OUR NETWORK

Semua Hal Penting Tentang Cica Alias Centella Asiatica, Si Tanaman Ajaib dengan Segudang Manfaat

Semua Hal Penting Tentang Cica, Si Tanaman Ajaib dengan Segudang Manfaat
Foto: sociolla.com

Buat kamu para pemerhati perawatan kulit, tentunya sudah tidak aneh lagi ketika mendengar bahan dasar yang satu ini. Yep, ini adalah Centella asiatica atau biasa dikenal dengan sebutan cica. Tidak sembarang populer, bahan dasar yang satu ini memang sudah dikenal dengan beragam manfaat baik bagi perawatan kulit.

Baca juga: L’Oreal Paris Luncurkan Revitalift Crystal Micro Essence dan Rouge Signature

Selama lebih dari 3.000 tahun, cica telah digunakan oleh para herbalis dan harimau (yup, hewan karnovira yang gagah itu) untuk mengobati lukanya. Karena ini juga cica mendapat julukan ‘tiger grass’. Dalam beberapa tahun terakhir ini, bahan dasar yang ajaib ini kemudian dipelajari sebagai bahan perawatan kulit yang efektif untuk mengobati berbagai kondisi kulit, seperti jerawat, dan eksim. Manfaatnya inilah yang menjadi alasan kuat mengapa bahan ini banyak muncul di berbagai produk perawatan kulit saat ini.

Tapi, apakah kamu sudah benar-benar mengenal cica secara mendalam sebelum memutuskan untuk menggunakannya, Ladies?

Jika belum, mari kita kenali bahan dasar ajaib yang satu ini. Dermatologis selebriti di New York, Dendy Engelman, mengatakan bahwa cica merupakan tanaman hijau yang telah digunakan sebagai ramuan obat selama ribuan tahun. Kini, bahan dasar ini digunakan sebagai bahan aktif dalam produk kosmetik untuk membantu melawan berbagai masalah kulit. Bahan ini pun dikenal aman untuk kulit paling sensitif sekalipun.

Semua Hal Penting Tentang Cica, Si Tanaman Ajaib dengan Segudang Manfaat
Foto: dailyvanity

Dalam penggunaan yang berkelanjutan, cica dapat membantu meredakan psoriasis, eksim, jerawat, efek penuaan, serta perawatan luka. Di antaranya termasuk infeksi, luka bakar, dan bekas luka. “Ini yang paling dikenal dari cica, yakni penyembuhan dan sifat anti bakterinya sangat bagus untuk kulit yang sangat sensitif atau cenderung kering,” jelasnya.

Tak hanya itu, karena kandungan anti-inflamasi dan anti-mikroba di dalamnya, cica juga menjadi pilihan yang tepat untuk perawatan kulit yang cenderung berjerawat. “Ini juga merupakan bahan yang kuat bagi mereka yang pulih dari bekas luka jerawat atau penggunaan produk kulit yang melawan jerawat dengan kandungan yang keras,” tambahnya.

Berdasarkan penelitian, penggunaan cica secara rutin selama enam bulan dapat membantu mengurangi bekas luka akibat jerawat seperti bopeng.

Dengan kata lain, cica tidak hanya membantu mencegah jerawat, melainkan juga menyembuhkan kulit yang telah terkena jerawat. Tak hanya itu, Engelman menambahkan, kandungannya yang kuat membuat cica juga berfungsi sebagai pelindung kulit dan menjaga kulit tetap lembap serta mencegah penuaan.

Semua Hal Penting Tentang Cica, Si Tanaman Ajaib dengan Segudang Manfaat
Foto: tribunnews.com

Meski kuat, menurut Engelman, cica aman digunakan oleh berbagai jenis kulit. Bahan ini bahkan aman digunakan untuk jenis kulit yang sangat sensitif yang tidak bereaksi baik terhadap retinol. “Cica aman untuk semua jenis kulit dan semua orang bisa mendapatkan manfaat dari penggunaannya. Bahan ini memberikan manfaat yang universal untuk membuat kulit terlihat lebih kenyal, bercahaya dan lembap. Cica juga dapat memperlambat proses penuaan kulit dengan menjaga dan mengatur tingkat kelembapan di dalam kulit,” jelasnya.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Melihat berbagai manfaat dan keamanan penggunaannya pada kulit yang sangat sensitif sekalipun, tak aneh bila berbagai produk perawatan kulit berbondong-bondong memasukkan cica ke dalam formulanya. So, setelah membaca ulasan ini, apakah kamu sudah yakin untuk mencoba memasukkan produk berbahan dasar cica di rutinitas perawatan kulitmu, Ladies?

 

Sumber: Hellogiggles

Comments

Loading...