OUR NETWORK

Tertawalah! Karena Tertawa Sangat Baik Untuk Kesehatan

Tertawalah! Karena Tertawa Sangat Baik Untuk Kesehatan
Foto: npr.org

Ladies, seberapa berat pun masalah yang sedang kamu alami, jangan lupa untuk selalu tertawa, yes? Karena tertawa itu memberi banyak manfaat loh. Mulai dari kesehatan mental, fisik, dan juga kesehatan jantung.

Tertawalah! Karena Tertawa Sangat Baik Untuk Kesehatan
Foto: communityreachcenter.org

Kesehatan mental

Meskipun mungkin kamu nggak bisa menertawakan depresi yang sedang kamu alami, tapi pada satu momen, sense of humor kamu pasti tetap aktif untuk menertawakan hal-hal lucu yang secara mendadak terjadi. Menurut penelitian, orang yang menggunakan humornya untuk melawan stres membuatnya merasa kurang kesepian dan menjadikannya lebih positif terhadap dirinya sendiri. Satu studi baru-baru ini pun menemukan bahwa terapi humor sama efektifnya dengan obat anti-psikotik yang digunakan oleh pasien yang mengalami demensia, dan tidak berefek samping seperti obat-obatan. 

Baca juga: Anti Stres! Cara Murah Meningkatkann Kesehatan Mental

Kesehatan fisik

Meskipun tertawa setiap hari belum tentu menghindari kamu dari suatu penyakit, tetapi berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa orang-orang yang mengatakan kalau mereka sering tertawa cenderung dalam keadaan kesehatan yang baik dan umumnya merasa sehat. Tertawa juga merupakan salah satu terapi komplementer yang paling umum digunakan di antara pasien kanker, yang mengatakan bahwa salah satu manfaat dari tertawa adalah peningkatan kualitas hidup. 

Kesehatan Jantung

Tertawa juga menyehatkan jantung loh, Ladies. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen dalam tubuh. Mungkin karena pelepasan endorfin, yang menciptakan aliran kimiawi yang melawan perasaan negatif dan stres. Kegiatan meningkatkan endorfin termasuk latihan yang baik dan mendengarkan musik yang kamu sukai, dan tertawa juga salah satu cara penghilang stres lainnya.

Membawa Tawa Dalam Hidup

Tertawalah! Karena Tertawa Sangat Baik Untuk Kesehatan
Foto: westword.com

Mungkin ada saatnya ketika kamu sangat, sangat nggak pengen ketawa. Tapi kamu tetap mencoba untuk tertawa secara sadar. Mungkin pekerjaan yang terlalu menekan, patah hati, atau hal-hal lain yang begitu mendepresikan. Dan rasa-rasanya kamu kesulitan untuk tertawa. Tapi mungkin cara lama ini bisa membantu kamu

Baca juga: Mulai Sekarang Kamu Harus Banyak Tertawa, Inilah Manfaat Positifnya Secara Ilmiah

Mencari film dengan genre komedi, atau membaca buku-buku lucu, atau sitkom lucu atau bahkan menonton stand up comedy. Atau menghabiskan dengan teman kamu yang lucu. Yang penting jangan lagi sendiri trus nggak ada apa-apa terus kamu tiba-tiba ketawa kenceng dan mengganggu orang lain ya, Ladies.

Sumber: everydayhealth

Comments

Loading...