OUR NETWORK

Manfaat Humidifier untuk Kesehatan

Yuk, Kenalan dengan Humidifier dan Apa Manfaatnya untuk Kesehatan

Saat cuaca di luar sangat panas, paling enak mendinginkan diri di ruangan yang ber-AC ya Ladies. Namun, jika kebiasaan ini kamu lakukan secara terus-menerus secara berkala, kulit akan kering dan rusak. Tidak hanya itu saja, terlalu banyak terpapar AC juga akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Kalau merasa ruangan sudah terlalu kering, kamu bisa menggunakan humidifier. Apa sih humidifier itu?

Humidifier merupakan alat pelembap udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Jangan takut ruangan akan jadi lepek atau basah, humidifier ini sudah dirancang secara khusus untuk meningkatkan kelembaban udara sehingga dalam kondisi yang normal. Selain mengatur kelembapan udara, banyak juga manfaat lainnya dari humidifier.

Yuk, kenalan dengan manfaat humidifier berikut ini!

Yuk, Kenalan dengan Humidifier dan Apa Manfaatnya untuk Kesehatan
Foto: manitik.wordpress.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, humidifier ini berfungsi sebagai agen moisturizer alami yang mengobati tubuh dari kekeringan. Karena hal inilah, seringkali humidifier ini digunakan untuk mengatasi berbagai masalah sebagaimana berikut ini.

  • Mengatasi kulit kering
  • Mengurangi masalah sinus/ sakit kepala
  • Mengatasi iritasi hidung/hidung berdarah
  • Mengurangi masalah pita suara yang iritasi
  • Batuk kering
  • Dan mengatasi bibir pecah-pecah

Penggunaan humidifier ini semakin maksimal saat udara sedang panas-panasnya. Kurang penggunaan AC dan lebih baik memanfaatkan humidifier. Meskipun lebih disarankan, tetap saja humidifier memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk kamu ketahui. Misalnya saja pertumbuhan bakteri dan jamur, risiko kambuhnya alergi, suara humidifier yang bising, terkadang jika sedang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan kelebihan kelembapan. Maka dari itulah perlu untuk waspada.

Supaya humidifier tetap bisa berjalan normal tanpa berbagai masalah, kamu bisa membersihkannya secara rutin. Misalnya saja membersihkannya setiap tiga hari sekali, mengganti air secara rutin, lebih menggunakan air sulingan, dan beberapa hal lainnya.

Ladies, penggunaan humidifier ini memang sangat membantu mengembalikan kelembapan ruangan. Meskipun begitu, bagi kamu yang memiliki riwayat asma atau penyakit pernafasan lainnya, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter, apakah diperbolehkan ataupun tidak.

 

Sumber: Healthline, Alo Dokter, Foto cover: lumacomfort.com

Comments

Loading...