OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Sunburn

Sunburn atau kulit terbakar matahari adalah salah satu kondisi yang sering diabaikan oleh masyarakat, padahal kondisi ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit loh, Ladies. Sunburn disebabkan oleh tinggi dan lamanya paparan sinar ultraviolet hingga muncul rasa sakit yang terbakar pada kulit. Selain meningkatkan risiko kanker, sunburn juga dapat mempercepat penuaan dini kulit. 

Satu-satunya cara paling efektif untuk mencegahnya adalah dengan menghindari sengatan matahari sebisa mungkin, bahkan seringkali sunscreen pun tidak banyak membantu apabila kamu terpapar sinar matahari terik di waktu yang lama, Ladies. Meskipun membutuhkan waktu berhari-hari untuk sembuh, beberapa pengobatan rumahan yang sederhana mungkin dapat membantumu mengatasi sunburn lebih cepat. 

Gejala sunburn, pengobatan dan apa yang harus dihindari

Sunburn tingkat pertama adalah jenis yang paling umum, dan biasanya memiliki gejala ringan seperti kemerahan atau nyeri pada kulit, menurut Dr. Lucy Chen, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology. Sunburn tingkat dua akan mengubah kulit menjadi lebih merah dan mungkin menyebabkan pembengkakan dan kulit melepuh. Chen mengatakan kepada CNET: “Jenis sunburn ini bisa sangat tidak nyaman.”

Dr. Rebecca Baxt, dokter kulit bersertifikat dengan American Academy of Dermatology, menawarkan beberapa saran untuk perawatan rumahan dari sunburn tingkat pertama. Menurut Rebecca, kamu bisa melakukan kompres dingin, gel lidah buaya dan krim atau salep hidrokortison yang dijual bebas.

Baca juga: Terkena Sunburn? Jangan Panik, Ini 10 Langkah Mengatasinya

Chen mengatakan obat alami yang “tidak biasa namun efektif” untuk kulit terbakar adalah dengan mencampur oatmeal, susu dan madu dan mengoleskannya ke area yang terbakar.

“Dengan luka bakar tingkat dua, ada kemungkinan Anda ingin mencari perhatian medis,” tulis Chen. “Seperti sunburn pertama, rendam area yang terbakar sinar matahari dalam air dingin selama sekitar 15 menit. Jika kulit melepuh, sebaiknya oleskan krim antibakteri untuk mencegah infeksi.”

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Sunburn
Foto: healthline

Menurut AAD, jika sunburn yang Ladies alami cukup parah hingga membuatnya melepuh, Ladies harus membiarkannya sembuh tanpa tersentuh. Jika lepuhannya menutupi area yang luas, atau jika Ladies merasa kedinginan, sakit kepala, atau demam, segeralah mencari perawatan medis, kata Academy. Ini juga mencatat bahwa Anda harus menghindari penggunaan produk yang diakhiri dengan “-caine”, seperti benzocaine.

Perawatan tambahan untuk sengatan matahari termasuk minum banyak air (rehidrasi karena sengatan matahari menarik cairan ke permukaan kulit), pelembap dan minum aspirin atau ibuprofen jika diperlukan untuk pembengkakan dan ketidaknyamanan, menurut AAD.

Untuk orang dengan warna kulit lebih gelap, risiko terbakar sinar matahari lebih kecil karena melanin pelindung yang dimiliki kulit mereka.

“Sunburns yang terjadi di kulit berwarna terang akan terlihat berwarna merah,” kata Baxt. “Kulit warna merah menunjukkan peradangan, dan kulit Anda merekrut sel untuk mencoba memperbaiki kerusakan.” Meskipun lebih “tidak biasa” bagi seseorang dengan kulit lebih gelap untuk mendapatkan sengatan matahari, kata Baxt, itu tetap mungkin terjadi tetapi lebih sulit untuk dilihat. Jika Ladies memiliki kulit yang lebih gelap dan gejala kulit terbakar lainnya seperti nyeri saat ditekan atau pengelupasan kulit, Ladies dapat menggunakan pengobatan rumahan yang sama.

Baxt mengatakan pencegahan adalah kunci dalam hal kulit terbakar. “Cara Anda mencegahnya adalah dengan menggunakan tabir surya secara tepat dan mencari area teduh, serta mengenakan pakaian pelindung,” kata Baxt. “Semuanya dalam pencegahan. Begitu Anda mendapatkan luka bakar, Anda harus segera menyembuhkannya.”

 

Sumber: cnet.com

Must Read

Related Articles