OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Shadow Rule, Cara Mengetahui Seberapa Besar Kerusakan Kulit Karena Matahari

Bumi berputar di porosnya. Masih ingat dengan pelajaran sekolah dasar ini, Ladies? Karena perputaran bumi juga letak cahaya matahari berubah-ubah setiap waktunya. Karena itu bagi kamu yang ingin menjaga kulit dari sinar matahari, kamu perlu memperhatikan waktu kamu di luar ruangan. Salah satu cara termudah untuk mengetahui tingkat kerusakan kulit kamu akibat matahari yaitu dengan memakai shadow rule yang cukup mudah. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Ladies!

Apa itu shadow rule?

Shadow Rule, Cara Mengetahui Seberapa Besar Kerusakan Kulit Karena Matahari
Foto: tiktok.com

Kamu mungkin sadar bahwa pada jam-jam tertentu, bayangan kamu lebih pendek dari waktu lainnya. Menurut Andrea Suarez, dermatologist Houston, saat bayangan kamu lebih pendek dari tinggi aslimu, berarti paparan sinar UV sedang tinggi. Jika bayangan kamu lebih tinggi dari tinggi aslimu, berarti paparan sinar UV randah. Cukup simpel dan mudah diingat ya, Ladies.

Semakin tinggi terkena paparan sinar UV, tentu semakin banyak nih resiko kerusakan kulit yang terjadi. Jadi jika ingin pergi keluar, lebih baik kamu lakukan saat bayangan kamu lebih panjang atau di pagi dan sore hari. Karena itu menurut Ivy Lee, dermatologist Pasadena mengatakan untuk menghindari matahari siang, terutama dari jam 10 pagi hingga 4 sore.

Shadow Rule, Cara Mengetahui Seberapa Besar Kerusakan Kulit Karena Matahari
Foto: tiktok.com

Jika kamu berada di luar ruangan di jam-jam tersebut, pastikan kamu menggunakan pelindung sunscreen setiap 2 jam sekali agar kulit kamu terlindung dari sinar UV. Gunakan juga pakaian UPF (Ultraviolet Protection Factor) yang dapat melindungi sinar matahari. Alasannya? Karena walaupun kamu tidak terkena matahari langsung, kulit kamu masih bisa rusak karena sinar matahari. 

Tanning atau berjemur di bawah sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan kulit karena itu kamu mesti berhati-hati, Ladies. Entah kamu sedang di liburan di pantai atau sedang kerja di luar ruangan, sinar matahari dapat merusak kulit kamu. 

Kerusakan karena oksidasi sinar matahari juga dapat menumpuk seiring berjalannya waktu. Karena itu gejala penuaan dini seperti keriput dan flek hitam dapat banyak terjadi jika kamu sering terkena sinar matahari. Karena itu jaga kulit kamu selalu ya, Ladies!

 

Sumber: Well and Good

Must Read

Related Articles