OUR NETWORK

Tips Untuk Pelari Pemula

Tips Untuk Pelari Pemula
Foto: unsplash.com

Olahraga adalah kegiatan yang tidak hanya butuh waktu, tenaga, tapi juga dedikasi. Berbagai jenis olahraga baru bermunculan, tapi olahraga lari atau jogging terbukti sebagai yang paling sederhana dan murah. Tidak perlu alat khusus, cukup kenakan kaos, celana training, serta sepatu lari dan kamu bisa berlari keliling komplek perumahanmu. Ladies pernah mencoba untuk rutin lari pagi? Bagi yang sudah terbiasa mungkin tidak bermasalah dengan berolahraga tapi bagi para pemula, memulai untuk olahraga butuh persiapan khusus serta motivasi tersendiri.

Baca juga: Cuaca Panas? Ini Tips Berolahraga di Luar Ruangan

Nah, bagi kalian para newbie yang ingin mencoba rutin olahraga lari, bisa cek dulu nih tips yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu-kamu semua. Yuk, disimak, Ladies!

1. Tentukan alasan kamu berolahraga lari

Pernah dituntut untuk lari di stasiun karena hampir ketinggalan kereta? Padahal hampir sedikit lagi masuk tapi karena kamu butuh waktu mengambil napas, akhirnya kereta pun lewat begitu saja di depan matamu. Kamu pun berpikir “Aku seharusnya lebih bugar dari ini dan hal ini tidak akan terjadi.” Alasan seperti itu bisa jadi contoh motivasi kamu untuk memulai olahraga lari. Jadi saat kamu butuh berlari (entah untuk mengejar kereta, bus, atau tukang mie ayam kesukaanmu), kamu sudah siap untuk melesat maju!

2. Cari rekan berlari

Tips Untuk Pelari Pemula
Foto: unsplash.com

Punya partner selalu membantu, entah dalam pekerjaan maupun dalam hal olahraga. Kalian bisa saling bertukar selfie keringetan kalian (ew) dan saling jumawa tentang jalur yang berhasil kalian tempuh hari ini. Hihihi…

3. Jangan terlalu serius!

Jadikan momen berlari kalian sebagai hal yang menyenangkan. Jangan terlalu serius seolah dunia akan berakhir jika Ladies tidak berhasil mencapai target jarak tempuh larimu. Berhenti berpikir “Kapan ini berakhir?” dan mulailah menikmati langkahmu dengan membaca memes lucu atau mengingat lelucon receh dari twitter. Berlari dengan situasi hati yang senang membuat kamu lebih mudah untuk rutin berlari.

4. Dengarkan playlist yang kamu suka sambil berlari

Tips Untuk Pelari Pemula
Foto: unsplash.com

Yup, selain lelucon-lelucon garing, putar juga playlist yang bikin mood kamu happy ya, Ladies. Selain itu, playlist musik kamu bisa juga sebagai pengingat seberapa lama kamu sudah berlari. Membuat playlist khusus juga menghindari kamu membuang waktu untuk skip lagu-lagu yang tidak ingin kamu dengar.

5. Rencanakan rute lari milikmu

Merencanakan rute itu penting lho, Ladies. Jika kamu tidak melakukannya, resiko kamu tersesat, lewat jalan-jalan rusak ataupun terhalang anak-anak TK yang sedang karya wisata bisa mengganggu kesenangan berlarimu. Jadi, jangan lupa direncanakan ya.

6. Persiapkan peralatan dan pakaian yang kamu butuhkan

Tips Untuk Pelari Pemula
Foto: unsplash.com

Pakaian yang tidak nyaman dipakai ataupun earphone yang gak pas di telinga bisa jadi pengalih perhatian yang cukup menggangu. Pastikan dirimu sudah siap dan nyaman sebelum mulai berlari.

7. Setiap kemajuan kecil itu berharga, rayakanlah!

Kamu berhasil menambah rute larimu dari 750 meter menjadi 800 meter. Pertambahan 50 meter itu penting lho. Berikan apresiasi pada dirimu yang berhasil menambah lintasan lari. Untuk memulai lari saja sudah merupakan prestasi, apalagi jika Ladies berhasil menambah jarak lari, kamu luar biasa! Jadi, nggak usah terlalu memusingkan ‘prestasi’ orang lain, fokus dan apresiasi dulu pada pencapaianmu, Ladies! Yang penting kan sehat dan bugar. Soal jarak yang berhasil kamu tempuh itu urusan kedua dan bisa kamu tambah nanti.

Baca juga: Ini Jumlah Asupan Protein yang Ideal Setelah Berolahraga Menurut Para Ahli

Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu yang baru mau mulai berlari. Semangat, Ladies!

Sumber: Self

Comments

Loading...