OUR NETWORK

Mau Punya Rambut Lurus? Bahan Alami Ini Bisa Membantumu, Ladies!

Rambut merupakan mahkota wanita. Tentu saja, bagian teratas dari tubuh kita ini jika dirawat dengan baik bisa menunjang penampilan. Mulai dari rambut keriting, berombak, hingga rambut lurus. Dari beberapa jenis rambut, memang rambut luruslah yang bisa membuat si empunya terlihat lebih anggun. Mungkin karena terkesan lebih mudah diatur Bahkan, rambut lurus sempat menjadi trend di masyarakat beberapa tempo lalu.

Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus. Mulai dari rebonding bagi yang berambut keriting atau hanya sekedar smoothing saja. Mudah memang, namun sangat berisiko menyebabkan kerusakan rambut. Nah, buat kamu yang ingin rambut lurus tapi takut jadi rusak tak ada salahnya menggunakan bahan-bahan alami untuk wujudkan impianmu. Yuk, langsung saja simak cara membuat rambut lurus secara alami berikut ini!

Santan Kelapa & Jeruk Nipis

rambut lurus bahan alami
Foto: cantikalamiah.com

Santan kelapa sudah banyak digunakan untuk rambut sejak zaman nenek moyang. Selain merawat dan memenuhi nutrisi rambut serta kulit kepala. Santan kelapa ternyata juga bisa meluruskan rambut bergelombang dan keriting loh! Caranya mudah saja. Pilih kelapa tua kemudian ambil santannya saja. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga tercampur rata. Simpan dan diamkan di kulkas selama kurang lebih 3 jam hingga santan mengental. Jika sudah mengental, oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Bungkus rambut dengan shower cap dan tunggu hingga kering. Bilas rambut dengan bersih. Agar hasil lebih maksimal, lakukan seminggu sekali.

Masker Daun Seledri

rambut lurus bahan alami
Foto: rantaiqq.wordpress.com

Bahan alami lain yang juga terbukti dapat membantu memelihara kesehatan rambut adalah daun seledri. Bukan hanya itu, seledri rupanya bisa meluruskan rambut. Selain harganya murah, daun yang biasa digunakan untuk membuat sop ini juga mudah didapatkan. Untuk menggunakannya, pertama blender daun seledri dengan sedikit air hingga menjadi seperti pasta. Lalu, usapkan pasta daun seledri ke rambut dan kulit kepala secara merata. Bungkus kepala dengan shower cap. Diamkan selama satu malam saja. Jika sudah, keramas seperti biasa. Lakukan ini rutin seminggu 1 hingga 2 kali agar hasil lebih maksimal.

Air Susu Murni

rambut lurus bahan alami
Foto: mudation.com

Siapa yang tak tahu manfaat dan kandungan susu. Protein sebagai zat pembangun, penguat, dan pemelihara banyak terdapat pada minuman super sehat satu ini. Air susu murni bisa juga digunakan sebagai bahan alami untuk membantu meluruskan rambut. Siapkan satu gelas susu murni dan campur dengan satu cangkir air biasa. Aduk kemudian gunakan untuk membilas rambut. Pastikan seluruh bagian rambut terkena ya, Ladies. Lalu diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, sisir rambut dengan sisir bergigi jarang lalu keramas seperti biasa, lakukan setidaknya seminggu sekali.

Minyak zaitun

rambut lurus bahan alami
Foto: manfaatonline.com

Selain dapat memperkuat akar rambut dan menghitamkannya, minyak zaitun juga bisa membuat rambut jadi lurus. Minyak zaitun yang dicampur rosemary akan mewujudkan impianmu untuk memiliki rambut hitam lurus dan panjang. Pertama, panaskan minyak zaitun kurang lebih 5 menit saja. Kemudian campur dengan setengah cangkir daun rosemary kering. Remas-remas campuran tersebut dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Tunggu hingga 30 menit dan bilas. Gunakan shampoo agar rambut tak lepek ya, Ladies!

Sekarang pertanyaannya, apakah bahan alami di atas bisa membuat rambut lurus permanen? Jawabannya tergantung kita. Jika melakukannya secara teratur, maka hasil permanen pun akan dirasakan. Namanya juga bahan alami ladies. Memang tidak secepat dan seinstan jika kita hair treatment di salon ya. Tapi dijamin rambut tak akan rusak. Selamat mencoba!

Sumber: gayarambut, cantikitu, Foto cover: cantikalamiah

Comments

Loading...