OUR NETWORK

Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Dermatographia

Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Dermatographia
Foto: plexusmd.com

Bila kamu memiliki tipe kulit yang cenderung kering atau sensitif, rasa gatal maupun kemunculan garis yang tidak cepat hilang pada kulit mungkin sudah bukan hal yang aneh. Tapi, tidak berarti kamu boleh lengah, Ladies. Di tengah terus melakukan perawatan, sebaiknya terus perhatikan kondisi kulitmu, tak terkecuali kamu yang memiliki kondisi kulit normal. Jika, tiba-tiba kulitmu tiba-tiba memperlihatkan bintik-bintik merah sekaligus gatal dan saat kamu garuk atau mendapat tekanan sedikit, muncul garis yang tidak cepat hilang, apalagi ketika kamu berkeringat, kamu perlu memperhatikannya lebih lanjut, Ladies. Pastikan apakah ini gangguan kulit biasa ataukah dermatographia?

Dermatographia yang seringkali dikenal sebagai “skin writing” merupakan salah satu bentuk dari kelainan kulit dengan gejala gatal-gatal yang perlu diwaspadai. Sebutannya ini sendiri, menurut Dokter kulit di New York, Kenneth Howe, diperoleh berdasarkan gejala yang terlihat pada kulit pasien. Pasien biasanya bisa menggaruk dan menulis kata-kata di atas kulitnya sendiri. “Tekanan dan gesekan pada kuku yang melintasi kulit menyebabkan kemerahan dan menciptakan bentuk garis yang menonjol,” ungkapnya.

Sayangnya, hingga saat ini para ahli masih belum menemukan penyebab utama dari dermatographia.

Meski begitu, dari pengamatan terhadap pasien-pasien yang menderita kelainan kulit ini, para ahli meyakini bahwa kelainan ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti infeksi, gangguan emosional, atau obat-obatan seperti penicillin. “Gangguan ini cukup umum dan terjadi pada sekitar dua hingga lima persen populasi,” jelas Howe.

Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Dermatographia
Foto: womenhealthmag.com

Bagi pasien yang menderita dermatographia ringan, kebanyakan tidak memerlukan pengobatan khusus. Sementara, bagi pasien dengan dermatographia parah, para ahli menyarankan untuk menggunakan antihistamin seperti Zyrtec atau Claritin. Tapi, tidak berarti, penderita dermatographia ringan tidak dapat melakukan apa-apa untuk mengurangi kelainan kulitnya. Ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk setidaknya mengurangi kemunculan dermatographia ini, agar kamu yang menderita kelainan ini tetap bisa beraktivitas sepanjang hari tanpa terganggu hal ini, Ladies.

Well, hal pertama dan penting yang perlu kamu ingat adalah perawatan ini membutuhkan kedisiplinan diri, di mana, kamu perlu rutin melakukan perawatan pagi dan malam. Kemudian, untuk produk perawatan kulit, pilihlah kandungan yang lembut dan ramah pada kulit sensitif. Meski produk tipe ini bekerja lebih lambat daripada produk dengan bahan yang sangat aktif, namun, ia lebih aman untuk kulitmu yang sensitif.

Perawatan dimulai dari mencuci wajah, gunakanlah produk pembersih yang memiliki pH seimbang. Apabila kamu memiliki kulit dengan kecenderungan acne-prone, produk ini tidak hanya mencegah munculnya jerawat, tetapi juga sangat lembut pada kulitmu.

Setelah itu, gunakan toner yang menghidrasi kulit, untuk mengembalikan pH kulitmu seperti semula sebelum menerima produk perawatan lainnya. Bila kamu memiliki mata lelah akibat aktivitasmu yang cukup berat di hari sebelumnya, para ahli sangat menyarankanmu untuk menggunakan masker mata yang menghidrasi. Salah satu yang direkomendasikan ialah RE9 Advanced Prepwork Gel Eye Masks dari Arbonne. Masker jeli emas ini sangat menghidrasi kulit dan bekerja dengan cepat melembutkan garis di sekitar mata yang bengkak dan membuat kulit tampak segar serta bercahaya.

Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Dermatographia
Foto: allure.com

Perawatan dilanjutkan dengan menggunakan pelembap. Bila kamu belum menemukan pelembap yang cocok, kamu bisa mencoba Derma E Vitamin C Renewing Moisturizer. Dengan kemampuannya yang cukup tinggi dalam melembapkan, ia tetap terasa ringan saat diaplikasikan dan tidak membuat kulit wajah menjadi berminyak ketika dikenakan di bawah makeup.

Voila, setelah pengaplikasian pelembap, rutinitas perawatan pagimu selesai. Mengingat kamu akan beraktivitas sepanjang hari, kulitmu juga sedikit demi sedikit akan semakin lelah yang berarti kesehatan kulit juga menurun. Untuk itu, penting melakukan rutinitas perawatan kulit malam demi meningkatkan kembali kesehatan kulit dan menjaga kulit tetap segar.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Redakan Gatal di Kulit

Sebagaimana yang telah diketahui, pada malam hari, kulit juga merawat dirinya sendiri dari dalam, sehingga, rutinitas perawatan kulit pada malam hari cenderung lebih simple, Ladies. Sebelum mengaplikasikan produk night care, hapus makeup-mu dengan menggunakan produk pembersih yang mampu meminimalisir gesekan, ya Ladies. Salah satunya, kamu bisa menggunakan MakeUp Eraser cloth yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan wajah sekaligus meminimalisir produk pembersih lain.

Dilanjutkan dengan menggunakan toner berbahan lembut salicylic acid dari white willow bark dan organic roses seperti yang ada pada Concentrated Skin Clarifying Toner dari Suki untuk menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan. Untuk pemilik tipe kulit acne-prone atau yang tengah memiliki jerawat, toner ini cukup membantu mengurangi jerawat kamu, loh!

Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Dermatographia
Foto: lorealparisusa.com

Setelah itu gunakan serum atau minyak yang mengandung bahan kaya akan antioksidan.

Seperti yang terkandung dalam Phyto Active Rosehip Oil Blend dari Inika Organic. Paduan kandungan minyak rosehip, hemp oil, dan aniseed myrtle yang kaya antioksidan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan menutrisi serta memperbaiki kulit kering.

Selain perawatan rutin sehari-hari, lakukan juga perawatan khusus setiap dua minggu sekali sambil menikmati me time-mu. Manjakan diri dengan secangkir lavender earl grey tea sambil menyalakan aromatic candles, dan mengenakan face mask. Pada bagian masker, pilihlah sheet mask atau clay mask yang memiliki fungsi untuk memulihkan dan menyeimbangkan kulit sekaligus mengurangi kemerahan. Selain aman bagi kulit sensitifmu karena tidak memerlukan gosokan ketika membersihkannya, kedua jenis masker ini juga memberikan hasil akhir lembut, halus, dan segar pada kulit.

Dari ulasan di atas, dapat dikatakan, ada dua kunci penting buat para pemilik dermatographia dalam melakukan perawatan kulit. Diantaranya, menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengelola emotional stress. Bila kamu dapat mengaplikasikan keduanya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi, Ladies. So, semangat, ya!

 

 

Sumber: Hello Giggles

Comments

Loading...