OUR NETWORK

Mengenal Eksim dan Perawatan Terbaik untuk Menanganinya

Mengenal Eksim dan Perawatan Terbaik untuk Menanganinya 
Foto: empower.com

Pernahkah Ladies merasakan kulit tiba-tiba bersisik, kering, ruam dan terasa gatal? Hati-hati, Ladies! Bisa jadi itu adalah gejala eksim. Kalau tiba-tiba kamu memiliki gejala seperti ruam yang muncul pada lengan, di belakang lutut, atau pada area kulit yang terpapar berbagai faktor lingkungan, kamu mungkin menderita eksim atau yang juga dikenal sebagai dermatitis.

Apa itu eksim?

Pada intinya, eksim adalah kondisi kulit kering yang dapat menyebabkan kulit bersisik dengan beberapa ruam kemerahan dan gatal. Dalam kasus yang lebih parah kulit dapat retak, berdarah, dan mengerak kerak. Eksim adalah semacam kondisi kulit inflamasi kronis yang melibatkan gangguan penghalang kulit dan mikrobioma kulit yang tidak seimbang termasuk proliferasi bakteri staphylococcus yang berlebihan. Meski demikian, eksim bukanlah penyakit yang menular. 

Apakah jenis eksim berbeda-beda?

Rupanya, ada berbagai jenis dermatitis, termasuk eksim atopik, dermatitis kontak alergi, dermatitis kontak iritan, dan eksim asteatotik (karena kulit sangat kering). Ketika kebanyakan orang berbicara tentang eksim, mereka biasanya merujuk pada dermatitis atopik atau eksim atopik. Dermatitis atopik sering terjadi dan cenderung terjadi bersamaan dengan gejala asma, demam, gangguan sinus, dan kulit kering.

Baca juga: Tips Mengatasi Eczema Secara Alami

Apa yang menyebabkan eksim?

Eksim bisa saja disebabkan oleh kombinasi hal-hal mulai dari alergen (tungau debu, hewan peliharaan, serbuk sari, jamur, dan ketombe), makanan tertentu (produk susu atau kedelai, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta gandum), kain tertentu (terutama wol dan poliester) dan tingkat stres yang tinggi juga dapat meningkatkan flare-up. Menurut konsultan kulit ahli penyakit Mustela, Dr. Latanya Benjamin, meski belum diketahui secara persis apa yang menyebabkan eksim, tetapi para peneliti percaya bahwa hal itu disebabkan oleh kombinasi genetika dan faktor pemicu lingkungan. Sedikitnya 40-50% lebih, eksim mungkin terjadi pada anak-anak jika satu orang tua memiliki riwayat kondisi tersebut. Jika kedua orangtua menderita eksim, prosentasenya menjadi meningkat yakni sekitar 50-80%. 

Apakah eksim bertambah buruk di musim yang berbeda?

Menurut dokter kulit bersertifikat, Dr. Sheel Desai Solomon dari Preston Dermatology, cuaca dingin dan udara kering dapat membuat kulit menjadi lembab yang berujung pada kekeringan dan menyebabkan gatal, yang kemudian menyebabkan goresan dan peradangan. Cuaca panas juga bisa mengiritasi eksim. Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan kulit gatal dan terlalu lama terkena air adalah pemicu eksim lainnya. Air dapat menyebabkan kulit kering, yang dapat menyebabkan gatal terus-menerus. 

Cara menangani parut akibat eksim?

Cara terbaik untuk mencegah bekas luka eksim adalah dengan mencegah dan mengelola gatal secara efektif. Kamu juga bisa menjaga kulit tetap lembab dan kuku dipangkas dan dihaluskan untuk mengurangi risiko jaringan parut akibat eksim. Selain itu, kamu juga bisa menanganinya dengan menjaga penghalang kulit yang sehat dengan menggunakan pembersih lembut dua kali sehari dan pelembab dua kali sehari tanpa bahan-bahan keras. 

Bahan-bahan utama lainnya termasuk vitamin C, niacinamide dan lidah buaya dapat membantu mengurangi perubahan warna kulit akibat eksim ini. Selain itu, bahan-bahan ini juga dapat meminimalkan peradangan dan meningkatkan produksi kolagen. 

Bagaimana perawatan untuk menanganinya?

Menurut beberapa dermatologis, tidak ada obat untuk eksim. Yang ada adalah perawatan untuk mengurangi tingkat keparahannya atau untuk menenangkannya. Kamu mungkin bisa memulai dengan pelembab yang menenangkan, terutama berbahan ceramide yang secara alami mengandung lemak kulit untuk membantu mempertahankan fungsi penghalang kulit yang normal. Krim yang lebih berat dengan ceramide atau petrolatum ini cocok untuk perawatan kulit eksim dibanding lotion biasa karena dapat sedikit mongering dan memiliki kadar air yang lebih tinggi. 

Jika kulit kamu sangat kering atau jika kamu terpapar udara kering yang sangat dingin, ada baiknya kamu harus mulai menggunakan lapisan tipis pelembab yang lebih berat di pagi hari untuk membantu melindungi kulitmu, Ladies. Pelembab adalah kunci untuk meningkatkan fungsi pelindung kulit, mengatasi gejala lebih cepat, dan mengurangi kekambuhan dengan perawatan berkelanjutan.

 

Sumber: elle

Comments

Loading...