OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tren TikTok Lagi, Glycolic Acid Sebagai Deodorant?

Ada berbagai cara untuk menghilangkan bau badan yang dilakukan orang-orang. Mulai dari sabun deodorant sampai suntik botox di ketiak. Salah satu tren baru di tiktok berhubungan dengan cara menghilangkan bau badan juga nih, Ladies. Yup, menggunakan glycolic acid sebagai deodorant. Yuk, kita simak ulasannya ya!

Glycolic acid sebagai deodorant

Tren Tiktok Lagi, Glycolic Acid Sebagai Deodorant?
Foto: tiktok.com

Tren ini dimulai oleh Tik Tok influencer @4complexion yang mengaplikasikan toner miliknya, The Ordinary’s Glycolic Acid 7% Toning Solution sebagai DIY deodorant. Glycolic acid adalah alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat masuk ke lapisan kulit lebih dalam dan mengeksfoliasi kulit. 

Kemampuannya untuk mencerahkan, menghaluskan kerutan dan menurunkan perbedaan warna kulit membuat glycolic acid banyak dipakai di produk cleansers, facial peels, dan toner sejak tahun 90an. 

Tren Tiktok Lagi, Glycolic Acid Sebagai Deodorant?
Foto: tiktok.com

Jadi apakah glycolic acid dapat menjadi deodorant? Sayangnya glycolic acid tidak mencegah kamu berkeringat ataupun menghilangkan bau badan kamu, Ladies. Berbeda dengan produk antiperspirant yang dapat memblokir kelenjar keringat. Glycolic acid bisa mengurangi bau badan dengan mekanisme lain. 

Glycolic acid dapat membuat pH kulit lebih asam dan meningkatkan kecepatan regenerasi sel. pH ini juga tidak cocok untuk bakteri penyebab bau berkembang biak. Jadi saat kamu menggunakan glycolic acid pada ketiak, ketiak kamu akan lebih cerah, bulu ketiak tumbuh lebih sempurna, dan hiperpigmentasi berkurang. Namun glycolic acid tidak bisa menghilangkan bau badan sepenuhnya. 

Baca juga: Deodorant Rasa Pumpkin Spice Latte. Why Not?

Perhatikan hal berikut sebelum mencoba

Tren Tiktok Lagi, Glycolic Acid Sebagai Deodorant?
Foto: unsplash.com

Kamu perlu tahu bahwa bagian ketiak tergolong kulit sensitif. Kulit pada bagian tersebut lebih tipis dibanding daerah lain sehingga rawan iritasi jika diaplikasikan glycolic acid yang cenderung asam. Gejala seperti gatal, merah, atau sensasi panas terbakar dapat terjadi jika kamu tidak hati-hati saat memakainya. Terlebih jika kamu habis mencukur atau melakukan treatment laser di bagian ketiak, kulit bagian tersebut akan lebih sensitif lagi, Ladies.

Jika kamu ingin melakukan trend glycolic acid ini, kamu lebih baik menggunakan deodorant yang mengandung glycolic acid ketimbang menggunakan produk skincare dengan bahan utama glycolic acid. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan manfaat glycolic acid dan tetap no smelly smelly all day, Ladies!

Sumber: Bustle

Must Read

Related Articles