OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Let It Out: 14 Cara Menangis Memengaruhi Tubuh dan Pikiran (Bagian 2)

Tangisan ternyata bukan hanya tangisan loh, Ladies. Bagaimanakah cara tangisan memengaruhi tubuhmu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Menangis bisa menghilangkan racun tubuh

Ahli biokimia William Frey melakukan beberapa penelitian menangis yang inovatif di akhir 1970-an dan awal 1980-an yang menunjukkan bahwa air mata membantu membersihkan tubuh dari racun yang tidak diinginkan. 

“Dia membandingkan air mata iritasi [seperti dari memotong bawang] dengan air mata emosional dan menemukan beberapa perbedaan kimia, seperti kandungan protein yang lebih tinggi dalam air mata emosional, yang mungkin disebabkan oleh pelepasan produk sampingan stres,” jelas Lauren Bylsma, PhD. 

Namun, katanya, hasil ini belum direplikasi baru-baru ini, karena sangat sulit untuk mempelajarinya di laboratorium. “Sangat menantang untuk membuat individu menangis karena rangsangan emosional secara alami saat air mata mereka dikumpulkan, dan sebagian besar air mata sebenarnya diserap di saluran hidung dan tidak dapat dikumpulkan,” katanya.

2. Menangis mungkir bisa jadi pembersih alami

Salah satu manfaat lain dari menangis adalah membantu membunuh bakteri. Memang benar bahwa air mata mengandung lisozim, protein yang dapat menghancurkan molekul berbahaya. Namun perlu diingat bahwa para ilmuwan belum membuktikannya secara pasti. 

“Belum ada bukti sahih yang menunjukkan manfaat kesehatan dari menangis,” kata dokter Jonathan  Rottenberg. “Ide-ide ini bertahan karena hampir tidak ada ilmu tentang fisiologi menangis, dan kepercayaan rakyat kita, yang mengajarkan bahwa menangis itu baik untuk kesehatan, mengisi kekosongan ini.”

3. Air mata membantu matamu

Let It Out: 14 Cara Menangis Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran (Bagian 2)
Foto: wockhardthospitals.com

Air mata membasahi mata dan menjaganya tetap sehat. 

“Fungsi biologis air mata adalah untuk menjaga mata tetap lembab atau melindunginya dari asap atau kotoran yang masuk ke mata,” kata Dr. Lauren  Bylsma. “Air mata emosional tampaknya telah berevolusi dari proses biologis dasar ini menjadi sesuatu yang lebih kompleks pada manusia yang dapat terjadi karena alasan emosional daripada fisik.” 

Namun demikian, mata yang tidak dilembabkan oleh air mata dapat mengembangkan “mata kering”, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan menyebabkan kehilangan penglihatan. namun  terlalu banyak menangis juga sebenarnya dapat mengiritasi mata, itulah sebabnya mereka menjadi merah dan bengkak setelah sesi menangis yang besar. Bagaimana hal ini berhubungan dengan tangisan emosional? Sebetulnya masih belum jelas, tetapi sebuah penelitian terhadap pasien dengan kondisi mata kering sindrom Sjogren menemukan bahwa mereka memiliki penurunan kemampuan untuk mengidentifikasi emosi mereka.

4. Menangis memiliki hubungan dengan hormon seks

Let It Out: 14 Cara Menangis Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran (Bagian 2)
Foto: gettyimages

Kadar testosteron yang lebih tinggi dapat berarti pria cenderung tidak menangis. “Terutama ada bukti anekdot—pada [orang] transgender dan pria dengan kanker prostat yang menerima anti-hormon, tetapi juga beberapa penelitian pada hewan—bahwa testosteron memiliki efek penghambatan pada tangisan,” kata Dr. Ad Vingerhoets. 

