OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu

Tipe-tipe kulit wajah berbeda setiap orang seperti kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Saat ini masyarakat mulai sadar tentang pentingnya dalam merawat wajah yaitu dari mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, menghilangkan jerawat dan lain sebagainya. Bahkan saat ini produk perawatan bagi wajah sedang merajalela.

Untuk itu kita perlu mengetahui jenis kulit wajah kita agar mempermudah dalam merawatnya sehingga membuat kulit kita menjadi lebih sehat. Yuk, kenali tipe-tipe kulit wajah kita!

1. Kulit normal

Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu
Foto: pexels

Kulit ini merupakan tipe yang memiliki keseimbangan kulit yang baik. Hal ini dapat diketahui dengan kulit yang tidak  terlalu kering ataupun berminyak. Tipe ini termasuk yang cukup mudah loh untuk dirawat. Namun, bukan berarti kita terlalu menyepelekan dalam merawatnya. Kelebihan dari kulit ini yaitu memiliki kelembapan yang cukup, sehingga kulit kita tidak mudah teriritasi dari produk wajah yang selama ini kita gunakan. 

Untuk perawatan bagi kamu yang memiliki tipe kulit ini, tetap membutuhkan produk hydrating agar kulit tetap terhidrasi dan jangan melewatkan pemakaian sunscreen untuk menjaga kulit kamu dari paparan sinar uv. Selain itu, membersihkan wajah secara teratur dan memberikan vitamin c pada wajah agar kulit kita tetap sehat ya Ladies.

2. Kulit berminyak

Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu
Foto: istockphoto

Tipe ini memiliki aktivitas kelenjar sebaceous yang merupakan penghasil minyak berlebih di wajah. Selain itu, kulit ini juga memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga rentan terhadap munculnya jerawat. Biasanya pemilik tipe kulit ini dipengaruhi oleh hormon, genetik, dan iklim yang membuat kelebihan produksi minyak pada wajah.

Dalam perawatannya diutamakan untuk memilih jenis produk yang berbahan dasar air dibanding minyak. Menggunakan facial wash yang dapat menyerap minyak, memakai pelembap serta vitamin yang dapat mengurangi penumpukan minyak di wajah. Bagi kamu pemilik tipe kulit ini jangan terlalu sering memegang wajah ya, Ladies, agar terhindar dari timbulnya jerawat.

3. Kulit kering

Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu
Foto: unsplash

Kurangnya minyak di wajah membuat kulit kita terasa lebih kering. Penyebab dari keringnya kulit ini biasa dikarenakan faktor genetik atau perubahan musim. Tipe kulit ini akan lebih terlihat seperti ada binti-bintik putih dan sering mengelupas. Untuk itu kulit ini lebih membutuhkan kelembapan ekstra untuk menghindari terkelupasnya kulit.

Perwatan yang sesuai dengan jenis kulit ini adalah memakai pelembap agar kulit selalu terhidrasi, memakai bahan yang mengandung emolien seperti minyak zaitun, minyak kelapa, lanolin, cocoa butter, dan sebagainya yang dapat menambah minyak di kulit dan menghindari mandi menggunakan air panas yang dapat mengurangi minyak alami di kulit kamu ya, Ladies.

4. Kulit kombinasi

Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu
Foto: istockphoto

Kulit kombinasi ini memiliki area T zone yang lebih berminyak sedangkan di bagian pipi lebih kering. Tipe kulit ini biasanya dipengaruhi oleh cuaca dan faktor genetik yang membuat keseimbangan kulit kamu terganggu. 

Dalam perawatannya bagi kamu dengan jenis kulit ini lebih diutamakan dalam menggunakan toner untuk bagian T zone kamu dan pembersih yang berbasis air ya Ladies, agar tidak membuat kulit kita menghasilkan lebih banyak minyak dan juga menggunakan produk yang dapat mengecilkan pori-pori. Selain itu, kamu juga wajib untuk memakai pelembab dan vitamin untuk menyeimbangkan kulit kamu.

5. Kulit sensitif

Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu
Foto: istockphoto

Kamu yang memiliki jenis kulit ini disarankan untuk lebih mencari tahu sebab dari sensitifnya kulit kamu yaitu seperti cuaca, makanan, dan kepekaan terhadap produk perawatan wajah. Akibatnya jenis kulit ini dapat mengalami kemerahan pada kulit dan iritasi yang mengharuskan kamu untuk lebih memperhatikan dalam perawatannya.

Bagi kamu dengan tipe kulit ini disarankan untuk mengkonsultasikan kepada dokter mengenai produk yang tepat. Kamu juga dapat memilih facial wash yang alami atau lebih ringan dan tidak mengandung parfum dan paraben. Selain itu, mengonsumsi vitamin dan menggunakan moisturizer juga disarankan untuk melembapkan dan menjaga kulit kamu tidak mudah teriritasi dari cuaca yang ekstrem.

Ditulis oleh Refani Dwi Wahyu Aji Caraka 

 

Sumber: bebeautiful

Must Read

Related Articles