OUR NETWORK

Jenis Makanan yang Dihindari Ahli Gizi, Apa Saja?

Jenis Makanan yang Dihindari Ahli Gizi, Apa Saja?
Foto: laboratorioespresso.it

Gula dan makanan berlemak memang menjadi beberapa contoh makanan yang dihindari oleh banyak orang. Kedua bahan makanan tersebut membuat kesehatan menurun jika dikonsumsi secara berlebihan dan jangka waktu yang lama. Selain kedua makanan tersebut, ternyata banyak juga jenis lainnya yang juga tidak sehat dan dihindari oleh pakar gizi. Yuk, ketahui apa saja makanan yang dihindari dan nggak dimakan para ahli gizi serta pilihan lain yang lebih sehat.

Stick Margarine

Jenis Makanan yang Dihindari Ahli Gizi, Apa Saja?
Foto: freepik.com

Jenis makanan yang pertama adalah stick margarine yang bisa dibilang paling tidak sehat dari jenis-jenis margarin yang ada. Johannah Sakimura, MS, penulis di kolom Everyday Health, Nutrition Sleuth serta Bonnie Taub-Dix, MA, RDN, CDN serta penulis buku Read It Before You Eat It menyebutkan jika mereka menghindari jenis-jenis makanan trans-lemak yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Stick margarine meningkatkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein – LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein – HDL).

Baca juga: Sering Ngidam Camilan Asin? Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Ladies!

Sakimura sendiri menghindari margarin jenis ini lantaran kebanyakan masih dibuka dengan lemak trans. American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi jumlah lemak trans yang masuk ke dalam tubuh sekitar satu persen dari jumlah total kalori harian. Jadi, jika kamu makan 2.000 kalori per harinya, setidaknya hanya 20 kalori saja. Dibandingkan menggunakan stick margarine, Sakimura lebih menyarankan mentega. Meskipun mentega mengandung sejumlah lemak jenuh, tapi lemak trans jauh lebih buruk untuk kesehatan.

Hot Dogs, Bacon, dan Sosis

Jenis Makanan yang Dihindari Ahli Gizi, Apa Saja?
Foto: potatorolls.com

Jenis makanan lainnya yang perlu untuk dihindari adalah hot dog, bacon, dan juga sosis. Taub-Dix menyebutkan jika dirinya tidak akan pernah mengonsumsi jenis-jenis daging olahan yang disebutkan. Dan alasannya adalah mengonsumsi olahan daging seperti bacon dan sosis bisa meningkatkan resiko meninggal lantaran kanker atau penyakit kardiovaskular.

Olahan-olahan daging seperti hot dog, sosis, bacon, dan lain-lainnya memang kerap kali dihidangkan dalam berbagai acara. Namun, dibandingkan memilih olahan daging sapi ataupun babi, lebih baik memilih ayam. Selain itu, banyak makanan olahan dengan kandungan sodium yang tinggi. Kebutuhan akan sodium di tubuh kurang dari 2.300 mg per hari atau 1.500 mg jika kamu berusia 51 atau lebih tua.

Berbagai Kreasi Kopi Manis

Jenis Makanan yang Dihindari Ahli Gizi, Apa Saja?
Foto: simplemost.com

Belakangan ini banyak sekali kopi dengan berbagai kreasinya. Begitu cantik dipandang mata dan manis di lidah. Tapi, Sakimura menyebutkan kreasi kopi tersebut bisa memiliki 4.000 kalori dan 15 sendok gula. Begitu menyeramkan, bukan? Padahal, kebutuhan akan gula setiap harinya, berdasarkan American Heart Association, tidak lebih dari 6 sendok teh atau setara dengan 100 kalori untuk wanita. Sementara untuk pria, tidak lebih dari 9 sendok teh gula atau 150 kalori.

Baca juga: Hati-Hati, Ladies! Makanan Ini Bikin Kulit Alami Penuaan Dini

Jika kamu merupakan orang yang tidak bisa hidup tanpa gula, Sakimura merekomendasikan untuk mengonsumsinya sesekali saja, tapi dalam bentuk dessert. Boleh sesekali dan jangan sampai harian atau bahkan mingguan.

Ada beberapa jenis makanan lainnya, mulai dari sereal manis, kue kering, dan makanan kaleng. Sebenarnya semua makanan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan baik-baik saja. Tapi dibandingkan mengorbankan kesehatan, ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan yang sudah disebutkan.

  

Sumber: everydayhealth.com

Comments

Loading...