OUR NETWORK

Kulit Alami Stres, Begini Tanda dan Cara Mengatasinya!

Kulit Alami Stres, Begini Tanda dan Cara Mengatasinya!
Foto: pinterest.com

Kegiatan sehari-hari yang padat, pembayaran tagihan yang tak kunjung selesai, ketakutan atas ancaman penularan Covid-19, dan lainnya, tidak hanya akan membuat otakmu stres. Tubuh dan termasuk kulitmu juga bisa merasakannya, loh! Ketika itu terjadi, kulit akan memberitahumu melalui berbagai kondisi, seperti muncul jerawat, tampilan kulit kering, atau lainnya.

Menurut Dokter Kulit, Cristina Vajaitu, hal ini dikarenakan ketika stres terjadi, darah segera dialirkan ke organ-organ vital, tapi tidak termasuk kulit. “Lonjakan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, mengakibatkan terjadinya pengurangan kolagen dan produksi antioksidan, sehingga skin circulation berkurang,” jelasnya. Bila ini telah terjadi pada dirimu, tidak perlu khawatir, Ladies. Cukup relaksasi diri untuk menghilangkan stres si sumber masalah. Dan coba lakukan perawatan berikut ini untuk mengembalikan cahaya dan kesegaran kembali pada kulitmu.

Baca juga: Alami Breakout dan Masalah Kulit Saat Karantina? Ini Sederet Hal yang Bisa Dilakukan

Jerawat Meradang

Jerawat yang diakibatkan oleh stres berkaitan dengan hormon tubuh. Ketika rasa khawatir meningkat, tubuh mengalami kelebihan kortisol yang dipompa melalui sistem tubuh hingga mengakibatkan peningkatan produksi minyak. Kemudian, minyak berlebih ini berpotensi terjebak di dalam folikel rambut yang kemudian menghasilkan jerawat. Apalagi jika kamu juga banyak mengonsumsi junk food, tidak cukup minum air putih, dan sering melewatkan perawatan kulitmu, tentu saja kondisi kulit akan semakin parah.

Untuk mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh stres, Dokter Kulit dari Skin Oasis, Katina Miles, menyarankanmu untuk rutin melakukan pembersihan wajah, terutama pembersih yang mampu mengeksfoliasi dengan aman. “Pembersih jerawat yang efektif mengandung asam glikolat, salisilat, laktat, malat, dan mandelik atau benzoil peroksida,” jelasnya. Tak berhenti sampai di situ, Miles juga menyarankanmu untuk menggunakan retinol atau retinoid topical, bahkan mungkin antibiotic topical untuk hasil yang lebih baik. Buat kamu yang lebih suka melakukan tindakan, kamu bisa mencoba Chemical peels dan Aerolase lasers yang juga dinilai Miles efektif dalam mengobati jerawat.

Rosacea

Kulit Alami Stres, Begini Tanda dan Cara Mengatasinya!
Foto: Balmonds.com

Umumnya, rosacea menampakkan diri dalam bentuk kemerahan pada kulit, noda, hingga benjolan yang menyerupai jerawat. Untuk mengatasinya, kamu perlu menemukan pelembap yang tepat untuk kulitmu, Ladies. Dokter Kulit dari Union Square Laser Dermatology, Claire Chang, menyarankanmu untuk menggunakan bahan-bahan anti radang seperti niacinamide, centela asiatica, dan green tea jika kulitmu rentan pada kemerahan.

“Centella Asiatica banyak digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-agingnya. Bahan ini juga dapat menenangkan kulit dan menenangkan kemerahan, serta terbukti mampu melembapkan kulit sekaligus merevitalisasi skin’s barrier”, ujarnya.

Eksim dan Psoriasis

Ketika kamu berada dalam tahap super stres, kamu pasti akan merasa kesal hingga ke hal-hal terkecil. Begitu pula reaksi buruk yang muncul pada kulitmu, Ladies, seperti gatal-gatal atau kemerahan karena kulit yang kering. Untuk mengobati eksim dan psoriasis yang muncul di kulitmu ini, Chang menyarankanmu untuk mencari produk perawatan yang memiliki formula lembut dan pelembap yang kuat.

Baca juga: Penderita Psoriasis Harus Mengurangi Konsumsi Makanan Ini

“Pasien dengan eksim dan psoriasis harus menggunakan krim pelembap yang kuat untuk melembapkan kulit. Salah satunya seperti Cerave Moisturizing Cream yang mengandung tiga ceramide penting serta hyaluronic acid yang sangat ideal untuk mereka dengan kulit kering dan sensitif,” ucap Chang.

Kulit Kusam

Kulit Alami Stres, Begini Tanda dan Cara Mengatasinya!
Foto: thebodyshop.com

Masalah kulit yang satu ini biasanya muncul setelah kamu mati-matian menguras otakmu untuk menyelesaikan tugas sepanjang malam. Pada akhirnya cahaya di wajahmu hilang, berganti dengan kekusaman dan kantung mata yang mengganggu. Selain tidur cukup dan banyak minum air putih, kamu perlu memberikan asupan vitamin C pada kulitmu untuk mengatasi masalah yang satu ini, Ladies! Serum vitamin C telah terbukti dapat melawan radikal bebas, melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, mencerahkan kulit, dan merangsang produksi kolagen.

Well, yang manapun masalah kulit yang muncul ketika kamu stres, hal utama yang disarankan Chang ialah mencari produk yang sangat lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Khususnya produk dengan kandungan ceramides untuk membantu melindungi skin barrier dan melembapkan kulit sepanjang hari. Tentu perlindungan wajib dari SPF juga tidak boleh terlewat. Tapi perlu kamu ingat, setiap produk perawatan memiliki reaksi yang berbeda pada setiap kulit. So, kamu tetap perlu berhati-hati memiliki produk dengan bahan yang tepat untuk masalah kulitmu, ya.

 

 

Sumber: She Knows

Comments

Loading...