OUR NETWORK

Skincare 101: Mengenal Toner, Essence, Serum, dan Ampoule

Skincare 101: Mengenal Toner, Essence, Serum, dan Ampoule

Ladies yang menggemari rangkaian perawatan kecantikan pasti tahu dong mengenai rangkaian the mighty Korean 10+ step face care? Melihat betapa banyaknya produk yang terlibat, wajar banget loh kalau Ladies tidak mengenal tiap-tiap rangkaian. Salah satu produk yang membingungan adalah essence. Sampai saat ini mungkin Ladies belum memahami betul apa perbedaan essence dengan produk lainnya, seperti toner maupun serum. Belum lagi produk lain seperti ampoule. Duh, banyak sekali ya produk yang harus Ladies kenali. Ckckck… Untuk menguraikan kebingungan Ladies, yuk simak ulasan beberapa jenis produk yang masih sering membuatmu menggaruk kepala.

1. Toner

Skincare 101: Mengenal Toner, Essence, Serum, dan Ampoule
Foto: fashionista.com

Sebelum membahas essence, yuk kita ulas produk yang lebih familiar, yaitu toner. Setelah membersihkan wajah, produk selanjutnya yang harus digunakan adalah toner. Toner berfungsi sebagai penyeimbang pH wajah yang mungkin terganggu oleh sabun pembersih wajah. Namun saat ini sudah banyak pembersih wajah yang lebih lembut sehingga tidak membahayakan wajah. Saat ini, kebanyakan toner mengandung antioksidan atau bahan lain yang berfungsi untuk mempersiapkan kulit menerima produk selanjutnya.

2. Serum

Skincare 101: Mengenal Toner, Essence, Serum, dan Ampoule
Foto: fashionista.com

Setelah wajah dibersihkan dan diberi toner, Ladies sebetulnya sudah bisa menggunakan essence. Akan tetapi, sebelum itu, mari kita bahas serum terlebih dahulu. Secara umum, serum mengandung beberapa bahan aktif penting untuk mengatasi masalah tertentu, seperti wajah kusam, noda hitam, kerutan, dan lain sebagainya. Bahan aktif dalam serum biasanya lebih pekat daripada dalam produk lain, seperti krim pelembap. Oleh sebab itulah serum biasanya memiliki konsistensi yang lebih kental, hampir seperti minyak, dan dikemas dalam botol yang lebih kecil daripada botol pembersih wajah. Seringkali botol serum dilengkapi pipet untuk mengeluarkan produk.

3. Essence

Skincare 101: Mengenal Toner, Essence, Serum, dan Ampoule
Foto: fashionista.com

Lalu, apa itu essence? Well… surprise, surprise! ternyata essence dan serum sesungguhnya adalah produk yang sama! Eits, jangan dulu sebal, Ladies. Dua produk tersebut memiliki sedikit perbedaan kok. Essence biasanya lebih ringan daripada serum dan digunakan setelah toner untuk mendapatkan lapisan hidrasi tambahan sebelum akhirnya dilapisi lagi oleh serum. Akan tetapi, saat ini, perbedaan tersebut semakin buram karena sudah banyak serum yang semakin encer dan essence yang semakin kental. Pada akhirnya, kedua produk tersebut pun sama-sama memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Duh… Jadi, bisa disimpulkan bahwa diksi “essence” dan “serum” sesungguhnya hanyalah kepentingan marketing semata. Wanita Barat umumnya mengenal istilah “serum”, sementara wanita Asia mengenal “essence”. Lebih membingungkannya lagi, saat ini ada produk baru yaitu pre-essence dan post-essence. Nah loh …

Sebagai tambahan, kini ada lagi produk essence lotion atau essence toner. Produk tersebut memiliki konsistensi yang mirip essence tetapi lebih encer. Essence lotion atau essence toner bisa digunakan untuk mengganti toner biasa, tetapi dengan kandungan hidrasi lebih banyak. Banyak sekali ya produk rangkaian perawatan wajah ini …

4. Ampoule

Skincare 101: Mengenal Toner, Essence, Serum, dan Ampoule
Foto: fashionista.com

Ampoul adalah serum dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Produk ini biasanya digunakan secara terbatas ketika kulit mengalami krisis. Ampoule dapat digunakan sebelum menggunakan essence atau serum. Seperti serum, ampoule biasanya memiliki botol kecil dengan pipet.

Apakah Ladies membutuhkan semua produk tersebut? Tentu saja tidak dong, Ladies. Ada beberapa langkah yang dapat Ladies terapkan sebelum memilih produk perawatan kulit.

  1. Ketahui terlebih dahulu kebutuhan kulitmu. Selanjutnya, pilih produk yang sesuai dengan kulit dan tentu saja kantongmu. Jangan terpaku pada nama produknya ya Ladies, melainkan perhatikan bahan-bahan produknya.
  2. Pilih tekstur produk yang sesuai dengan jenis dan kesanggupan kulit. Coba beberapa tekstur produk untuk menemukan produk yang Ladies sukai.
  3. Ingatlah bahwa produk perawatan kulit memiliki cakupan yang luas. Ladies selalu bisa menemukan produk yang lebih berkonsentrasi tinggi, lebih encer, atau lebih pekat.
  4. Terakhir, ingatlah untuk selalu mengaplikasikan produk berkonsistensi cair sebelum pekat.

Baca juga: Tips Skincare Menurut Beauty Expert

Jadi, nggak semuanya harus banget kamu coba dan gunakan ya, Ladies. Sesuai kebutuhan kulit dan kemampuan dompetmu saja.

Sumber: Fashionista, Foto cover: Pinterest

Comments

Loading...