OUR NETWORK

Tips Mengatasi Eczema Secara Alami

Tips Mengatasi Eczema Secara Alami
Foto: unsplash.com

Eczema atau eksim adalah salah satu masalah kulit yang banyak dialami orang tapi jarang dibicarakan lho, Ladies. Seperti apa eczema? Eczema adalah inflamasi pada tubuh dalam bentuk kulit menjadi kering, gatal dan berbentuk ruam. Tidak ada yang benar-benar tahu tentang penyebab eczema, tapi penyakit ini dikaitkan dengan imunitas tubuh.

Tips Mengatasi Eczema Secara Alami
Foto: theheartysoul.com

Ada beberapa faktor yang bisa memicu eczema nih, Ladies.

1. Leaky Gut

Adalah keadaan dimana ada bagian dari makanan keluar dari saluran usus kecil dan masuk ke saluran darah. Kebanyakan partikel ini berasal dari gluten atau produk dari sapi. Partikel makanan ini terdeteksi sebagai “musuh” oleh sistem imun dan terjadilah inflamasi.

2. Abnormal Gut Flora

Disebut juga disbiosis adalah keadaan ketika jumlah bakteri baik dikalahkan oleh bakteri jahat dan ragi. Ragi yang terlalu banyak dapat menyebabkan eczema. Keadaan ini bisa terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diolah massal di pabrik dan makanan mengandung gula tinggi.

Nah, untuk mengobati eczema secara alami, ada 7 langkah yang bisa dilakukan.

1. Lakukan Elimination Diet

Dua makanan umum yang menjadi penyebab utama eczema yaitu gluten dan produk-produk dari sapi. Lakukan elimination diet dengan menghilangkan atau mengurangi konsumsi gluten, produk susu, makanan mengandung gula tinggi, dan makanan hasil proses pabrik.

2. Makan Makanan yang Mengandung Zat Anti-flamasi

Ikan terutama ikan laut terbukti mengandung zat anti-inflamasi dalam jumlah besar. Konsumsi ikan disertai rempah, kunyit, serta minyak ikan untuk mengobati eczema.

3. Normalisasi populasi Bakteri Baik di Tubuh

Jumlah bakteri baik di tubuh berpengaruh terhadap berbagai penyakit seperti asma, eczema, rhinitis, dan berbagai bentuk inflamasi di tubuh. Kamu bisa mengonsumsi prebiotik dan probiotik untuk menjaga jumlah bakteri baik di pencernaanmu.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun yang Sering Ditemui Pada Wanita

4. Pilih Suplemen dengan Tepat

Suplemen yang bisa kamu konsumsi untum mengobati eczema yaitu minyak ikan, primrose oil, vitamin D dan vitamin A.

5. Tidur Cukup dan Nyenyak

Kurangnya tidur terbukti menjadi penyebab berbagai penyakit. Jadi penting ya Ladies untuk tidur nyenyak selama 8 jam setiap harinya demi kesehatanmu, Ladies.

6. Berolahraga Rutin

Olahraga terbukti mampu menurunkan inflamasi dan meningkatkan imunitas.

7. Atur Tingkat Stress

Beberapa penelitian menunjukkan tingkat stress mempengaruhi tingkat inflamasi tubuh. Atur stress dengan melakukan yoga, meditasi, praktek pernapasan dalam, atau lakukan yang biasa kamu lakukan untuk mengatur stress seperti berjalan-jalan pagi di taman.

Mudah kan, Ladies? Cara-cara diatas bisa kamu terapkan secara langsung. Tapi alangkah baiknya jika kamu juga melakukan konsultasi ke dokter agar penanganannya tepat.

Sumber: darlingmagazine.org

Comments