OUR NETWORK

Menurut Ahli, Ini Pilihan Antioksidan Terbaik

Kita mungkin sering kali mendengar kata antioksidan dan berbagai manfaatnya. Namun, hanya beberapa orang yang mungkin memahami antioksidan yang sebenarnya dan cara kerjanya. Lalu, yang manakah yang merupakan antioksidan terbaik? Manfaat yang paling sering kita dengar dari antioksidan ialah menghalau radikal bebas. Sebelum mengetahui tentang antioksidan, Melissa Kanchanapoomi Levin yang merupakan dokter spesialis kulit di Amerika Serikat menjelaskan terlebih dahulu seputar cara kerja dari radikal bebas.

Radikal bebas menurutnya, merupakan molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen dalam sel, seperti DNA, protein, dan matriks. Molekul tersebut tidak stabil dan sangat reaktif, dapat mencuri elektron dari sumber lain, serta merusak sel dalam prosesnya.

Baca juga: Redakan Nyeri Sampai Tingkatkan Antioksidan, Ini Makanan Sehat untuk Dimakan

Antioksidan pada dasarnya menyumbang elektron untuk menetralisir radikal bebas dan menghentikan pembentukan kerusakan tersebut. Saat keseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan hilang, maka akan membuat radikal bebas menjadi terlalu banyak. Kalau sudah begitu, kulit pun akan cepat mengalami penuaan dini, hiperpigmentasi, memicu peradangan kulit, seperti eksem dan jerawat, dan bahkan kanker kulit. Lalu, apa saja antioksidan terbaik yang baik untuk kulitmu?

Vitamin A

Vitamin A memiliki banyak manfaat mulai dari meningkatkan pergantian sel yang sehat sehingga dapat mengelupas dan memperbaiki bintik-bintik hitam, memperbaiki struktur sel kulit, mengurangi produksi sebum atau minyak, dan membentuk kolagen. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat antioksidan yang baik, pilihlah produk perawatan untuk kulit yang mengandung vitamin A.

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas. Vitamin C memiliki fungsi untuk mencegah penuaan dini, membentuk kolagen, serta melindungi dari kerusakan sinar UV. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti kiwi, jeruk, stroberi, jambu biji ataupun pepaya.

Vitamin E

Vitamin C menstabilkan dan membantu regenerasi dari vitamin E yang membuat keduanya berkerja bersama-sama melawan kerusakan akibat sinar UV. Hal inilah yang membuat kedua kandungan ini sering kali ditemukan pada produk perawatan kulit. Selain itu, menurut penelitian, vitamin E juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Vitamin B3

Vitamin B dapat ditemukan pada daging. Vitamin ini memiliki manfaat baik untuk kulit, seperti memperbaiki hidrasi kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, mengurangi flek hitam, serta memperbaiki elastisitas kulit. Selain ketiga vitamin di atas, jangan lupa mempertimbangkan kandungan yang satu ini dalam produk perawatan kulit kamu ya, Ladies.

Kurkumin

Kandungan antioksidan yang satu ini dapat ditemukan pada akar kunyit. Kurkumin dipercaya dapat mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi minyak pada kulit, serta melawan radikal bebas. Selain itu, kurkumin juga dipercaya dapat mengatasi masalah kulit, seperti psoriasis.

Baca juga: Jenis Luka yang Bisa Meninggalkan Bekas

So, kalau kamu ingin mendapatkan manfaat dari antioksidan terbaik, perhatikanlah kandungan yang ada pada produk perawatan kulit yang kamu gunakan. Jika tidak lengkap, cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan dengan kandungan di atas.

Sumber: SELF, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...