OUR NETWORK

Kenalan sama Minyak Argan dan 8 Manfaatnya, Yuk!

Alam menawarkan berbagai pillihan minyak alami yang bermanfaat bagi manusia, salah satunya adalah minyak argan. Minyak alami ini berasal dari  biji argan yang hanya bisa tumbuh dataran Maroko saja. Minyak alami yang sempat booming di tahun 2016 ini rupanya sudah dipakai dari beradab-abad silam loh, ladies. Apa saja manfaat minyak argan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Pelembap wajah dan tubuh

face-megasinetlivdotdk
Via megasinetliv.dk

Minyak argan dapat diserap tubuh dengan cepat tanpa meninggalkan minyak residu sehingga dapat digunakan sebagai pelembap wajah tanpa takut akan menyumbat pori-pori. Minyak argan yang kaya akan vitamin A dan vitamin E dapat melembapkan kulit, dan mengurangi kerutan. Minyak argan juga bisa digunakan untuk melembapkan area kulit manapun yang dirasa kering seperti tumit, tangan, kaki, dan siku.

2. Eksfoliasi kulit

eksfoliasi-vi-taedotcom
Via vi-tae.com

Membuat produk eksfoliasi kulit sendiri selalu lebih menyenangkan karena selain murah, ladies dapat memasukkan bahan yang disukai. Ladies dapat mencampurkan satu sendok brown sugar dengan beberapa tetes minyak argan, lalu memijatkannya ke wajah selama 2-4 menit. Eksfoliasi yang dilakukan rutin selama seminggu maksimal dua kali dapat membantu wajah bebas dari sel kulit mati, dan menyamarkan keriput. Lakukan juga di daerah kulit yang kasar seperti tumit, atau siku.

3. Meredakan jerawat

jerawat-redanddigestdotcom
Via redanddigest.com

Minyak argan terbukti mampu mengurangi level sebum di wajah loh ladies. Sebum wajah yang terkendali dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, kandungan linoleic acid dalam minyak argan juga membantu mengurangi peradangan akibat jerawat, infeksi, maupun gigitan serangga. Aplikasikan minyak argan ke bagian yang berjerawat lebih tebal dari bagian lainnya.

4. Menyamarkan dan mencegah selulit

selulit-monicasbeautydotcom
Via monicasbeauty.com

Vitamin A dan vitamin E dalam minyak argan dapat membantu mencegah munculnya selulit dengan meningkatkan elastisitas kulit. Teteskan 2-3 minyak argan murni ke telapak tangan, lalu secara lembut oleskan ke area perut, pinggang, ataupun paha. Untuk menyamarkan selulit, ladies bisa menggunakan resep eksfoliasi, dan mengoleskannya ke area yang bermasalah.

5. Luka akibat pisau cukur

cukur-menshealtthdotcodotuk
Via menshealtth.co.uk

Luka yang diakibatkan pemakaian pisau cukur dapat diredakan dengan menggunakan minyak argan. Aplikasikan dua tetes minyak argan setelah melakukan cukuran untuk menenangkan kulit. Selain itu, bisa juga untuk mencegah kemungkinan tumbuhnya inner grown hair.

6. Kondisioner rambut

rambut-womenpladotnet
Via womenpla.net

Minyak argan dapat digunakan untuk mengembalikan kelembapan rambut yang terlalu sering terpapar bahan kimia, serta panas. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai kondisioner sebelum melakukan hair styling. Penggunaan minyak argan untuk rambut tergantung pada kebutuhan wambut, biasanya dibutuhkan 1-3 tetes. Oleskan pula pada kulit kepala untuk membantu rambut tumbuh lebih lebat.

7. Pelembap bibir

lips-onediodotco
Via onedio.com

Mengoleskan 1-2 tetes ke bibir dapat membantu bibir ladies menjadi lebih lembut dan halus.

8. Perawatan kuku

kuku-tophotelhochgurgldotcom
Via tophotelhochgurgl.com

Bagi ladies yang kutikulanya kering, mengaplikasikan minyak argan dapat membantumu melembutkan kutikula. Selain itu minyak argan juga dapat digunakan sebagai pembersih cat kuku loh. Penggunaan minyak argan sebagai penghapus cat kuku dapat membantu mengurangi risiko kuku terpapar zat kimia.

Pada dasarnya, fungsi minyak argan adalah melembapkan. Kandungan alaminya membuatnya dapat digunakan di area tubuh manapun, dan tanpa efek samping. Harga minyak argan ini relatif mahal ya ladies karena memang harus diimpor dari Maroko. Namun manfaatnya yang besar tentu saja sepadan dengan harganya. Nah bagaimana, apakah ladies tertarik memasukkan minyak argan ke dalam rangkaian perawatan kecantikanmu?

Sumber: draxe.com

Comments