OUR NETWORK

Konsumsi Gula Berlebih Bikin Sistem Imun Menurun, Ini Menurut Para Ahli

Konsumsi Gula Berlebih Bikin Sistem Imun Menurun, Ini Menurut Para Ahli
Foto: mkingredients.com

Di tengah ancaman penyebaran virus corona atau biasa disebut sebagai Covid-19, sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan beraktivitas di rumah cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya tetap sehat. Well, berat untuk mengatakannya, namun, itu tidak cukup, Ladies. Kamu membutuhkan asupan makanan yang sehat untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuhmu tersebut.

Sayangnya, selama masa karantina diri, cemilan manis untuk disantap sambil menonton film favorit bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditolak. Akhirnya, diri mulai berpikir, apa salahnya memakan sedikit gula. Pikiran ini sedikit demi sedikit akan membawamu pada bahaya besar, Ladies.

Bukan hanya berat badan yang meningkat, tapi, asupan gula dapat memberikan dampak berbahaya mulai dari meningkatnya kecemasan hingga kematian dini. Beberapa studi juga menyatakan, gula dapat menekan sistem kekebalan yang ada dalam tubuhmu. Tentunya, ini akan menjadi berita buruk untukmu yang tengah berperang melawan Covid-19, bukan?

Konsumsi Gula Berlebih Bikin Sistem Imun Menurun, Ini Menurut Para Ahli
Foto: dominosugar.com

Meski begitu, tidak semua makanan yang mengandung gula, buruk bagi tubuhmu.

Kandungan gula yang ditemukan dalam buah-buahan atau sumber-sumber alami dinilai aman dan justru bekerja baik sebagai energi alternatif tubuh. Pasalnya, kandungan gula yang satu ini dipasangkan dengan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti serat dan vitamin. Sebaliknya, gula olahan lah yang perlu dihindari karena dapat memberi dampak buruk pada tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya itu, Ahli Penyakit Dalam dan Gastroenterologi bersertifikat, Niket Sonpal, menyatakan, konsumsi gula yang berlebih juga dapat mempengaruhi sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh yang melawan bakteri. Dalam hal ini, gula memengaruhi cara sel darah putih menyerang bakteri.

Baca juga: Jenis Makanan yang Dihindari Ahli Gizi, Apa Saja?

“Kekurangan nutrisi dapat meningkatkan risiko tubuh saat menangkal infeksi, dan makanan yang mengandung kadar gula rafinasi yang tinggi biasanya tidak memiliki nutrisi lagi. Gula memicu peradangan tingkat rendah di dalam tubuh dan juga meningkatkan massa. Hal ini dapat berkontribusi pada penyakit yang bersifat kronis, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes,” jelasnya.

Konsumsi Gula Berlebih Bikin Sistem Imun Menurun, Ini Menurut Para Ahli
Foto: gujaratlaboratory.com

Berangkat dari hal tersebut, pemimpin pedis di Forward, Nate Favini, menyatakan, individu yang memiliki kadar gula tinggi dalam darahnya dapat membuatnya lebih mudah terkena Covid-19. Berdasarkan penelitian, sistem kekebalan tubuh akan terhambat ketika kamu mengonsumsi larutan gula sebanyak 75 hingga 100 gram.

“Jumlah 75 gram memang terdengar sangat banyak, dan sulit untuk berpikir apakah mungkin mengonsumsi 75 gram gula dalam sehari. Ini mungkin karena sebenarnya jumlah ini setara dengan dua kaleng sodamu,” ucap Sonpal.

Ia melanjutkan, sistem kekebalan tubuhmu ini akan mulai terkikis 30 menit setelah mengonsumsi gula dan dapat bertahan hingga lima jam. Sehingga, bila kamu perlu melakukan sesuatu yang mengharuskanmu berada di dekat orang lain, sebaiknya kamu lakukan setidaknya lima jam setelah kamu mengonsumsi gula tersebut. Pasalnya, sistem kekebalan tubuhmu tengah menurun.

So, ada baiknya kamu mengurangi asupan gula ke tubuhmu untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu tetap sehat, ya Ladies.

Selain itu, Sonpal menyarankanmu untuk meningkatkan kekuatannya dengan asupan makanan sehat. Adapun, di antaranya beberapa makanan sehat yang direkomendasikan Sonpal mulai dari berbagai jeruk seperti jeruk bali, jeruk keprok, dan jeruk lainnya. Ia juga merekomendasikan berbagai sayuran (seperti brokoli, bawang putih, dan bayam), jahe, yogurt, almond, kunyit, the hijau, kerang, dan unggas.

Senada dengan Sonpal, Profesor Studi Nutrisi dan Makanan dari NYU, Marion Nestle, menambahkan, selain menyantap sajian yang kaya akan sayuran, gaya hidup sehat juga perlu diterapkan. “Jangan minum banyak alkohol, jangan merokok, banyak tidur, dan lakukan social distancing,” jelasnya.

Dengan menerapkan saran dari para ahli ini, tubuh tidak hanya dapat memperoleh sistem kekebalan yang kuat, tetapi juga memberikan kesegaran pada mental yang juga sangat kamu butuhkan saat ini, bukan? So, selamat mencoba, Ladies.

 

 

Sumber: Huffpost

Comments

Loading...