OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Sederhana Merawat Bibir yang Terkena Sunburn

Ladies, sunburn gak cuma bisa dialami sama kulit di area tubuh, loh, tapi juga pada bibir kita. Bahkan, area ini lebih rentan terhadap sunburn. Ini karena area ini memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Lapisan melanin yang membantu memberikan perlindungan alami dari sinar UV pada bibir juga cenderung sangat sedikit.

Uniknya, area bibir bawah dan atas, memiliki tingkat kerentanan terhadap sinar UV yang berbeda, loh! Area bawah lebih rentan terhadap kerusakan dari sinar matahari, dibandingkan area atas. Menurut Dokter Kulit di Philadelphia, Nazanin Saedi, ini karena hidung menawarkan perlindungan dari paparan sinar matahari pada bibir atas.

Nah, untuk tahu apakah bibir Ladies mengalami sunburn atau tidak, ada beberapa tanda yang bisa kamu amati, nih. Biasanya tanda-tanda ini muncul sekitar dua hingga lima jam setelah paparan sinar matahari yang ekstensif.

Pada tahap ringan, bibirmu akan mengalami kekeringan, iritasi, dan kemarahan.

Sedangkan, pada tahap yang sedang hingga serius, bibirmu akan terasa panas, melepuh, pendarahan, nyeri, dan sensitivitas yang ekstra. Gejala-gejala ini akan terasa setidaknya selama tiga sampai lima hari. Biasanya, pada masa penyembuhan, kulit mati pada bibir akan mengelupas dan proses ini akan terasa sedikit gatal.

Tips Sederhana Merawat Bibir yang Terkena Sunburn
Sumber: fashionista.com

Tapi, ini hanyalah gejala yang muncul sebagai konsekuensi langsung, Ladies. Sunburn, di sisi lain, juga bisa memberikan konsekuensi lanjutan di kemudian hari. Dalam hal ini, panas dan stres yang dialami kulit dari sunburn, bisa berkembang menjadi luka dingin. Luka dingin ini tidak sama dengan kulit melepuh yang disebutkan sebelumnya. Menurut Saedi, luka dingin ini biasanya muncul berkelompok dan terasa menyakitkan.

Selain itu, sunburn juga dapat menyebabkan perubahan warna bibir yang berkepanjangan dalam bentuk hiperpigmentasi. Lalu, kabar terburuknya, ini juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit, sebagaimana pada bagian tubuh lainnya.

Untuk mengatasinya, pertama-tama, Ladies perlu mengamati, sunburn tahap apa yang kamu alami.

Jika kondisimu ada dalam tahap ringan, Ladies bisa menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan dan menurunkan panas pada bibir. Gunakan trik ini sambil mengonsumsi obat antiinflamasi, seperti Advil, untuk membantu meredakan nyeri ringan.

Ladies juga bisa mengoleskan aloe vera untuk membantu meredakan iritasi. Tapi, sebelumnya, dinginkan bibir terlebih dahulu ya, agar manfaat menenangkan dari aloe vera bisa bekerja secara maksimal. Di samping itu, di tahap ini, bahan petroleum perlu dihindari, ya. Pasalnya, bahan ini bakal mempertahankan rasa panas, memperpanjang sunburn, dan meningkatkan rasa sakit dari gejala-gejala yang muncul.

Baca juga: Terkena Sunburn? Jangan Panik, Ini 10 Langkah Mengatasinya

Well, kalau kata orang lebih baik mencegah daripada mengobati, dan yes, kabar baiknya, sunburn ini bisa dicegah, Ladies. Salah satu caranya ialah dengan rutin mengoleskan SPF pada bibir. Kamu bisa menggunakan sunscreen biasa pada bibir, atau lip balm dengan kandungan SPF 30 atau lebih tinggi. Gunakan setidaknya 15 menit sebelum pergi ke luar dan aplikasikan kembali setelah melakukan aktivitas yang dapat menghapusnya, seperti berenang, berkeringat, atau makan dan minum.

Akan tetapi, bila kamu sudah mencoba melakukan sejumlah hal ini dan lukamu tidak kunjung sembuh, segera berkonsultasi dengan dokter kulit, ya Ladies. Tentunya untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat secepat mungkin.

 

Sumber: Allure

Must Read

Related Articles