OUR NETWORK

Menangis Menyebabkan Jerawat? Seperti Ini Cara Mencegahnya!

Menangis Menyebabkan Jerawat? Seperti Ini Cara Mencegahnya!
Foto: pexels.com

Menangis tentu kegiatan yang umum terjadi, Ladies. Menangis punya berbagai manfaat, selain membuat perasaan lega dan menurunkan stres, menangis juga dapat meningkatkan produksi hormon rasa senang yakni endorfin. Tapi kok tiba-tiba muncul jerawat di pipi? Apakah menangis menyebabkan kulit breakout? Cek ulasan kita di bawah ini, Ladies!

Penyebab Breakout Saat Menangis

Pertama kamu perlu tahu bahwa penyebab jerawat setelah menangis bukan karena air mata. Mona Gohara, dermatologis dari Yale, mengatakan air mata adalah gabungan air dan garam. Kedua zat ini tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga bukan penyebab jerawat.

Penyebab jerawat timbul menurut Joshua Zeichner, dermatologis New York, yakni kegiatan tangan mengucek atau menggosok daerah sekitar mata dan pipi saat menangis. Hal ini menyebabkan inflamasi dan meningkatkan potensi breakout terjadi.

Menangis Menyebabkan Jerawat? Seperti Ini Cara Mencegahnya!
Foto: pexels.com

Fenomena ini disebut acne mechanica, yakni jerawat yang muncul karena dipicu panas, tekanan, serta gesekan pada kulit. Konsep ini sama dengan penyebab munculnya maskne atau jerawat karena masker yang banyak muncul semenjak pandemi terjadi, Ladies.

Jadi kegiatan menggosok mata dan muka saat menangis itu Ladies yang menyebabkan breakout terjadi. Selain itu faktor stress, serta pemakaian tisu yang mengandung parfum juga menambah resiko jerawat muncul.

Cara mencegah breakout setelah menangis

Ada beberapa cara nih untuk mencegah breakout terjadi setelah kamu menangis, yakni:

1. Jangan dikucek, cukup ditekan pelan-pelan

Menangis Menyebabkan Jerawat? Seperti Ini Cara Mencegahnya!
Foto: pexels.com

Seperti yang dibahas tadi, menggucek mata dan menggosok kulit dapat menyebabkan jerawat timbul. Oleh karena itu Ladies cukup tepuk pelan-pelan air mata kamu yang tengah mengalir dengan tisu. Tahan diri ya untuk tidak menggosok keras dan menangis dengan tenang seperti protagonis cewek di drama Korea hihi…

2. Gunakan tisu yang tidak beraroma

Gunakan tisu wajah yang tidak mengandung parfum, Ladies. Tisu yang mengandung parfum dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori yang nantinya memicu breakout.

Lebih bagus lagi jika kamu menggunakan glycolic pad seperti Nip + Fab Glycolid Fix Daily Cleansing Pads. Selain membasuh segala kesedihan kamu, pad ini juga melakukan deep cleansing karena kandungan glycolic acid dan witch hazel di dalamnya. Tapi jangan pakai pad ini di area mata ya karena dapat mengakibatkan iritasi.

3. Ganti cleanser yang kamu pakai

Menangis Menyebabkan Jerawat? Seperti Ini Cara Mencegahnya!
Foto: pexels.com

Jika kamu cenderung untuk sering menangis, ganti cleanser kamu dengan yang lebih gentle. Kandungan seperti sulfat ditambah kondisi kulit kamu yang rapuh karena tergosok-gosok tentunya akan menyebabkan inflamasi dan berakhir dengan jerawat.

4. Pakai Moisturizer!

Hidrasi kulit itu penting! Karena itu pemakaian moisturizer tiap harinya itu keharusan, Ladies. Gunakan moisturizer yang tidak hanya melembabkan namun memberi lapisan extra pada kulit. Moisturizer seperti Eau Thermale Avene Cicalfate + Restorative Protective Cream punya kandungan tembaga-zink sebagai lapisan ekstra untuk melindungi kulit dari gesekan.

Jadi bukan karena air mata menyebabkan jerawat ya, Ladies. Namanya juga lagi sedih, menangis wajar-wajar aja, Ladies! Next time saat kamu menangis, ikuti tips di atas ya supaya perasaan lega dan wajah tetap cantik sempurna! Hehe…

 

 

Sumber: Glamour

Comments

Loading...