OUR NETWORK

Selama Waktunya Tepat, Mandi Sebelum Tidur Bisa Jadi Kunci Tidur Nyenyak

Selama Waktunya Tepat, Mandi Sebelum Tidur Bisa Jadi Kunci Tidur Nyenyak
Foto: bustle.com

Sering mengalami insomnia atau sulit tidur, Ladies? Rupanya, mandi atau berendam air hangat di waktu yang tepat bisa jadi solusi untuk tidur lebih nyenyak, lho. Mandi air hangat atau mandi yang rileks bukan hanya untuk pembersihan, dapat bermanfaat meningkatkan kualitas tidur kita lho, Ladies. 

Baca juga: Tidur Berkualitas dengan Rekomendasi 5 Masker Mata Terbaik Ini

Dalam pengertian ilmiah, mandi dapat disebut sebagai pemanas tubuh pasif berbasis air. Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh Shahab Haghayegh, seorang peneliti doktoral di Departemen Teknik Biomedis di University of Texas, merekomendasikan bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk mandi sebelum tidur.

Para peneliti menyisir lebih dari 5.000 studi yang diterbitkan tentang efek pemanasan tubuh pasif berbasis air pada kualitas tidur, panjang, efisiensi, dan latensi awitan (atau, seberapa cepat kamu tertidur). Mereka menemukan bahwa waktu istirahat yang ideal untuk rutinitas mandi bisa dilakukan dengan cara berikut.

Pemanas tubuh pasif berbasis air dengan suhu 40 hingga 42,5 derajat Celcius (sekitar 104 hingga 108,5 derajat Fahrenheit) dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur yang dinilai sendiri dan efisiensi tidur. Ketika dijadwalkan 1 hingga 2 jam sebelum tidur, dalam waktu 10 menit, kegiatan ini bisa menyebabkan pemendekan [latensi onset tidur] yang signifikan. Artinya, penyebab kesulitan tidur dapat berkurang.  

Baca juga: Tidur 9 Jam Sehari, Kamu Bisa Magang dan Dibayar 20 Juta Rupiah

Mandi 10 hingga 15 menit, dengan air hangat dan  tidak terlalu panas selama satu atau dua jam sebelum tidur seperti yang dinyatakan dalam studi tersebut dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dan tetap tidur nyenyak sepanjang malam. Mengapa? Sebab, mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Kemudian, tubuh kamu akan mengalami penurunan suhu tubuh yang lebih nyata. Penurunan suhu itulah yang mendorong kita dapat tidur dengan lelap.

Jika kamu bingung dan tidak yakin apakah sebaiknya mandi di pagi atau malam hari, atau cenderung mengalami kegelisahan di malam hari dan insomnia, kamu wajib mencoba trik tidur ini nih, Ladies. 

Sumber: health 

Comments

Loading...