OUR NETWORK

Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Serum Wajah

Ladies mungkin memiliki satu, atau beberapa, produk serum di dalam rangkaian perawatan kulit Ladies. Namun jika ditanya “apa sih fungsi serum untuk kulit wajah”, mungkin Ladies tidak tahu pasti mengenai jawabannya. Begitu pun dengan bentuk serum Ladies, ada yang berupa minyak, dan ada yang berupa essence. Bedanya apa ya?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk simak ulasannya di bawah ini, Ladies! ?

Apa itu serum?

Serum adalah produk perawatan kulit yang diaplikasikan ke wajah setelah produk pembersih wajah, dan sebelum moisturizer. Penggunaan serum ditujukan untuk mengantarkan berbagai bahan kuat langsung ke kulit. Serum yang memiliki molekul lebih kecil daripada produk lain akan mampu menembus jauh ke dalam kulit sehingga akan efektif untuk mengantarkan bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Oleh sebab itulah serum sangat penting dalam rangkaian perawatan kecantikan untuk melawan masalah kulit, seperti penuaan dini.

Apakah serum adalah moisturizer?

Iya dan tidak. Serum bisa mengandung banyak bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramid, untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Namun, serum bukanlah pelembap 100%. Pelembap wajah berbentuk lotion dan krim memiliki kandungan yang lebih kaya, dan membentuk semacam penghalang di atas kulit untuk menjaga agar produk bertahan di dalam kulit. Hasilnya, produk lotion dan krim pun tampak seperti “duduk” di atas permukaan kulit. Sementara serum akan diresap lebih cepat oleh kulit.

Seberapa seringkah Ladies harus mengaplikasikan serum?

Intensitas pemakaian serum tidak selalu sama, dan biasanya tergantung pada perintah pemakaian. Namun biasanya, serum digunakan satu kali dalam sehari.

Apa sih perbedaan serum dan face oil?

Serum tradisional biasanya memiliki bahan dasar berupa air. Namun seiring berjalannya waktu, tren face oil pun meningkat dan banyak face oil yang dipasarkan sebagai serum. Misalnya saja produk Vintner’s Daughter Active Botanical Serum yang merupakan face oil. Di pasaran, ada dua jenis serum yang tersedia, yaitu serum berbahan dasar air dan serum berbahan dasar minyak. Serum berbahan dasar air memiliki kemampua untuk menutrisi lapisan dalam kulit karena pastikelnya yang sangat kecil. Sementara serum berbahan dasar minyak sebaiknya digunakan setelah moisturizer karena molekuknya yang lebih besar. Fungsi dari face oil adalah untuk menjaga pelembap tetap melembapkan kulit sepanjang hari.

Apa itu essence? Apakah essence adalah serum?

Secara garis besar sih kedua produk tersebut sama ya Ladies. Serum dan essence sama-sama diaplikasian setelah pembersihan wajah, dan sebelum pengaplikasian pelembap, dan fungsi dari kedua produk itu pun sama yaitu pemberian hidrasi bagi kulit selain pemberian moisturizer sederhana. Perbedaan mereka hanya terletak pada teksturnya. Serum lebih lengket dan lebih pekat, sementara essence memiliki tekstur yang lebih cair.

Kenapa harga serum menguras kantong?

Harga serum memang cukup menguras kantong. Namun hal tersebut cukup wajar ya Ladies karena serum menawarkan berbagai manfaat untuk kulit berkat bahan aktif dan pekatnya.

Apakah serum akan kedaluwarsa lebih cepat dari produk perawatan lain?

Berbagai bahan aktif dalam serum memang akan sangat mungkin membuat serum tidak stabil saat terpapar udara. Misalnya saja asam askorbat (vitamin C, yang khasiatnya bisa turun apabila terkena udara. Namun perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, formula serum dapat dimodifikasi sehingga dapat lebih tahan lama. Namun sebaiknya Ladies menyimpan botol serum di tempat yang sejuk dan kering agar serum dapat awet hingga 6-12 bulan.

Apakah serum merupakan produk perawatan yang tepat untuk kulit setiap orang?

Mungkin, tetapi sebaiknya kenali dulu wajah Ladies sebelum menggunakan serum.

Jika Ladies memiliki kulit yang rentan berjerawat, carilah serum dengan kandungan vitamin C (meningkatkan produksi kolagen, membantu proses perbaikan kulit, dan mengurangi peradangan), retinol (antioksidan, dan mengurangi peradangan), zinc (menenangkan iritasi kulit dan mengendalikan produksi minyak wajah), dan asam salisilat (membersihkan pori-pori).

Apabila wajah Ladies memiliki kulit kering, carilah serum dengan kandungan vitamin E (antioksidan, dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif), niacinamide (memperbaiki elastisitas kulit dan tingkatkan kadar ceramide pada kulit), asam glikolat (eksfoliator kulit yang lembut dan mengurangi discoloration), dan asam hialuronat (mempertahankan kelembaban kulit).

Kulit Ladies kusam? Gunakanlah produk serum yang mengandung antioksidan, seperti ekstrak teh hijau, resveratrol, asam ferulic (bahan ini akan meningkatkan efektivitas tabir surya siang hari, dan membantu proses perbaikan sel kulit di pada malam hari).

Hati-hati ya Ladies, kandungan pekat dalam serum membuat serum sangatlah efektif untuk wajah jadi pastikan Ladies menggunakannya sedikit saja. Bahan-bahan kuat dan pekat yang terlalu banyak sangat mungkin membuat kulit menjadi iritasi. Sebagai bentuk antisipasi ketidakcocokan serum pada wajah, Ladies bisa menguji serum di daerah belakang telinga.

Sumber:Into the Gloss, Foto cover: hellogiggles.com

Comments

Loading...