OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Minyak Zaitun untuk Perawatan Wajah? Boleh Nggak Sih?

Minyak Zaitun untuk perawatan wajah, belakangan ini banyak orang yang mulai mencobanya. Memijat wajah menggunakan minyak ini, banyak orang percaya dapat mengeluarkan kotoran komedo yang tersumbat di pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit yang mati. Namun, masih banyak juga loh yang ragu untuk menggunakan minyak ini di wajah.

Lantaran banyak pula yang percaya jika menggunakan minyak ini akan menyumbat pori-pori kita sehingga membuat wajah kita menjadi berjerawat. Terlebih, apabila untuk orang yang memiliki tekstur wajah berminyak. Nah, jadi boleh gak sih pakai minyak ini di wajah? Yuk, simak penjelasannya Ladies!

Apakah minyak zaitun aman untuk perawatan wajah?

Minyak Zaitun untuk Perawatan Wajah? Boleh Nggak Sih?
Sumber: pexels.com

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang cocok dengan struktur kimia minyak alami kulit kita loh, Ladies. Olive oil ini bahkan menjadi produk yang sangat cocok digunakan untuk perawatan kulit. Namun, dalam menggunakannya kamu harus memilih olive oil extra-virgin bersertifikat dan organik. Karena olive oil seperti ini tidak mengandung pengawet yang dapat membahayakan kulit.

Menggunakan minyak zaitun untuk perawatan wajah ini dapat membantu menghilangkan kotoran, makeup, sel kulit mati dan penumpukan sebum yaitu komedo di kulit kamu. Kamu dapat mengoleskannya langsung pada wajah kamu dengan memijatnya. Metode ini akan menarik keluar kotoran dan minyak di kulit kamu.

Karena dengan memijat wajah kamu, dapat membantu memperkuat suplai darah dan membawa oksigen segar ke sel dan jaringan yang akan meremajakan kulit kita. Saat kamu memijat wajah penting untuk menggunakan lotion, cream, atau minyak. Nah, ada baiknya untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pilihan terbaik.

Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis kulit membutuhkan perawatan dan bahan-bahan yang berbeda. metode menggunakan minyak zaitun ini hanya direkomendasikan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering ya Ladies. Karena jenis kulit yang kering  membutuhkan bahan minyak yang mengandung asam oleat yang tinggi. Maka dari itu, menggunakan olive oil di wajah diperbolehkan bagi yang memiliki kulit yang kering ya Ladies.

Asisten profesor klinis di Universitas Yale, dokter kulit Mona Gohara, M.D. mengatakan, “Kita semua memiliki kelenjar yang sudah memproduksi minyak alami pada kulit, sehingga wajah kamu tidak benar-benar membutuhkan squalene ekstra atau setidaknya tidak dalam kadar kecil yang ditemukan dalam minyak zaitun.”

Apabila kamu memiliki kondisi kulit yang berminyak, menggunakan minyak zaitun untuk perawatan wajah ini akan membuatnya menjadi berjerawat karena minyak ini akan sedikit menyumbat pori-pori kamu. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Gohara, “Minyak zaitun berat, menjadikannya tempat berkembang biaknya jerawat.”

Baca juga: Tipe-Tipe Kulit Wajah: Kenali Lebih Dalam Kulitmu

Manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah

Minyak Zaitun untuk Perawatan Wajah? Boleh Nggak Sih?
Sumber: istockphoto.com

Minyak zaitun untuk perawatan wajah memiliki beberapa manfaat karena secara alami mengandung squalene yang tinggi. Minyak yang sama dengan sebum alami kulit kita ini akan membuat antioksidan di kulit bekerja melawan kerusakan kulit. Antioksidan ini akan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Nah, berikut beberapa manfaat olive oil bagi wajah, antara lain:

  • Membantu menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tetap halus & bercahaya. Karena mengandung squalene yang tinggi, sehingga kulit kita tetap terhidrasi.
  • Membantu mengeluarkan komedo hitam maupun putih.
  • Membantu peremajaan kulit.
  • Membantu memperbaiki sel kulit secara alami karena mengandung vitamin E, polifenol & flavonoid.
  • Sebagai eksfoliator.
  • Dapat bermanfaat sebagai masker wajah untuk kulit kering.
  • Membantu menjaga kulit bebas kerutan.

Olive oil juga bersifat antimikroba yang dapat digunakan dalam pengobatan masalah kulit seperti memperbaiki tumit pecah-pecah dan meningkatkan kesehatan kuku agar menjadi lebih  kuat dan tidak rapuh.  Jadi, sebelum mencoba minyak zaitun untuk perawatan wajah, pastikan kamu mengetahui kondisi kulit kamu ya Ladies!

 

Sumber: timesofindia.indiatimes, marieclaire

Must Read

Related Articles