OUR NETWORK

Apa Saja Sih 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?

Setiap menonton drama Korea Selatan, pasti Ladies salah fokus ke penampilan kulit mereka yang tampak bening, dewy, dan flawless. Tenang saja, Ladies tidak sendirian kok. Popularitas kecantikan wanita Korea Selatan memang sudah mendunia karena banyak sekali perempuan yang tergiur dengan wajah mulus aktris Korea Selatan. Namun, no pain no gain. Untuk mendapatkan kemewahan tersebut, Ladies harus siap direpotkan dengan 10 langkah perawatan kulitnya. Iya, sepuluh langkah loh. Duh, cuci muka saja terkadang malas, eh ini ada 10 langkah. Hhhh…

Eits, jangan langsung layu begitu dong, Ladies. Meskipun memang rempoooonnggg cyiiinnnttt, tetapi banyak beauty enthusiast yang sudah membuktikan keampuhan 10 langkah skincare ini loh. Ladies tertarik mencoba 10 langkah skincare ala wanita Korea Selatan? Jika iya, simak dulu sedikit ulasan mengenai setiap langkahnya di bawah ini. ?

1. Makeup Remover dan Oil Cleanser

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
Banila Co Clean It. Foto: shop-pibu.com.

Tentu saja langkah pertama dari rangkaian perawatn kulit ini adalah dengan merontokkan semua makeup dan kotoran di wajah. Ladies bisa menggunakan make up remover kesayangan, namun wanita Korea Selatan gemar menggunakan oil cleanser yang terbukti lebih ampuh membersihkan makeup waterproof sekalipun. Pijat oil remover ke seluruh wajah dan leher yang kering, tambahkan percikan air hangat, kemudian pijat kembali, dan terakhir basuh wajah hingga bersih.

2. Water Based Cleanser

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
Neogen Dermalogy Ral Fresh Foam. Foto: theklog.com.

Wanita Korea Selatan hampir selalu melakukan double cleansing. Setelah membersihkan wajah dengan oil based cleanser, lanjutkan pembersihan wajah dengan water based cleanser. Ambil sedikit sabun pencuci muka favorit Ladies, gosokkan di tangan hingga berbusa, aplikasikan ke wajah, kemudian pijat dengan gerakan memutar selama sekitar 5-10 menit, dan terakhir, bilas hingga bersih.

3. Exfoliator

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
Skin Food Black Sugar Mask. Foto: memorable-days.net.

Eksfoliasi wajah adalah langkah yang tidak kalah penting. Pengangkatan sel kulit mati bukan hanya membuat wajah cerah, tetapi akan meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit selanjutnya. Lakukan eksfoliasi dengan lembut agar kulit tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya. Ladies tidak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari ya, apalagi jika Ladies berkulit sensitif. Informasi lebih lengkap mengenai eksfoliasi bisa Ladies lihat di artikel MeraMuda sebelumnya ini ya!

4. Face Toner

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
Son and Park Beauty Water. Foto: k-beauty-europe.com.

Toner berfungsi untuk melembapkan dan menyeimbangkan kadar pH di wajah agar lebih siap menyerap rangkaian produk selanjutnya. Tuangkan sedikit toner ke tangan, kemudian tekan-tekan ke wajah. Ladies juga bisa menggunakan bantuan kapas untuk pengaplikasian face toner ini.

5. Essence

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence. Foto: kojabeauty.com.

Ini dia tokoh utama dalam rangkaian perawatan kecantikan ala Korea Selatan. Essence adalah produk seperti toner atau serum yang sangat membantu hidrasi, penyembuhan, dan pertukaran sel. Tuangkan sedikit essence ke tangan, kemudian tepuk-tepuk ke wajah hingga meresap.

6. Treatment

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
COSRX Centella Blemish Ampoule. Foto: rosesandbeauty.com.

Setelah essence, wajah Ladies harus diberi nutrisi tambahan lain seperti serum atau ampul. Bedanya dengan essence adalah Ladies harus memilih produk yang disesuaikan dengan masalah utama wajah, entah itu kulit kusam, pori-pori besar, pigmentasi kulit, keriput, atau jerawat. Cara penggunaannya sih mirip seperti essence ya Ladies. Pastikan Ladies tidak mengaplikasikan terlalu banyak, salah-salah malah jadi breakout.

7. Sheet Mask

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
Innisfree It’s Real Squeeze Mask. Foto: silentlyfree.

Bisa dibilang, sheet mask adalah jiwa dari Korean skincare. Langkah ini cukup sederhana, Ladies hanya tinggal menempelkan lembaran masker di wajah, tunggu selama 15-20 menit (bisa sambil selfie tuh hihihi), kemudian selesai deh. Sheet mask akan membantu kulit agar lebih ternutrisi dan memaksimalkan perawatan kulit lainnya. Ladies bisa gunakan sheet mask sebanyak satu atau dua kali seminggu, atau bahkan setiap hari kalau Ladies mau.

8. Eye Cream

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
Etude House Moistfull Collagen Eye Cream. Foto: youtube.

Kulit di sekitar mata kita sangatlah tipis dan halus oleh sebab itu Ladies harus memperlakukannya dengan hati-hati. Eye cream akan membantu kulit area mata lebih terhidrasi dan terlindungi. Gunakan jari manis untuk menekan-nekan (bukan menggosok) eye cram di selutuh tulang mata. Jangan lupa untuk menghindari area water line ya, Ladies.

9. Moisturizer

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
COSRX Oil-Free Ultra Moisturizing Lotion. Foto: kimkine.com.

Hidrasi adalah kereta cepat untuk menuju kulit yang dewy dan glowing, oleh sebab itu sangat penting bagi Ladies untuk menemukan pelembap yang cocok untuk wajah Ladies. Ada berbagai jenis pelembap, entah itu bentuk lotion, gel, ataupun cream, namun semuanya memiliki fungsi sama yaitu menyegel kelembapan dalam kulit. Aplikasikan pelembap ke wajah dan leher setiap pagi dan malam. Jika kulit Ladies dalam keadaan kurang oke, Ladies boleh menggunakan pelembap tersebut sebagai masker tidur.

10. Sunscreen

Apa Saja SIh 10 Langkah Skincare Ala Korea Selatan?
MISSHA Perfect Cover BB Cream SPF 42 PA+++. Foto: ebay.com.

Di malam hari, langkah terakhir ini tentu saja harus Ladies lewati. Namun di pagi hari, jangan sampai deh Ladies berani menginjakkan kaki keluar rumah sebelum memulaskan sunscreen. Sunscreen amatlah penting untuk melindungi kulit dari paparan matahari, selain agar tidak gosong, juga agar terhindar dari kanker kulit. Gunakan sunscreen setiap pagi setiap hari, dan aplikasikan ulang beberapa jam (biasanya dua jam) berikutnya. Ladies bisa menggunakan sunscreen, atau base makeup ber-SPF.

Ribet? Emang… Tapi yah namanya juga proses, harus dijalani dengan ikhlas, Ladies. Mau kulit terawat ya harus rajin skincare. Kalau kamu ngerasa proses-proses ini terlalu ribet atau banyak, kamu bisa menggantinya sesuai kebutuhan loh.

Sumber: Sokoglam, Into the Gloss, Foto cover: makeuptutorials.com

Comments