
  4. Trimming rambut secara rutin untuk mencegah munculnya rambut bercabang.

Baca juga: Makanan Ini Bikin Rambut Kuat dan Cepat Panjang

Makanan Ini Bikin Rambut Kuat dan Cepat Panjang

Tips-tips di atas cukup mudah dilakukan ya Ladies. Bagaimana, siap bebas dari rambut bercabang dan kering, Ladies? 💁

Sumber: Refinery29, Foto cover: guyslonghair.com

Comments

Loading...