OUR NETWORK

Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasi Alergi Terhadap Cuaca

Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasi Alergi Terhadap Cuaca
Foto: wellandfull.com

Hai Ladies, apakah kamu suka bepergian keluar negeri dengan iklim yang ekstrim? Atau apakah kamu pernah mengalami alergi karena biasa tinggal di Jakarta dengan cuaca yang panas lalu berlibur ke Malang dengan cuaca yang jauh lebih dingin dan ada perubahan di tubuh kamu? Misalnya merasa gatal-gatal, timbul bintik-bintik merah di kulit, mata perih, dan hidung bawaannya meler terus? Hal itu kemungkinan adalah kamu memiliki alergi terhadap cuaca.

Memang ada obat-obatan yang dijual secara bebas untuk mengatasi kondisi alergimu. Tapi, bukankah lebih baik bisa masalah alergi mu bisa diatasi dengan bahan-bahan yang lebih natural, seperti tonik penangkal alergi.

Baca juga: Manfaat Humidifier untuk Kesehatan

Tonik ini sendiri adalah minuman yang dikonsumsi dalam jumlah kecil namun sangat bermanfaat untuk menangkal alergi-alergi yang kamu derita. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat kamu buat sendiri dirumah dengan masing-masing bahan ini sangat berperan penting dalam mempengaruhi masalah fisiologis utama yang menyebabkan alergi dan ada pula panduan cara membuatnya.

Jus Nanas

Dari semua buah-buahan, nanas lah yang memiliki kandungan bromelain yang cukup tinggi, senyawa yang diketahui dapat melawan alergi berkat sifat antihistamin dan anti-inflamasinya. Bromelain juga merupakan enzim yang membantu mencerna protein dan meningkatkan proses pencernaan secara keseluruhan. Ini penting karena sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa peradangan dimulai dari usus dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Ini juga bisa membantu mengurangi peradangan hidung, yang dapat membantu si penderita alergi.

Cuka Apel

Cuka apel juga mampu membantu melawan alergi dengan kemampuannya mengurangi candida atau jamur pada tubuh yang jika jumlahnya berlebihan dapat meningkatkan kadar histamin, yang menyebabkan alergi menjadi lebih buruk dan meningkatkan sensitivitas terhadap berbagai alergen. Cuka apel ini juga dapat membersihkan kemampetan dan membantu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan getah bening ke dalam tubuh.

Baca juga: Sudah Tahu 9 Manfaat Cuka Apel Ini?

Madu Lokal atau Madu Manuka

Lebah yang membawa serbuk sari dari dedaunan lokal dan kemudian menjadikannya madu disebut madu lokal. Madu lokal ini bertindak seperti vaksin mini, menurunkan kepekaan kita terhadap alergi pada lingkungan. Madu Manuka juga salah satu pilihan lainnya. Madu Manuka telah terbukti memiliki tingkat antioksidan dan senyawa melawan mikroba yang lebih tinggi. Lalu madu juga dapat melawan hidung tersumbat.

Daun Dandelion

Daun dandelion mampu membersihkan hati dari racun yang menumpuk. Hati berperan sebagai penawar dan penetralisir racun yang bertanggung jawab membersihkan metabolit hormon, racun lingkungan dan senyawa lain yang memperburuk peradangan dan alergi. Maka dari itu, mengonsumsi daun dandelion sangat dianjurkan agar mengeluarkan racun pada hati. Daun ini juga bisa membantu usus dan memperkuat organ hati, Ladies. Pada akhirnya sistem kekebalan tubuh pun meningkat.

Cara penyajian

  • 6 ons jus nanas segar
  • 2 sendok teh cuka sari apel
  • ¼ cangkir daun dandelion yang dicincang
  • 1 sendok teh madu lokal atau madu Manuka

Masukkan semua bahan ini ke dalam blender lalu minum sedikit-sedikit tonik ini sepanjang hari. Dan kamu juga harus pastikan untuk tidur yang cukup Ladies, serta mengurangi asupan gula juga. Dan rasakan khasiatnya, alergimu akan berkurang semakin seringnya kamu nikmati tonik penangkal alergi ini. Selamat mencoba, Ladies.

 

Sumber: mindbodygreen.com

Comments