OUR NETWORK

Tips Agar Kamu BAB Rutin di Pagi Hari

Tips Agar Kamu BAB Rutin di Pagi Hari
Foto: pexels.com

Pencernaan yang sehat itu penting, Ladies. Kalau pencernaan terganggu atau buang air nggak lancar, tentunya kamu akan merasa nggak nyaman. Dan kalau sering terjadi, dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatanmu. Sedang mencari cara supaya bisa BAB (buang air besar) rutin di pagi hari? Coba lakukan beberapa tips and trik berikut ini.

Baca juga: Berpuasa Meningkatkan Metabolisme dan Melawan Penuaan

1. Makan makanan berserat tinggi

Makanan dengan kadar serat dan air tinggi sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Cara kerjanya yaitu serat akan membuat keluaran lebih dapat dan mudah dikeluarkan. Beberapa jenis makanan tersebut yaitu oat, serealia, buah dan sayur berserat, beras dan biji-bijian.

2. Atau, minum suplemen serat

Kamu juga bisa mendapat efek yang sama dari konsumsi makanan berserat dengan mengonsumsi suplemen serat. Sekitar 6 sampai 9 gram per hari yang bisa kamu beli di apotek. Beberapa suplemen serat diantaranya calcium polycarvophil (FiberCon), psyllium (Metamucil, Konsyl), dan methylcellulose (Citrucel). Tapi kamu tetap harus makan makanan berserat, Ladies. Jangan tergantung pada suplemen saja.

3. Minum kopi atau teh hangat

Secara umum, minuman hangat membantu melancarkan pencernaan. Jadi, konsumsi kopi atau teh hangat di pagi hari bisa membantu BAB kamu lebih rutin. Kopi lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung kafein yang menstimulasi pergerakan usus.

4. Olahraga ringan

Berolahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh, secara otomatis meningkatkan pergerakan usus. Cobalah untuk rutin berolahraga agar metabolisme lebih lancar dan membantu pergerakan usus kamu.

5. Konsumsi obat laksatif

Jika memang diperlukan, kamu bisa membeli obat laksatif di apotek untuk melancarkan BAB kamu seperti MiraLAX. Pada dosis rendah, obat laksatif membantu meringankan konstipasi sedangkan pada dosis tinggi dapat menyebabkan diare. Jadi, hati-hati dalam mengonsumsinya ya, Ladies.

Tips Agar Kamu BAB Rutin di Pagi Hari
Foto: pexels.com

6. Lakukan squat di toilet saat akan BAB

Posisi squat atau jongkok lebih direkomendasikan ketika sedang BAB karena memudahkan feses keluar.

Tips Agar Kamu BAB Rutin di Pagi Hari
Foto: pexels.com

7. Pijat perut searah jarum jam

Memijat daerah perut memutari pusar searah jarum jam mampu meringankan konstipasi.

8. Minum air putih rutin

Salah satu penyebab utama dari susah BAB adalah kurangnya konsumsi minum air putih. Jaga agar konsumsi air harian kamu terpenuhi, sekitar 1 ons air untuk setiap 1 kg berat tubuh.

Jadi, udah siap mencoba tips-tips ini demi rutinitas BAB yang lebih lancar, Ladies?

 

Sumber: Women’s Health Mag, Healthline

Comments

Loading...