OUR NETWORK

Lawan Ketergantungan Gula Dengan 6 Makanan Ini!

Lawan Ketergantungan Gula Dengan 6 Makanan Ini!
Foto: pexels.com

Makanan dan minuman yang mengandung gula memang merupakan santapan yang sulit ditolak, bukan, Ladies? Apalagi jika sudah tersaji di depan mata dan siap untuk disantap. Terkadang, dampak berbahaya yang diberikannya pada tubuh kita pun tak kita hiraukan. Sifat adiktif yang terdapat di dalam gula membuat menolak memakannya bukanlah perkara mudah. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, Ladies, ada beberapa makanan yang dapat membantumu melawan kecanduan gula, loh! Beberapa makanan ini akan membantumu melawan hasrat ingin mengonsumsi makanan tersebut. Penasaran, kan? Simak, yuk!

Baca juga: 10 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuhmu Bila Terlalu Banyak Makan Gula

1. Protein

Protein ialah salah satu jenis makanan terpenting dalam misimu melawan kecanduan gula. Tubuh menggunakan asam amino dari protein yang berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan membantumu melawan hasrat mengonsumsi gula. Protein juga membantu membangun jaringan otot tanpa lemak yang penting untuk menjaga metabolismemu tetap sehat. Pastikan kamu mengonsumsi sekitar 15-20 gram protein dalam setiap makananmu, ya!

2. Sayuran Hijau

Biasakan menyertakan sayur pada setiap santapanmu, khususnya sayur berwarna hijau. Pasalnya, semua sayuran hijau mengandung klorofil yang berfungsi melawan gula sampai pada intinya. Selain menyeimbangkan kadar gula darah karena kandungan kromiumnya yang tinggi, makanan ini juga dapat membantu menghentikan hasratmu terhadap gula melalui vitamin B yang terkandung di dalamnya.

3. Biasakan Konsumsi Salad

Well, mengonsumsi salad secara teratur untuk orang yang belum terbiasa melakukannya memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan membiasakan mengonsumsi salad setiap hari pada salah satu jam makanmu akan menjadi terapi yang baik untuk tubuhmu, di mana, secara bersamaan kamu akan melawan hasratmu terhadap candu gula sekaligus menjalani pola makan sehat. Apalagi jika kamu mengonsumsi salad dalam porsi besar sebagai makan siangmu, hal ini akan membantumu menghilangkan rasa lapar di sisa sore hari, yang seringkali digunakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

4. Camilan Cerdas

Terdengar sedikit aneh memang, camilan bisa melawan kecanduan gula? Tentu saja bisa! Tapi ingat, bukan camilan olahan, melainkan camilan cerdas. Camilan cerdas ialah camilan yang bebas dari adiktif dan gula. Beberapa contohnya ialah wortel bayi, tomat anggur, kacang mentah, biji mentah, atau Greek yoghurt tanpa lemak. Jika kamu benar-benar membutuhkan asupan rasa manis, cobalah beberapa buah dengan kandungan gula rendah, seperti strawberry atau jeruk.

5. Bubuk Dark Chocolate

Bubuk dark chocolate tanpa pemanis ini kaya akan rasa coklat pekat yang secara alami dapat melawan hasrat gula dalam tubuh kita. Seringkali setelah mengonsumsinya, tubuh kita akan berhenti mengidam gula dengan sangat cepat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurnya dengan air hangat menjadi coklat panas, Ladies. Namun, perlu kamu ingat, bubuk dark chocolate yang dimaksud di sini ialah yang tanpa pemanis apapun, ya Ladies, bukan bubuk coklat olahan. Selain dapat membantu melawan candu gula, bubuk dark coklat alami juga menyimpan banyak kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuhmu.

6. Lemak Sehat

Lemak sehat ialah kunci dalam mengendalikan hasrat gula. Lemak sehat dapat membantu tubuhmu membakar lemak dan lemak gulamu akan turun secara drastis. Biasanya, makanan ini dikombinasikan dengan sayur berdaun hijau dan protein tanpa lemak untuk menjadi pengendali gula darah yang optimal. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat di antaranya minyak zaitun dingin, kacang-kacangan, biji-bijian mentah, minyak kelapa mentah, serpihan kelapa mentah, daging kelapa mentah, alpukat, hemp oil, flaxseed oil, dan ikan rendah merkuri. Makanan ini akan membantumu melawan hasrat gula sekaligus melawan kenaikan berat badan.

Baca juga: Manfaat Flaxseed Oil

Dengan menerapkan beberapa atau seluruh makanan tersebut dalam diet sehatmu, kamu tidak akan lagi tersiksa menahan keinginanmu mengonsumsi gula, Ladies, bahkan, kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat. So, selamat mencoba.

Sumber: allwomenstalk  Foto cover: pexels

Comments

Loading...