OUR NETWORK

Anti Stres! Cara Murah Meningkatkan Kesehatan Mental

Cara Murah Meningkatkan Kesehatan Mental, Anti Stres!
Foto: thefreewoman.com

Dengan persaingan yang sangat ketat dewasa ini, baik dalam dunia sekolah, kuliah, ataupun juga kerja, kita kerap kali tanpa sadar terserang stres. Uring-uringan tak menentu sampai tubuh gampang sakit merupakan dampak lain dari tubuh yang stres. Ada cara murah untuk meningkatkan kesehatan mental. Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, kamu akan tetap sehat. Mau tau apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Meditasi Selama 10 Menit Setiap Harinya

Cara Murah Meningkatkan Kesehatan Mental, Anti Stres!
Foto: wellandgood.com

Berdsarkan Rachel O’Neill, Ph.D. LPCC-S dan seorang ahli terapi dari Ohio, meditasi benar-benar memberikan dampak yang sangat bagus untuk kesehatan. O’Neill menjelaskan, “Bagi mereka yang menderita kecemasan, kehawatiran dan ketakutan, meditasi bisa menjadi alat untuk membantu mereka lebih tenang, dan fokus.” Waktu yang dibutuhkan juga tidak perlu lama-lama.

Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2018 pada mindfulness meditation menyarankan orang-orang untuk meditasi selama 10 menit saja. Bahkan bagi mereka yang baru menjalankan meditasi, bisa mengurangi stres, meningkatkan fokus dan menurunkan tingkat kecemasan. Murah dan mudah untuk dilakukan, bukan?

Rutin Jalan Kaki

Cara Murah Meningkatkan Kesehatan Mental, Anti Stres!
Foto: eatthis.com

Cara murah lainnya adalah dengan jalan kaki. Ini juga mengurangi kecemasan secara berkala. Sebuah penelitian mengungkapkan jika orang yang terlibat 8 sesi latihan standar, berjalan kaki selama 60 menit selama 4 minggu ada peningkatan kualitas hidup, dan stres berkurang. Jalan-jalan ke luar rumah selain mengurangi stres juga membuat tubuh lebih sehat, bisa mengirup udara segar.

Baca juga: 4 Aplikasi untuk Membantu Relaksasi

Tetapkan ‘Keinginan’ Mingguan

Cara Murah Meningkatkan Kesehatan Mental, Anti Stres!
Foto: insidehighered.com

Dibandingkan dengan mengeluh atas hal-hal yang tak bisa kamu raih, tetapkanlah keinginan untuk bisa membantu fokus menjadi lebih baik. Keinginan mingguan ini tidak perlu sulit-sulit, misalnya saja seperti makanan, penerimaan, vitalitas, kemudahan, dan lain-lain. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah untuk bersyukur atas hal-hal positif yang sudah didapatkan. Mengeluh sesekali memang tidak ada salahnya, tapi bersyukur setiap saat juga malah lebih baik. Lalu, apa kira-kira keinginan mingguanmu kali ini? Semoga bisa dicapai dengan mudah dan selanjutnya baru keinginan yang sulit.

Beri Tubuh Waktu untuk Istirahat

Cara Murah Meningkatkan Kesehatan Mental, Anti Stres!
Foto: rabidofficemonkey.com

Menjadi pekerja keras memang sesuatu hal yang mengagumkan. Namun, jangan forsir tubuh dengan tuntutan-tuntutan yang terlalu keras. Berikanlah tubuh untuk bisa beristirahat. Misalnya saja, jika ada waktu luang saat istirahat siang, beristirahatlah. Bisa tidur, yoga sebentar dan lain-lain. Tubuhmu akan sangat berterima kasih dengan apa yang kamu lakukan.

Baca juga: Tanpa Kamu Sadari, 5 Kebiasaan Buruk Ini Membuat Kesehatanmu Terganggu

Selanjutnya, apapun yang kamu lakukan atau kerjakan, don’t overthink it. Jangan bikin masalah yang sebenarnya mudah jadi susah. Semoga tips-tips di atas membantumu. Tetap jaga kesehatan mental kamu di persaingan yang makin keras!

Sumber: The Ladders

Comments

Loading...