Bagi wanita, perubahan kadar estrogen dapat meningkatkan tangisan selama PMS dan pascapersalinan. Namun, seberapa sering pria dan wanita menangis juga memiliki komponen budaya. “Proses menangis secara fisik sama sejauh yang kami ukur, tetapi wanita lebih sering menangis daripada pria,” kata Lauren Bylsma. “Pria sering menahan air mata karena takut masyarakat tidak akan menganggap mereka kuat atau berkuasa—mereka dikondisikan untuk merasa malu dengan air mata,” kata Dr. Judith  Orloff. 

“Dalam budaya kami, perempuan memiliki lebih banyak izin untuk menangis daripada laki-laki, jadi kami lebih bebas dengan itu.”

5. Menangis memiliki efek fisik yang besar

Menangis bukan hanya tindakan emosional—itu adalah tindakan fisik. Isak tangis, sakit kepala, kulit bernoda, hidung meler, dan gemetar seluruh tubuh hanyalah beberapa efek menangis pada tubuhmu. 

Mengapa ini terjadi? Menurut Jonathan Rottenberg, ini ada hubungannya dengan tingkat gairah yang tinggi dari respons penerbangan-atau-penerbangan. Meskipun menangis dapat menjadi jembatan yang mengarah ke keadaan yang lebih tenang, “dalam beberapa menit, ada bukti jelas bahwa tindakan menangis sangat membangkitkan gairah,” katanya. “Orang yang menangis menunjukkan peningkatan detak jantung dan peningkatan keringat. Dalam pengertian ini, menangis adalah ‘latihan’ bagi tubuh. Namun, pintu masih terbuka untuk hipotesis bahwa menangis menenangkan tubuh dalam jangka panjang—kita hanya perlu lebih banyak penelitian yang meneliti efek jangka pendek dan jangka panjangnya.”

Baca juga: Buat Kamu yang Ingin Menangis, Berikut 5 Rekomendasi Film Sedih Bikin Hati Perih

6. Menangis memengaruhi hormon lain juga

Baik pada pria maupun wanita, hormon lain mungkin terpengaruh oleh tangisan. “Meskipun sedikit bukti yang tersedia tidak terlalu kuat, prolaktin diduga dapat memfasilitasi tangisan,” kata Dr. Ad Vingerhoets. “Ini mungkin bisa menjelaskan kondisi maternity blues, efek alkohol pada ambang menangis kita, dan air mata sesekali saat orgasme.” 

Kita tahu bahwa menangis meningkatkan endorfin, hormon perasaan baik alami tubuh, Dr. Judith Orloff menambahkan, “jadi menangis jelas melepaskan ketegangan dan, sebagai hasilnya, Anda merasa lebih baik.” Ini bisa jadi mengapa kita terkadang mencari tangisan dengan menonton film sedih.

7. Menangis bahagia juga membantu membuat tubuh jadi rileks

Let It Out: 14 Cara Menangis Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran (Bagian 2)
Foto: outreachmagazine.com

Sama seperti emosi negatif, tingkat gairah yang meningkat karena perasaan positif dapat menyebabkan tangisan. “Menangis karena emosi negatif seperti kesedihan, frustrasi, dan kemarahan lebih sering terjadi, tetapi menangis juga terjadi selama emosi positif yang ekstrem, seperti kebahagiaan, keheranan, dan kekaguman,” kata Lauren Bylsma. 

“Tampaknya menangis dikaitkan dengan gairah fisiologis yang intens yang dapat dihubungkan dengan emosi positif dan negatif, dan terjadi tepat setelah puncak pengalaman emosional ketika individu mulai mengalami pelepasan emosi itu.” Inilah sebabnya mengapa kita mungkin menangis di pesta pernikahan, ketika kita melihat bayi yang baru lahir, atau bahkan saat matahari terbenam yang indah.

Bersama dengan bagian pertama artikel ini, Itu dia 14 cara tangisan memengaruhi tubuhmu, Ladies. Ternyata ada efek jangka pendek dan jangka panjangnya dari tangisan yang memberimu efek yang beragam. Apapun penyebab tangisanmu, semoga kamu selalu baik-baik saja ya Ladies!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles