OUR NETWORK

Optimalkan Kinerja Serum Vitamin C-mu dengan 6 Tips Keren Ini!

Optimalkan Kinerja Serum Vitamin C-mu dengan 6 Tips Keren Ini!
Foto: Vogue.com

Sebagai penghuni negara tropis, kulit kusam, bintik hitam adalah masalah kulit yang amat sangat wajar. Ada banyak kandungan yang bisa kamu pilih untuk mengatasinya, namun vitamin C pasti selalu jadi pilihan utama. Vitamin C adalah salah satu antioksidan paling potent yang bisa kamu gunakan untuk kulitmu. Kandungan ini menetralkan kerusakan radikal bebas, melindungi kulit dari sinar UV, serta memblokir produksi pigmentasi tidak normal sehingga warna kulit lebih merata. Selain itu, vitamin C dapat membantu elastisitas dan mengencangkan kulit loh. Hmmmm sounds too good to be true ya, Ladies. Untung saja vitamin C ini memang super ampuh dan berkhasiat, akan tetapi kamu harus paham cara mengoptimalkan kinerjanya.

Mau tahu gimana caranya memanfaatkan si superhero ini agar kamu mendapatkan khasiat terbaiknya? Keep scrolling, Ladies!

1. Pilih produk dengan konsentrasi yang tepat

Optimalkan Kinerja Serum Vitamin C-mu dengan 6 Tips Keren Ini!
Foto: townandcountrymag.com

Mengetahui konsentrasi vitamin C dengan tepat akan membuat produk bekerja dengan optimal. Ladies bisa memulai dengan produk berkonsentrasi rendah sebesar 10%-15%, atau 20% sesuai dengan toleransi kulitmu. Untuk kulit berminyak atau normal, asam L-askorbat adalah bentuk vitamin C yang paling manjur dan berkhasiat, sedangkan untuk kulit kering dan sensitif, magnesium ascorbyl fosfat (vitamin C yang larut dalam air) patut dicoba karena tidak terlalu mengiritasi.

2. Perhatikan pH

Penyerapan vitamin C bergantung besar pada tingkat pH-nya. Jika Ladies memiliki kulit normal, carilah produk dengan pH rendah 3,5 untuk penyerapan yang optimal. Namun, jika Ladies memiliki kulit sensitif, gunakan formula dengan pH 5-6 yang merupakan pH alami kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi.

Baca juga: Cara Menggunakan Serum Vitamin C dengan Benar

3. Pilih serum

Dirancang untuk memberikan konsentrasi aktif yang tinggi, serum adalah produk paling umum untuk vitamin C. Serum akan menjaga bahan agar tetapi stabil dan meningkatkan penetrasi melalui lapisan kulit terluar. Pilihlah serum yang mengombinasikan vitamin C dengan vitamin E, asam ferulic, vitamin B, dan hyaluronic acid. Vitamin C dan E merupakan antioksidan yang saling mendukung. Sementara itu asam ferulic adalah jenis antioksidan lain yang meningkatkan dan menstabilkan vitamin C dan E dalam memerangi kerusakan radikal bebas serta memproduksi kolagen. Untuk pemilik kulit sensitif, kamu juga bisa mendapatkan manfaat serum vitamin C dengan mencampurkan serum ke pelembap, atau memilih pelembap dengan infus vitamin C untuk aplikasi yang lebih lembut.

4. Pelan-pelan saja

Agar kulit tetap sehat, lakukan pendekatan bertahap saat menambahkan vitamin C ke dalam rangkaian skincare-mu, Ladies. Misalnya, tambahkan hanya 3 kali seminggu dan hindari penggunaan setiap hari. Perlu diingat bahwa vitamin C membutuhkan waktu beberapa minggu untuk bekerja sehingga jangan mengharapkan hasil intan.

Baca juga: Tak hanya Mencerahkan, Ini Fungsi Lain dari Vitamin C Pada Skincare

5. Simpan dengan benar

Serum vitamin C biasanya terdiri dari dua jenis, berbasis air dan tanpa air atau anhidrat. Serum vitamin C berbasis air memiliki sifat lebih tidak stabil, peka cahaya, dan biasanya disimpan dalam botol buram atau kuning agar tidka mudah rusak. Sementara serum tipe anhidrat cenderung lebih stabil bahkan meskipin disimpan di bawah sinar matahari. Namun, apapun jenis vitamin C yang kamu pilih, pastikan kamu menyimpannya di tempat kedap udara, gelap, dan sejuk. Jika warna vitamin C sudah gelap atau keruh, atau berbau amis, berarti produk tersebut sudah teroksidasi. Segeralah buang dan jangan digunakan lagi.

6. Aplikasikan di bawah SPF

Tidak seperti hydroxyacids atau retinol, vitamin C pada dasarnya tidak akan membuat kulitmu rentan terhadap sengatan sinar matahari. Akan tetapi, selalu ada pengecualian. Produk vitamin C yang paling pekat dan kuat ternyata memiliki sifat rentan terhadap paparan cahaya, oleh sebab itulah penggunaan vitamin C harus dibarengi sunscreen. Kabar baiknya, penggunaan vitamin C di bawah serum dapat melindungi kulit lebih optimal dan menetralkan kerusakan radikal bebas pada kulit loh. Keren!

Selamat mencoba ya, Ladies!

 

Sumber: Vogue

Comments

Loading...